Anak Usia Dini, termasuk anak TK memiliki karakteristik perkembangan fisik dan psikologis yang khas. Secara teoritis anak usia dini berada dalam masa keemasan, dimana anak mulai peka untuk menerima berbagai stimulasi dari lingkungannya baik disengaja maupun tidak disengaja. Pada masa peka inilah terjadi pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis sehingga anak siap merespon setiap stimulasi dari lingkungan dan berbagai upaya
pendidikan. Selain itu masa usia dini merupakan pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya, sehingga diperlukan layanan pendidikan yang sesuai agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Pendidikan anak usia dini memandang anak sebagai individu yang utuh sehingga membutuhkan pelayanan menyeluruh yang meliputi berbagai aspek perkembangan fisik dan psikis. Secara kodrati bahwa anak sejak lahir memiliki lebih dari satu bakat, tetapi bakat tersebut bersifat potensial. Untuk itu, anak perlu diberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan nya. Pertumbuhan dan perkembangan akan tercapai secara optimal, apabila diciptakan situasi dan kondisi yang kondusif sesuai dengan kebutuhan anak yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga layanan pendidikan yang diberikan harus memperhatikan keberagaman budaya, agama, kondisi alam dan pola kehidupan sehari-hari anak. Selain
itu, sangat perlu diperhatikan kodrat anak sebagai mahluk individu, sosial, susila dan religius. Oleh karena itu pengembangan anak usia dini berorientasi pada pendekatan berpusat pada anak (student centered)
Pendidikan Luar Biasa (PLB)
Konsep Dasar KBK [klik]
Analisis Konteks [klik]
Penyusunan KTSP [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Mulok [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Pengembangan RPP [klik]
Penetapan KKM [klik]
Rancangan PHB [klik]
Model Tematik SLB [klik]
Pakem [klik]
Pengembangan Bahan Ajar [klik]
Pengembangan Bahan Ujian [klik]
Kebijakan Dit PSLB 2009 [klik]
Model Tematik SLB [klik]
Pola Pembinaan Implementasi KTSP PLB (PK dan PLK) [klik]
Pendidikan Non Formal (PNFI)
KD dan Struktur Kurikulum Kesetaraan [klik]
Model Pembelajaran Efektif [klik]
Pengembangan KTSP [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Penilaian Pendidikan Kesetaraan [klik]
Penyusunan KTSP Kesetaraan [klik]
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [klik]
Visi dan Misi KTSP [klik]
TK dan PAUD
Standar Isi [klik]
Standar Kompetensi Hasil PKBI Revisi [klik]
Pedoman Pengembangan Silabus [klik]
Pedoman Pembelajaran di TK [klik]
Kerangka Dasar Kurikulum PAUD [klik]
Pedoman Penilaian di TK [klik]
Bahan Ajar Dan Standar Perkembangan Paud Formal-Nonformal [klik]
Karakteristik Layanan PAUD [klik]
Pengembangan Kurikulum PAUD Formal-Nonformal [klik]
Pengembangan Silabus PAUD [klik]
Penilaian PAUD [klik]
Program Pembelajaran PAUD [klik]
Kerangka Dasar-N-2-Ok [klik]
Naskah Akademik N [klik]
Silabus PAUD Formal N-3-OK [klik]
Standar Perkembangan-SI-N1-OK [klik]
Standar Perkmbgan Anak Lahir-6 THN 17 NOV Final [klik]
Standar Perkmbngan Dasar PAUD [klik]
Silabus PAUD NonFormal N-4-OK [klik]
Bahan Ajar Dan Standar Perkembangan PAUD Formal-Nonformal [klik]
Karakteristik Layanan PAUD [klik]
Pengembangan Bahan Ajar PAUD Formal dan Non Formal [klik]
Pengembangan Kurikulum PAUD Formal-Nonformal [klik]
Pengembangan Silabus PAUD [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…
Baca juga :
Pendidikan Luar Biasa (PLB)
Konsep Dasar KBK [klik]
Analisis Konteks [klik]
Penyusunan KTSP [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Mulok [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Pengembangan RPP [klik]
Penetapan KKM [klik]
Rancangan PHB [klik]
Model Tematik SLB [klik]
Pakem [klik]
Pengembangan Bahan Ajar [klik]
Pengembangan Bahan Ujian [klik]
Kebijakan Dit PSLB 2009 [klik]
Model Tematik SLB [klik]
Pola Pembinaan Implementasi KTSP PLB (PK dan PLK) [klik]
Pendidikan Non Formal (PNFI)
KD dan Struktur Kurikulum Kesetaraan [klik]
Model Pembelajaran Efektif [klik]
Pengembangan KTSP [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Penilaian Pendidikan Kesetaraan [klik]
Penyusunan KTSP Kesetaraan [klik]
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [klik]
Visi dan Misi KTSP [klik]
TK dan PAUD
Standar Isi [klik]
Standar Kompetensi Hasil PKBI Revisi [klik]
Pedoman Pengembangan Silabus [klik]
Pedoman Pembelajaran di TK [klik]
Kerangka Dasar Kurikulum PAUD [klik]
Pedoman Penilaian di TK [klik]
Bahan Ajar Dan Standar Perkembangan Paud Formal-Nonformal [klik]
Karakteristik Layanan PAUD [klik]
Pengembangan Kurikulum PAUD Formal-Nonformal [klik]
Pengembangan Silabus PAUD [klik]
Penilaian PAUD [klik]
Program Pembelajaran PAUD [klik]
Kerangka Dasar-N-2-Ok [klik]
Naskah Akademik N [klik]
Silabus PAUD Formal N-3-OK [klik]
Standar Perkembangan-SI-N1-OK [klik]
Standar Perkmbgan Anak Lahir-6 THN 17 NOV Final [klik]
Standar Perkmbngan Dasar PAUD [klik]
Silabus PAUD NonFormal N-4-OK [klik]
Bahan Ajar Dan Standar Perkembangan PAUD Formal-Nonformal [klik]
Karakteristik Layanan PAUD [klik]
Pengembangan Bahan Ajar PAUD Formal dan Non Formal [klik]
Pengembangan Kurikulum PAUD Formal-Nonformal [klik]
Pengembangan Silabus PAUD [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…
Baca juga :
No comments:
Post a Comment