Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai 'keberaksaran' dan selanjutnya dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca dan tulis" ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Peta jalan Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud (2017) mendefinisikan literasi sebagai:
a. suatu rangkaian kecakapan membaca, menulis, dan berbicara, kecakapan berhitung, dan kecakapan dalam mengakses dan menggunakan informasi;
b. sebagai praktik sosial yang penerapannya dipengaruhi oleh konteks;
c. sebagai proses pembelajaran dengan kegiatan membaca dan menulis sebagai medium untuk merenungkan, menyelidik, menanyakan, dan mengkritisi ilmu dan gagasan yang dipelajari; dan
d. sebagai pemanfaatan teks yang bervariasi menurut subjek, genre,dan tingkat kompleksitas bahasa.
Menurut Word Economic Forum (2016), peserta didik memerlukan 16 keterampilan agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka). Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri, (4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2016). Kalimat diatas merupakan cuplikan dari latar belakang pada seluruh materi Diklat K13 pada satuan pendidikan, berikut adalah seluruh modul yang harus dilakukan pada diklat K13 2018
Pengantar II
Penerapan Literasi[pdf]
Penerapan Literasi[ppt]
Penerapan Literasi[doc]
Pendahuluan Modul Pelatihan[doc]
Pendahuluan Modul Pelatihan[pdf]
Analisis Skl KI KD Silabus[Doc]
Analisis Skl KI KD Silabus[pdf]
Prota Prosem Dan Pemetaan KD[doc]
Prota Prosem Dan Pemetaan KD[pdf]
Penyusunan RPP[doc]
Penyusunan RPP[pdf]
Bimbingan Psiko Edukatif[doc]
Bimbingan Psiko Edukatif [pdf]
Perencanaan Pelaksanaan Pengolahan Dan Pelaporan Hasil Belajar[doc]
Perencanaan Pelaksanaan Pengolahan Dan Pelaporan Hasil Belajar[pdf]
Praktik Penyusunan Soal Hots[doc]
Praktik Penyusunan Soal Hots[pdf]
Inspirasi Video Pembelajaran[doc]
Inspirasi Video Pembelajaran[pdf]
Praktik Pembelajaran[doc]
Praktik Pembelajaran[pdf]
Analisis Skl, KI, KD, Indikator, Silabus, Pembelajaran Tematik Terpadu[ppt]
Perancangan Prota, Prosem, Peta KD[ppt]
Penyusunan RPP[ppt]
Bimbingan Psiko Edukatif[ppt]
Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan, Dan Pelaporan HB[ppt]
Penyusunan Soal HOTS[ppt]
Inspirasi Tayangan Video Pembelajaran[ppt]
Praktik Pembelajaran Peer Teaching[ppt]
Format Penilaian Instruktur
Instrumen Observasi Praktik Di Sekolah
Instrumen Pemahaman
Instrumen Penilaian Instruktur Oleh Peserta
Instrumen Penilaian Panitia Oleh Peserta
Model Silabus K13 Tematik Terpadu SD_MI
Semoga bermanfaat untuk kita semua termasuk para pembaca
link terkait : SMK ; SMA ; SMP ; SD ; SMA K13 2018
link terkait : SMK ; SMA ; SMP ; SD ; SMA K13 2018
No comments:
Post a Comment