info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Chapter 02 Efek Doppler

Pembahasan soal no. 06
PPI 1983
Kereta bergerak dengan kelajuan 72 km/jam menuju stasiun sambil membunyi kan peluitnya. Bunyi peluit kereta api tersebut terdengar oleh pendengar kepala stasiun dengan frekuensi 720 Hz. Kelajuan suara di udara 340 m/s, frekuensi peluit kereta api tersebut adalah …
Pembahasan soal no. 07
Sumber bunyi (sirine) bergerak dengan kecepatan 20m/s menjauhi pendengar yang diam. Jika frekeunsi sirine 450Hz dan cepat rambat bunyi diudara 340m/s, maka frekuensi sirine yang terdengar oleh pendengar adalah …
Pembahasan soal no. 08
Suatu sumber bunyi bergerak dengan kecepatan 10 m/s menjauhi seorang pendengar yang tidak bergerak. Jika frekuensi bunyi  400 Hz dan kecepatan perambatannya 390 m/s, maka frekuensi gelombang bunyi yang terdengar …
Pembahasan soal no. 09
Suatu sumber bunyi bergerak dengan kecepatan 20 m/s mendekati seseorang yang diam. Frekuensi sumber bunyi 380 Hz dan cepat rambat bunyi diudara 400 m/s. Frekuensi gelombang bunyi yang didengar orang tersebut …
Pembahasan soal no. 10
Seseorang meniup terompet dengan frekuensi 1008 Hz sambil bergerak dengan kecepatan 4 m/s menuju pendengar yang mendekatinya dengan kecepatan 2 m/s. Apabila cepat rambat bunyi diudara 340 m/s, frekuensi yang didengar pengamat adalah …
Share:

Chapter 01 Efek Doppler

Pembahasan soal no. 01
Seorang pengendara sepeda motor memacu kendaraan dengan kecepatan v1 karena dikejar patroli yang bergerak dengan kecepatan v2 sambil membunyikan sinire dengan frekuensi f2, jika kelajuan bunyi diudara adalah v, maka frekuensi bunyi yang didengar adalah …
Pembahasan soal no. 02
Benda A adalah sumber bunyi yang mengeluarkan bunyi dengan frekuensi P, B adalah pendengar. Saat A dan B diam ditempat. Benda B mendengar bunyi dengan frekuensi Q. Kemudian B mendekati A sehingga nada yang didengarnya berfrekuensi R, setelah melewati A maka yang didengar B berfrekuensi S. Hubungan frekuensi P, Q, R dan S adalah …
Pembahasan soal no. 03
UMPTN 2001 Rayon B kode 150
Sebuah truk bergerak dengan kelajuan 36 km/jam dibelakang sepeda motor. Pada saat truk mengeluarkan bunyi klakson dengan 1000Hz, pengemudi membaca spidometer angka 72 km/jam. Apabila kecepatan bunyi 340 m/s, maka pengemudi sepeda motor akan mendengar klakson pada frekuensi …
Pembahasan soal no. 04
Kereta bergerak dengan laju 72 km/jam menuju stasiun sambil membunyikan peluitnya. Bunyi peluit kereta api tersebut terdengar oleh kepala stasiun dengan frekuensi 720 Hz. Laju suara diudara 340 m/s. Dengan demikian frekuensi peluit kereta api tersebut adalah …
Pembahasan soal no. 05
Sebuah mobil polisi bergerak dengan kecepatan 30 m/s sambil membunyikan sirine dengan frekuensi 620 Hz. Mobil tersebut mengejar sepeda motor yang melanggar rambu lalu lintas. Frekuensi sirine yang yang terdengar oleh pengendara sepeda motor , jika motor bergerak dengan kecepatan 20m/s dan cepat rambat bunyi diudara 340 m/s adalah …
Share:

Chapter 19 Gelombang Mekanik

Pembahasan soal no. 91
UMPTN 2001 Rayon A
Gelombang bunyi dari sumber  S1 dan S2  menimbulkan simpangan di P sebagai berikut :
Pembahasan soal no. 92
UMPTN 2000 Rayon C kode 22
Kawat untuk saluran transmisi listrik yang massanya 40 kg diikat antara dua menara tegangan tinggi yang jaraknya 200 m. Salah satu ujung kawat dipukul oleh teknisi yang berada di salah satu menara sehingga timbul gelombang yang merambat ke menara yang lain. Jika pantul terdeteksi setelah 10s, maka tegangan kawat adalah …
Pembahasan soal no. 93
UMPTN 2001 Rayon B
Sebuah gelombang transversal merambat dengan persamaan : y = 0,28 sin 8Ï€(t-x/20+1/16) x dalam meter, t dalam sekon, maka …
1. cepat rambat gelombang 20m/s
2. panjang gelombang besarnya 5 meter
3. frekuensi sudut gelombang 8Ï€ rad/s
4. sudut fase mula-mula sumber gelombang 450
Pernyataan yang benar adalah
Pembahasan soal no. 94
Suatu dawai panjangnya 90 cm bergetar dengan nada atas pertama berfrekuensi 300 Hz, maka :
1. cepat rambat gelombang di dawai 270 m/s
2. frekuensi nada atas kedua 600 Hz
3. frekuensi nada dasasr 150 Hz
4. panjang gelombang di dawai 45 cm
Pernyataan yang benar adalah
Pembahasan soal no. 95
Persamaan gelombang tranversal yang merambat sepanjang tali yang sangat panjang adalah y = 6 sin π(0,02x+4t), maka :
1. amplitude gelombang 6 cm
2. panjang gelombang 100 cm
3. frekuensi gelombang 2 Hz
4. penjalaran gelombang ke arah x positif
Pernyataan yang benar adalah
Share:

Chapter 18 Gelombang Mekanik

Pembahasan soal no. 86
Persamaan gelombang berjalan pada tali adalah y = 2 sin π(50t-x/5), dimana t dalam sekon, dapat disimpulkan bahwa
1. panjang gelombangnya 10 cm
2. frekuensinya 25 Hz
3. cepat rambat gelombangnya 2,5 m/s
4. amplitudonya 5 cm
Pernyataan yang benar adalah
Pembahasan soal no. 87
UMPTN 1996 Rayon C kode 24
Batu dijatuhkan ke dalam air sehingga permukaan air timbul lingkaran gelombang yang berjalan. Jika lingkaran pertama menempuh jarak 5m selama 2 sekon dan sepanjang itu terdapat 20 gelombang, maka :
1. cepat rambat gelombang 2,5m/s
2. frekuensi gelombang 10Hz
3. periode gelombang 0,1 sekon
4. panjang gelombang 0,25 m
Pernyataan yang benar adalah
Pembahasan soal no. 88
UMPTN 1997 Rayon C kode 45
Dua gelombang masing-masing merambat melalui tali A dan B yang kondisi fisisnya sama tetapi frekuensi A 2 kali frekuensi gelombang B dan amplitude gelombang A 2 kali amplitude gelombang B. Perbandingan energi gelombang A dan B dapat dinyatakan sebagai …
Pembahasan soal no. 89
UMPTN 2000 Rayon A kode 26
Suatu gelombang dinyatakan dengan persamaan y = 0,2 sin 0,40Ï€(x-60t). Bila semua jarak diukur dalam cm dan waktu dalam sekon, maka pernyataan berikut ini yang benar adalah …
1. panjang gelombangnya bernilai 5 cm
2. frekuensi gelombangnya bernilai 12 Hz
3. gelombang menjalar dengan kecepatan 60 cm/s
4. simpangan gelombang 0,1 cm pada posisi x = 35/12 cm dan saat t = 1/24 sekon
Pernyataan yang benar adalah
Pembahasan soal no. 90
UMPTN 2000 Rayon B kode 25
Gelombang y1 = A sin(kx-ωt) bersuperposisi y2 = A sin(kx+ωt). Amplitudo gelombang resultannya …
1. bergantung pada x
2. nilai maksimumnya 2A
3. nilai minimumnya nol
4. bergantung pada waktu
Pernyataan yang benar adalah
Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM