info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Standar Isi KTSP SMA-MA-SMK-MAK-SMALB-SMP-MTs

Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari. Mata pelajaran Biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya. Berikut keseluruhan materinya dan silakhan mengunduhnya :
KTSP SMA-MA
Pendidikan Agama Islam [klik]
Pendidikan Agama Kristen [klik]
Pendidikan Agama Katolik [klik]
Pendidikan Agama Hindu [klik]
Pendidikan Agama Buddha [klik]
PPKn [klik]
Bahasa Indonesia [klik]
Bahasa Inggris SMA-MA [klik]
Bahasa Inggris SMA [klik]
Matematika [klik]
Fisika [klik]
Biologi [klik]
Kimia [klik]
Sejarah [klik]
Geografi [klik]
Ekonomi [klik]
Sosiologi [klik]
Antropologi [klik]
Seni Budaya [klik]
Penjaskes [klik]
TIK [klik]
Ketrampilan [klik]
Sastra Indonesia Prodi Bahasa [klik]
Bahasa Indonesia Prodi Bahasa [klik]
Bahasa Arab Prodi Bahasa [klik]
Bahasa Arab Prodi Pilihan [klik]
Bahasa Jerman Prodi Bahasa [klik]
Bahasa Jerman Prodi Pilihan [klik]
Bahasa Prancis Prodi Bahasa [klik]
Bahasa Prancis Prodi Pilihan [klik]
Bahasa Jepang Prodi Bahasa [klik]
Bahasa Jepang Prodi Pilihan [klik]
Bahasa Mandarin Prodi Bahasa [klik]
Bahasa Mandarin Prodi pilihah [klik]

KTSP SMK-MAK 
Bahasa Indonesia : [klik 1] ; [klik 2]
Bahasa Inggris : [klik 1] ; [klik 2]
Matematika : [A5a] ; [A5b] ; [A5c]
IPA [klik]
IPS [klik]
Fisika : [klik 1] ; [klik 2]
Kimia : [klik 1] ; [klik 2]
Biologi : [klik 1] ; [klik 2]
Seni Budaya; [klik 1] ; [klik 2]
KKPI [klik]
Kewirausahaan[klik]

KTSP SMALB
Pendidikan Agama Islam SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Pendidikan Agama Kristen SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Pendidikan Agama Katolik SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Pendidikan Agama Hindu SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Pendidikan Agama Buddha SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
PPKn SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Bahasa Indonesia SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Bahasa Inggris SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Matematika SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
IPA SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
IPS SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Seni Budaya SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Penjaskes SMALB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]

KTSP SMP-MTs
Pendidikan Agama Islam[klik]
Pendidikan Agama Kristen[klik]
Pendidikan Agama Katolik[klik]
Pendidikan Agama Hindu[klik]
Pendidikan Agama Buddha[klik]
PPKn[klik]
Bahasa Indonesia [klik]
Bahasa Inggris[klik]
Matematika[klik]
IPA[klik]
IPS[klik]
Seni budaya[klik]
Ketrampilan[klik]
Penjaskes[klik]
TIK[klik]

Selamat Membaca…. Dan sukses selalu

Baca juga :


Share:

Standar Isi KTSP SDLB-SD-MI-SMPLB

Berikut cuplikan standar isi pada SMPLB : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Di tingkat SMPLB diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi pekerja ilmiah secara bijaksana. Berikut keseluruhan materi dan silahkan untuk mengunduhnya :
SDLB
AGAMA ISLAM SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA KRISTEN SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA KATOLIK SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA HINDU SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA BUDDHA SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
PPKN SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Bahasa Indonesia SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
MATEMATIKA SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
IPA SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
IPS SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
SENI-BUDAYA SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
PENJAS SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]

SD-MI
AGAMA ISLAM [klik]
AGAMA KRISTEN [klik]
AGAMA KATOLIK [klik]
AGAMA HINDU [klik]
AGAMA BUDHA [klik]
PPKN [klik]
BAHASA INDONESIA [klik]
BAHASA INGGRIS [klik]
MATEMATIKA [klik]
IPA [klik]
IPS [klik]
SENI BUDAYA [klik]
PENJASKES [klik]

SMPLB
AGAMA ISLAM SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA KRISTEN SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA KATOLIK SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA HINDU SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA BUDDHA SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
PPKN-SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Bahasa Indonesia SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Bahasa Inggris SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Matematika SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
IPA SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
IPS SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Seni Budaya SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Penjaskes SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

Materi Diklat KTSP PLB-PNFI-TK-PAUD

Anak Usia Dini, termasuk anak TK memiliki karakteristik perkembangan fisik dan psikologis yang khas. Secara teoritis anak usia dini berada dalam masa keemasan, dimana anak mulai peka untuk menerima berbagai stimulasi dari lingkungannya baik disengaja maupun tidak disengaja. Pada masa peka inilah terjadi pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis sehingga anak siap merespon setiap stimulasi dari lingkungan dan berbagai upaya pendidikan. Selain itu masa usia dini merupakan pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya, sehingga diperlukan layanan pendidikan yang sesuai agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Pendidikan anak usia dini memandang anak sebagai individu yang utuh sehingga membutuhkan pelayanan menyeluruh yang meliputi berbagai aspek perkembangan fisik dan psikis. Secara kodrati bahwa anak sejak lahir memiliki lebih dari satu bakat, tetapi bakat tersebut bersifat potensial. Untuk itu, anak perlu diberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan nya. Pertumbuhan dan perkembangan akan tercapai secara optimal, apabila diciptakan situasi dan kondisi yang kondusif sesuai dengan kebutuhan anak yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga layanan pendidikan yang diberikan harus memperhatikan keberagaman budaya, agama, kondisi alam dan pola kehidupan sehari-hari anak. Selain itu, sangat perlu diperhatikan kodrat anak sebagai mahluk individu, sosial, susila dan religius. Oleh karena itu pengembangan anak usia dini berorientasi pada pendekatan berpusat pada anak (student centered)
Pendidikan Luar Biasa (PLB)
Konsep Dasar KBK [klik]
Analisis Konteks [klik]
Penyusunan KTSP [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Mulok [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Pengembangan RPP [klik]
Penetapan KKM [klik]
Rancangan PHB [klik]
Model Tematik SLB [klik]
Pakem [klik]
Pengembangan Bahan Ajar [klik]
Pengembangan Bahan Ujian [klik]
Kebijakan Dit PSLB 2009 [klik]
Model Tematik SLB [klik]
Pola Pembinaan Implementasi KTSP PLB (PK dan PLK) [klik]
Pendidikan Non Formal (PNFI)
KD dan Struktur Kurikulum Kesetaraan [klik]
Model Pembelajaran Efektif [klik]
Pengembangan KTSP [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Penilaian Pendidikan Kesetaraan [klik]
Penyusunan KTSP Kesetaraan [klik]
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [klik]
Visi dan Misi KTSP [klik]
TK dan PAUD
Standar Isi [klik]
Standar Kompetensi Hasil PKBI Revisi [klik]
Pedoman Pengembangan Silabus [klik]
Pedoman Pembelajaran di TK [klik]
Kerangka Dasar Kurikulum PAUD [klik]
Pedoman Penilaian di TK [klik]
Bahan Ajar Dan Standar Perkembangan Paud Formal-Nonformal [klik]
Karakteristik Layanan PAUD [klik]
Pengembangan Kurikulum PAUD Formal-Nonformal [klik]
Pengembangan Silabus PAUD [klik]
Penilaian PAUD [klik]
Program Pembelajaran PAUD [klik]
Kerangka Dasar-N-2-Ok [klik]
Naskah Akademik N [klik]
Silabus PAUD Formal N-3-OK [klik]
Standar Perkembangan-SI-N1-OK [klik]
Standar Perkmbgan Anak Lahir-6 THN 17 NOV Final [klik]
Standar Perkmbngan Dasar PAUD [klik]
Silabus PAUD NonFormal N-4-OK [klik]
Bahan Ajar Dan Standar Perkembangan PAUD Formal-Nonformal [klik]
Karakteristik Layanan PAUD [klik]
Pengembangan Bahan Ajar PAUD Formal dan Non Formal [klik]
Pengembangan Kurikulum PAUD Formal-Nonformal [klik]
Pengembangan Silabus PAUD [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM