info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Silabus K13 2018 Satuan Pendidikan SMA

Setelah peserta didik mengikuti pembelajaran Fisika di SMA/MA diharapkan memiliki kompetensi yang mencakup kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan sebagai berikut : menjalani kehidupan dengan sikap positif dengan daya pikir kritis, kreatif, inovatif, dan kolaboratif, disertai kejujuran dan keterbukaan, berdasarkan potensi proses dan produk fisika ; memahami fenomena alam di sekitarnya, berdasarkan hasil pembelajaran sains melalui bidang-bidang Fisika ; membedakan produk atau cara yang masuk akal dengan produk atau cara yang tidak bersesuaian dengan prinsip-prinsip Fisika ; mengambil keputusan di antara berbagai pilihan yang dibedakan oleh hal-hal yang bersifat ilmiah ; menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupannya, terutama memilih di antara cara-cara yang telah dikenal manusia berdasarkan pertimbangan ilmiah ; mengenali dan menghargai peran Fisika dalam memecahkan permasalahan umat manusia ; dan memahami dampak dari perkembangan Fisika terhadap perkem¬bangan teknologi dan kehidupan manusia di masa lalu, maupun potensi dampaknya di masa depan bagi dirinya, orang lain, dan lingkungannya. Demikian, setelah belajar Fisika, peserta didik memiliki kompetensi tersebut di atas.
Berikut preview Silabus Fisika SMA :

Untuk keseluruhan silabus satuan pendidikan SMA, silahkan di unduh :
  • PPKn
  • Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
  • Pendidikan Agama Katolik dan BP
  • Pendidikan Agama Kristen dan BP
  • Pendidikan Agama Khonghucu
  • Pendidikan Agama Buddha dan BP
  • Pendidikan Agama Hindu
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris Wajib
  • Matematika Peminatan
  • Matematika SMA Wajib
  • PJOK
  • Biologi
  • Fisika
  • Kimia
  • Ekonomi
  • Geografi
  • Sejarah Indonesia (umum)
  • Sejarah Peminatan
  • Sosiologi Peminatan
  • Prakarya-KWU SMA-SMK
  • Seni Budaya
  • Semoga tahun ajaran baru 2018/2019 kita sudah siap untuk mengajar dengan perangkat yang lengkap.
    Semoga bermanfaat untuk kita semua termasuk para pembaca
    link terkait : SMK ; SMA ; SMP ; SD ; SMA K13 2018


    Share:

    Video KBM SD, SMP, SMA dan SMK

    Apa fungsi presentasi video? Presentasi video berfungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan rencana dan ide melalui penyajian suatu produk yang sudah dihasilkan. Selain itu, fungsi presentasi video adalah sebagai alat untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep. Presentasi video harus menyampaikan keunggulan ide yang dapat di sampaikan. Rencana atau ide tersebut adalah seperti cara mengatasi masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Konsep atau gagasan merupakan hasil dari pemikiran yang lahir sebagai solusi untuk mengatasi masalah. Pada dasarnya, masalah merupakan kesenjangan antara bukti dan cita-cita. Disini dibutuhkan pelatihan secara khusus untuk mengidentifikasi masalah. Mampu mengidentifikasi masalah adalah setengah langkah untuk selanjutnya menemukan solusi sebagai satu langkah berikutnya. Konsep atau ide pada presentasi video akan dan lebih keren jika menggunakan gagasan yang original, benar, akurat dan tentunya berguna. Original, artinya konsep atau ide bukan hasil pemikiran orang lain, artinya membuat presentasi video harus hasil kreativitas anda sendiri. Dan tidak menyalahi kaidah keilmuan, tidak bertentangan dengan norma atau aturan. Berguna, artinya jadi solusi bagi banyak orang.
    Berikut preview salah satu video

    SMA
    Bahasa Indonesia
    Menentukan Isi Petunjuk Kerja
    Menentukan Kalimat Efektif Penjelas
    Menentukan Latar Tahapan Alur Novel
    Bahasa Inggris
    Bagian : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
    Bagian : [06] ; [06] ; [08] ; [09]
    Matematika
    Persamaan Lingkaran
    Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar
    Mean-Invers Matrik dan Perkalian Matriks
    Lingkaran dan Kesetaraan Logika Matematika
    Deret Aritmatika-Transformasi-Translasi dan Ruang Sampel
    Fisika
    Fluida Dinamis
    Hukum Newton
    Atom Berelektron Banyak
    GGL Induksi Elektromagnetik
    Sifat dan Gelaja Gelombang Bunyi
    Biologi
    Mutasi
    Respirasi
    Fotosintesis
    Metabolisme
    Hukum Mendel
    Pembekahan Sel
    Gen Pembawa Sifat
    Si Hijau Yang Produktif
    DNA, Gen dan Kromoson
    Pertumbuhan Pada Tanaman
    Sel Peredaran Darah Pada Manusia
    Jaringan Tumbuhan berdasarkan Struktur Sel
    Kimia
    Laju Rekasi
    Sel Elektrokimia
    Kesetimbangan Kimia
    Derajat Keasaman pH
    Belerang Benzena dan Korosi
    Haloalkana dan Karbondioksida
    Ekonomi
    Koperasi
    Pendapatan Nasional
    Kelangkaan Biaya dan Peluang
    Perilaku Produksen dan Konsumen
    Elastisitas harga dan Sistim Ekonomi
    Pasar Output-Pengangguran-Permintaan-Penawaran
    Geografi
    Sumber Daya ALam
    Citra hasil Penginderaan Jauh
    Geosfer, Lithosfer dan Pedosfer
    Mendeskripsikan Wilayah Perwilayahan di Dunia
    Sosiologi
    Interaksi Sosial
    Lembaga Sosial
    Perubahan Sosial
    Keteraturan Sosial
    Masyarakat Multikultural

    Video Belajar SMK
    Bagian : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]

    SMP
    Video IPA SMP
    Bagian : [00] ; [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
    Bagian : [06] ; [07] ; [08] ; [09] ; [10]
    Video IPS SMP
    Bagian : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05] ; [06]
    Video Matematika SMP
    Bagian : [01] ; [02] ; [03] ; [04]
    Bagian : [05] ; [06] ; [07] ; [08]
    Video Bahasa inggris SMP [klik]

    SD
    Video Belajar SD
    Bagian : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05] ; [06]
    Bagian : [07] ; [08] ; [09] ; [10] ; [11] ; [12]

    Selamat belajar, semangat selalu…

    Baca Juga link terkait di bawah ini yaitu : Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran


    Share:

    Video Pembelajaran SMK

    Apa fungsi presentasi video? Presentasi video berfungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan rencana dan ide melalui penyajian suatu produk yang sudah dihasilkan. Selain itu, fungsi presentasi video adalah sebagai alat untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep. Presentasi video harus menyampaikan keunggulan ide yang dapat di sampaikan. Rencana atau ide tersebut adalah seperti cara mengatasi masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Konsep atau gagasan merupakan hasil dari pemikiran yang lahir sebagai solusi untuk mengatasi masalah. Pada dasarnya, masalah merupakan kesenjangan antara bukti dan cita-cita. Disini dibutuhkan pelatihan secara khusus untuk mengidentifikasi masalah. Mampu mengidentifikasi masalah adalah setengah langkah untuk selanjutnya menemukan solusi sebagai satu langkah berikutnya. Konsep atau ide pada presentasi video akan dan lebih keren jika menggunakan gagasan yang original, benar, akurat dan tentunya berguna. Original, artinya konsep atau ide bukan hasil pemikiran orang lain, artinya membuat presentasi video harus hasil kreativitas anda sendiri. Dan tidak menyalahi kaidah keilmuan, tidak bertentangan dengan norma atau aturan. Berguna, artinya jadi solusi bagi banyak orang.
    Berikut preview salah satu video

    Berikut seluruh video pembelajaran :
    Video Belajar SMK : [1] # [2] # [3] # [4] # [5]
    Video Bahasa Inggris SMA-SMK : [1] # [2] # [3] # [4] # [5] # [6] # [7] # [8] # [9]
    Semoga dapat membantu pembelajaran di rumah atau di sekolah
    Berikut keseluruhan link terkait dengan Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran

    Share:

    Video Pembelajaran SD

    Apa fungsi presentasi video? Presentasi video berfungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan rencana dan ide melalui penyajian suatu produk yang sudah dihasilkan. Selain itu, fungsi presentasi video adalah sebagai alat untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep. Presentasi video harus menyampaikan keunggulan ide yang dapat di sampaikan. Rencana atau ide tersebut adalah seperti cara mengatasi masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Konsep atau gagasan merupakan hasil dari pemikiran yang lahir sebagai solusi untuk mengatasi masalah. Pada dasarnya, masalah merupakan kesenjangan antara bukti dan cita-cita. Disini dibutuhkan pelatihan secara khusus untuk mengidentifikasi masalah. Mampu mengidentifikasi masalah adalah setengah langkah untuk selanjutnya menemukan solusi sebagai satu langkah berikutnya. Konsep atau ide pada presentasi video akan dan lebih keren jika menggunakan gagasan yang original, benar, akurat dan tentunya berguna. Original, artinya konsep atau ide bukan hasil pemikiran orang lain, artinya membuat presentasi video harus hasil kreativitas anda sendiri. Dan tidak menyalahi kaidah keilmuan, tidak bertentangan dengan norma atau aturan. Berguna, artinya jadi solusi bagi banyak orang.
    Berikut preview salah satu video

    Berikut seluruh Video Belajar SD : [1] # [2] # [3] # [4] # [5] # [6] # [7] # [8] # [9] # [10] # [11] # [12]
    Semoga dapat membantu pembelajaran di rumah atau di sekolah
    Berikut keseluruhan link terkait dengan Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran

    Share:

    VIDEO UPDATE

    Kerinci, Jambi Indonesia

    Waktu di Kerinci:

    Popular Posts

    Blog Archive

    PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM