info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Chapter 01 Kinematika

Pembahasan soal no. 1
Tes ITB 1975

Satelit yang bergerak dalam lintasan berbentuk lingkaran …
A.      besar kecepatannya tetap dan tidak ada gaya yang bekerja padanya
B.       besar kecepatannya tetap dan percepatannya nol
C.       besar kecepatan dan besar percepatannya tetap
D.      percepatan dan gaya yang bekerja padanya sama dengan nol
E.       kecepatan sudut dan kecepatan liniernya berubah
Jawab : C
Ciri-ciri gerak melingkar beraturan sebagai berikut :
ü  Besar kecepatannya tetap dan arahnya berubah
ü  Ada gaya sentripetal (radial) yang bekerja pada benda yang arahnya selalu ke pusat lingkaran
ü  Memiliki percepatan sentripetal radial yang berarah ke pusat lingkaran dan besarnya tetap
ü  Kecepatan sudutnya tetap
Pembahasan soal no. 2
PP I 1979
Grafik kecepatan (v) terhadap waktu (t) untuk suatu bola yang dilempar vertical ke atas dan kembali pada pelempar setelah mencapai ketinggian tertentu ialah …

Pembahasan soal no. 3
PPI 1980
Grafik dibawah menunjukkan hubungan antara jarak yang ditempuh s dan waktu t untuk sebuah benda yang bergerak dalam suatu garis yang lurus. Dari grafik itu terlihat bahwa …

1.    Kecepatan benda tetap
2.   Percepatan benda sama dengan nol
3.   Selama selang waktu yang sama, benda menempuh jarak yang sama
4.   Pada t=0 kecepatan benda sama dengan nol
Pernyataan yang benar adalah :
A.      1,2 dan 3
B.       1 dan 3
C.       2 dan 4
D.      4 saja
E.       1,2,3 dan 4

Jawab : 1,2 dan 3(A) (perhatikan grafik)
1.    gerak lurus beraturan adalah gerak yang lintasan lurus dan memiliki kecepatan tetap ( ) (benar)
2.    gerak lurus beraturan memeiliki kecepatan tetap atau perubahan kecepatan sama dengan nol artinya percepatannya juga nol (benar)
3.    , dalam waktu yang sama memiliki jarak sama (benar)
4.    kecepatan pada GLB setiap saat sama, berarti kecepatan merupakan kemiringan / gradient fungsi posisi terhadap waktu
Share:

Kisi-Kisi dan Penomeran USBN SMA 2019

Kaidah penulisan soal merupakan petunjuk atau pedoman yang perlu diikuti penulis agar soal yang dihasilkan memiliki mutu yang baik. Soal yang memiliki mutu baik adalah soal yang mampu menjaring informasi yang diperlukan dan berfungsi secara optimal. Kaidah-kaidah penulisan soal meliputi segi materi, konstrnksi soal dan segi bahasa. Salah satu kaidah penulisan soal adalah Kontruksi soal antara lain : (1) Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas, artinya kemampuan/materi yang hendak diukur atau ditanyakan harus jelas, tidak menimbulkan pengertian atau penafsiran yang berbeda dengan maksud soal dan hanya mengandung satu permasalahan untuk setiap nomor. Bahasa yang dipergunakan harus komunikatif sehingga mudah dimengerti oleh siswa. (2) Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pemyataan yang diperlukan saja, artinya rumusan atau pemyataan yang sebetulnya tidak diperlukan tidak perlu dicantumkan. (3) Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar, artinya pada pokok soal jangan sampai terdapat kata, frase atau ungkapan yang dapat memberikan petunjuk ke arah jawaban yang benar. (4) Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda, artinya pada pokok soal jangan sampai terdapat dua kata atau lebih yang mengandung arti negatif. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan penafsiran siswa terhadap arti pemyataan yang dimaksud. (5) Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi, artinya semua pilihan jawaban harus berasal dari materi yang sama seperti yang ditanyakan pada pokok soal, penulisannya harus setara dan semua pilihan harus berfungsi. (6) Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama, artinya adanya kecenderungan siswa memilih jawaban yang paling panjang, karena seringkali jawaban yang yang lebih panjang lebih lengkap dan merupakan kunci jawaban. (7) Pilihan jawaban tidak boleh mengandung pernyataan . Semua pilihan jawaban di atas “benar” atau “Semua pilihan jawaban di atas salah”. (8) Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka atau kronologis waktunya. Pengurutan angka dilakukan dari nilai angka paling kecil ke nilai angka paling besar atau sebaliknya, dan pengurutan waktu berdasarkan kronologis waktunya. Pengurutan ini dimaksudkan untuk memudahkan siswa dalam melihat pilihan jawaban. (9) Gambar, grafik, tabel diagram dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi, artinya apa saja yang menyertai suatu soal yang ditanyakan harus jelas, terbaca, dapat dimengerti oleh siswa. Apabila soal tersebut dapat dijawab tanpa melihat gambar, grafik, tabel diagram dan sejenisnya yang terdapat pada soal berarti gambar, grafik, tabel diagram dan sejenisnya tersebut tidak berfungsi. (10) Butir soal jangan tergantung pada jawaban butir soal sebelumnya, ketergantungan pada soal sebelumnya menyebabkan siswa yang tidak dapat menjawab benar soal pertama tidak akan dapat menjawab benar soal berikutnya.

Berikut Keseluruhan Perangkat Kisi-Kisi USBN dan Penomeran 2019 :
Kisi USBN Antropologi BHS K2006 [klik]
Kisi USBN Antropologi IBB K2013 [klik]
Kisi USBN B Arab BHS K2006 [klik]
Kisi USBN B Arab IBB K2013 [klik]
Kisi USBN B Indonesia BHS K2006 [klik]
Kisi USBN B Indonesia IPA-IPS-BHS K2006 [klik]
Kisi USBN B Jepang BHS K2006 [klik]
Kisi USBN B Jepang IBB K2013 [klik]
Kisi USBN B Jerman BHS K2006 [klik]
Kisi USBN B Jerman IBB K2013 [klik]
Kisi USBN B Korea IBB K2013 [klik]
Kisi USBN B Mandarin BHS K2006 [klik]
Kisi USBN B Mandarin IBB K2013 [klik]
Kisi USBN B Prancis BHS K2006 [klik]
Kisi USBN B Prancis IBB K2013 [klik]
Kisi USBN Bahasa dan Sastra Indonesia (Peminatan) IBB K2013 [klik]
Kisi USBN Bahasa dan Sastra Inggris (Peminatan) IBB K2013 [klik]
Kisi USBN Bahasa Indonesia MIPA-IIS-IBB-AGAMA K2013 [klik]
Kisi USBN Bahasa Inggris MIPA-IIS-IBB-AGAMA K2013 [klik]
Kisi USBN Biologi IPA K2006 [klik]
Kisi USBN Biologi MIPA K2013 [klik]
Kisi USBN Ekonomi IPS K2006 [klik]
2019 Kisi USBN Ekonomi IPS K2013 [klik]
Kisi USBN Fisika IPA K2006 [klik]
Kisi USBN Fisika MIPA K2013 [klik]
Kisi USBN Geografi IPS K2006 [klik]
Kisi USBN Geografi IPS K2013 [klik]
Kisi USBN Kimia IPA K2006 [klik]
Kisi USBN Kimia MIPA K2013 [klik]
Kisi USBN Matematika (Peminatan) MIPA K2013 [klik]
Kisi USBN Matematika BHS K2006 [klik]
Kisi USBN Matematika IPA K2006 [klik]
Kisi USBN Matematika IPS K2006 [klik]
Kisi USBN Matematika MIPA-IIS-IBB-AGAMA K2013 [klik]
Kisi USBN PKn IPA-IPS-BHS K2006 [klik]
Kisi USBN PPKn MIPA-IIS-IBB-AGAMA K2013 [klik]
Kisi USBN Sastra Indonesia BHS K2006 [klik]
Kisi USBN Sejarah Indonesia IPA-IPS-BHS K2006 [klik]
Kisi USBN Sejarah Indonesia MIPA-IIS-IBB-AGAMA K2013 [klik]
Kisi USBN Sosiologi IIS K2013 [klik]
Kisi USBN Sosiologi IPS K2006 [klik]
Selamat membaca, semoga banyak manfaat bagi kita semua
Baca Juga link terkait di bawah ini yaitu : Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran

Share:

Perangkat dan Modul Pelatihan KTSP 2006 dan Kurikulum 2013

Arahan Mendikbud sesuai Surat Mendikbud Nomor 73502/MPK.A/PR/2017, kepada unit-unit utama: (1)Menyediakan sesi khusus untuk PPK dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh unit utama;(2)Mengalokasikan 12 jam pelajaran untuk PPK dalam setiap kegiatan Bimbingan Teknis Kurikulum 2013;(3)Memberikan dukungan terhadap kegiatan percepatan dan perluasan implementasi PPK, khususnya yang dilakukan melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P4TK). PPK adalah Solusi : Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) hadir untuk menyiapkan Generasi Emas 2045 yang memiliki kecakapan abad 21. Dengan menempatkan kembali karakter sebagai ruh pendidikan di Indonesia, berdampingan dengan intelektualitas, PPK berperan dalam pembentukan generasi muda yang tangguh, cerdas, dan berkarakter. Implementasi PPK (Pasal 3) : PPK dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggungiawab. PP Nomor 19 tahun 2017 : memudahkan guru memenuhi beban kerja; Beban Kerja Guru antara lain : (1)Merencanakan pembelajaran atau pembimbingan;(2)Melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan;(3)Menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan; (4)Membimbing dan melatih peserta didik;(5)Melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai beban kerja guru.

Berikut Keseluruhan materi :
Materi dan Modul KTSP
Standar Isi KTSP SMA-SMK-MA-MAK-SMALB-MTs [klik]
Standar Isi KTSP SD-MI-SDLB-SMPLB [klik]
Standar Isi KTSP PLB-PNFI-TK-PAUD [klik]
Standar Pendidikan [klik]
Materi Bintek KTSP SD-SMP [klik]
Materi Bintek KTSP SMA-SMK [klik]
Standar Kompetensi, Silabus dan RPP SMA [klik]
Materi dan Modul Kurikulum K13
Materi Kelompok Suplemen K13 pada Kepala Sekolah [klik]
Manajemen Implementasi K13 Pada Kepala Sekolah [klik]
Perangkat KI dan KD Pada Permendiknas No. 24-2016 [klik]
Perangkat KI dan KD Pada Permendiknas No. 37-2018 [klik]
Materi Penyegaran dan dan Guru Sasarsan [klik]
Manajemen Implementasi K13 2018 [klik]
Materi Diklat K13 2018 pada Pengawas [klik]
Kumpulan Permendiknas Pada Kurikulum 2013 [klik]
Materi Diklat K13 2018 untuk SD [klik]
Materi Diklat K13 2018 untuk SMP [klik]
Materi Diklat K13 2018 untuk SMA [klik]
Materi Diklat K13 2018 untuk SMK [klik]
Silabus K13 2018 pada SMA [klik]
Selamat Membaca dan semoga bermanfaat...

Baca juga :


Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM