Hasil supervisi dan evaluasi rintisan Sekolah Kategori Mandiri/Sekolah Standar Nasional (SKM/SSN) dan rintisan sekolah penyelenggara Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) diketahui bahwa pada umumnya satuan pendidikan belum melakukan analisis konteks dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Mengidentifikasi Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Proses, dan Standar Penilaian Pendidikan sebagai acuan dalam penyusunan KTSP.
Menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan yang meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, biaya, dan program-program.
Menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar misalnya komite sekolah, dewan pendidikan, dinas pendidikan, asosiasi profesi, dunia industri dan dunia kerja, sumber daya alam dan sosial budaya. Berikut keseluruhannya Materi bintek SMA-SMK dalam file swf:
SMA
Analisis Konteks [klik]
Kajian SK-KD [klik]
LHB Peserta Didik [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pembelajaran TT-TM-TMTT [klik]
Pembelajaran Tuntas Remidial Pengayaan [klik]
Penetapan KKM [klik]
Pengembangan Bahan Ajar [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Indikator [klik]
Pengembangan Materi Pembelajaran [klik]
Pengembangan Mulok [klik]
Pengembangan Portopolio [klik]
Pengembangan RPP [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Penilaian 5 Kelompok Mapel [klik]
Penilaian Afektif [klik]
Penilaian Hasil Belajar [klik]
Penilaian Psikomotor [klik]
Penulisan dan anabuso [klik]
Penulisan LHB black [klik]
Penyusunan KTSP [klik]
Permen 52 2008 Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA_MA [klik]
Pola Pembinaan Implementasi KTSP [klik]
Rencana Rancangan penilaian HB [klik]
SMK
Analisis Konteks [klik]
Implementasi SKS [klik]
Standar Isi KTSP [klik]
Kebijakan Pengembangan Kurikulum [klik]
Keputusan Dirjen Mandikdasmen [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pengembangan Kurikulum [klik]
Penyusunan LHB [klik]
Pelaksanaan Prakerin [klik]
Penilaian Dan Pelaporan HB [klik]
Menuju SBI [klik]
Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi [klik]
Penyelenggaraan SBI [klik]
Pengembangan Dan Penerapan PBK [klik]
Penyelenggaraan SKS [klik]
Sistem Kredit Semester [klik]
Penilaian Dan Pelaporan HB [klik]
Penyusunan Silabus [klik]
Juknis Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Teknik Pengembangan Mulok [klik]
Teknik Pengembangan Silabus [klik]
Teknik Penyusunan KTSP [klik]
Teknik Penyusunan Modul [klik]
Teknik Penyusunan RPP [klik]
TOT KTSP [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…
Baca juga :
SMA
Analisis Konteks [klik]
Kajian SK-KD [klik]
LHB Peserta Didik [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pembelajaran TT-TM-TMTT [klik]
Pembelajaran Tuntas Remidial Pengayaan [klik]
Penetapan KKM [klik]
Pengembangan Bahan Ajar [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Indikator [klik]
Pengembangan Materi Pembelajaran [klik]
Pengembangan Mulok [klik]
Pengembangan Portopolio [klik]
Pengembangan RPP [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Penilaian 5 Kelompok Mapel [klik]
Penilaian Afektif [klik]
Penilaian Hasil Belajar [klik]
Penilaian Psikomotor [klik]
Penulisan dan anabuso [klik]
Penulisan LHB black [klik]
Penyusunan KTSP [klik]
Permen 52 2008 Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA_MA [klik]
Pola Pembinaan Implementasi KTSP [klik]
Rencana Rancangan penilaian HB [klik]
SMK
Analisis Konteks [klik]
Implementasi SKS [klik]
Standar Isi KTSP [klik]
Kebijakan Pengembangan Kurikulum [klik]
Keputusan Dirjen Mandikdasmen [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pengembangan Kurikulum [klik]
Penyusunan LHB [klik]
Pelaksanaan Prakerin [klik]
Penilaian Dan Pelaporan HB [klik]
Menuju SBI [klik]
Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi [klik]
Penyelenggaraan SBI [klik]
Pengembangan Dan Penerapan PBK [klik]
Penyelenggaraan SKS [klik]
Sistem Kredit Semester [klik]
Penilaian Dan Pelaporan HB [klik]
Penyusunan Silabus [klik]
Juknis Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Teknik Pengembangan Mulok [klik]
Teknik Pengembangan Silabus [klik]
Teknik Penyusunan KTSP [klik]
Teknik Penyusunan Modul [klik]
Teknik Penyusunan RPP [klik]
TOT KTSP [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…
Baca juga :
No comments:
Post a Comment