info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Chapter Usaha dan Energi Plus SNMPTN

Usaha adalah besarnya energi untuk merubah posisi yang diberikan gaya pada benda atau objek. Usaha yang dilakukan suatu objek didefinisikan sebagai perkalian antara jarak yang ditempuh dengan gaya yang searah dengan perpindahannya. Usaha dinotasikan dengan W yang merupakan singkatan bahasa Inggris dari Work yang berarti kerja. Satuan usaha adalah Joule yang didefinisikan sebagai besarnya energi yang dibutuhkan untuk memberi gaya sebesar satu Newton sejauh satu meter. Oleh sebab itu, 1 Joule sama dengan 1 Newton meter (N.m). Energi merupakan salah satu konsep paling penting dalam ilmu pengetahuan. Energi tidak dapat didefinisikan secara ringkas saja. Akan tetapi pada materi kali ini karena energi berhubungan dengan usaha, maka energi dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha. Usaha yang dilakukan oleh gaya pada benda pada bidang datar berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda dan perpindahannya. Usaha yang dilakukan oleh gaya gesekan berbanding lurus dan berlawanan arah dengan gaya gesekan antara benda dan permukaan bidang gesekan dan perpindahannya. Usaha yang dilakukan oleh benda yang begerak lurus berubah beraturan berbanding lurus dengan jumlah aljabar kuadrat keceptannya dan massa benda tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha yang dilakukan benda karena perubahan kecepatan berbanding lurus dengan perubahan energy kinetiknya. Begitu juga dengan usaha yang dilakukan oleh benda jatuh bebas bahwa besarnya usaha berbanding lurus dengan perubahan energy potensialnya atau berbanding lurus dengan massa benda dan perrubahan potensial benda. Sesuai dengan Hukum Kekekalan energy, maka dapat disimpulkan bahwa usaha yang dilakukan oleh benda dengan perubahan kecepatan dan perbedaan potansialnya berbanding lurus dengan jumlah aljabar dari energy kinetic dan energy potensialnya dan bersifat tetap. Di bawah ini merupakan keseluruhan pembahasan soal-soal terkait dengan Usaha dan Energi dengan disertai dengan cara-cara praktis dalam pemecahan soal-soal tersebut.
USAHA DAN ENERGI
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
Chapter : [06] ; [07] ; [08] ; [09] ; [10]
Chapter : [11] ; [12] ; [13] ; [14] 
Chapter : [15] ; [16] ; [17] ; [18]
Chapter : [19] ; [20] ; [21] ; [22]
USAHA DAN ENERGI SNMPTN
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04]
Chapter : [05] ; [06] ; [07]
Selamat belajar semoga dapat mengambil banyak manfaatnya dalam penyelesaian materi usaha dan energi.



Share:

Chapter Listrik Plus SNMPTN

Saat ini, hampir semua umat manusia di dunia menggantungkan berbagai macam aktivitasnya kepada tenaga listrik. Dari mulai penerangan sampai ke mesin – mesin produksi semuanya saat ini telah mengandalkan energi listrik sebagai sumber tenaga penggeraknya. Tanpa energi listrik, kehidupan manusia saat ini akan mengalami banyak kemunduran atau pun hambatan. Energi listrik pada dasarnya merupakan salah satu bentuk energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya energi – energi lainnya (dapat diubah menjadi dalam bentuk energi lainnya). Seperti yang kita ketahui bersama, energi memiliki sifat kekal dan hanya berubah bentuk saja (tidak akan musnah).Pengertian listrik merupakan salah satu bentuk energi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk menjalankan berbagai macam alat – alat elektronik. Energi listrik dapat dihasilkan dari berbagai macam sumber energi lainnya seperti energi panas, energi gerak, dan bentuk – bentuk energi lainnya. Dalam praktiknya, energi listrik sering dinyatakan dengan menggunakan besaran – besaran listrik tertentu seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : Tegangan atau beda potensial, kapasitor, resistor, arus listrik, gaya gerak listrik induksi, induktansi dan besaran-besaran lain yang terkait dengan listrik. Pada Materi Listrik dan Magnet pada satuan SMA antara lain Listrik Statis, Listrik Arus Searah dan Arus dan Tegangan Bolak Balik (AC). Dalam kesempatan ini kami memberikan salah satu solusi dalam belajar fisika dengan chapter pembahasan soal-soal Listrik dengan disertai dengan cara praktis dalam penyelesaiannya, berikut keseluruhan pembahasan soal Listrik dan Magnet.
ELEKTROSTATIS
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
Chapter : [06] ; [07] ; [08] ; [09] ; [10]
KAPASITOR
Chapter : [11] ; [12] ; [13] ; [14]
Chapter : [15] ; [16] ; [17] ; [18]
ELEKTROSTATIS SNMPTN
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05] ; [06]
Chapter : [07] ; [08] ; [09] ; [10] ; [11]
LISTRIK ARUS SEARAH [DC]
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
Chapter : [06] ; [07] ; [08] ; [09] ; [10]
Chapter : [11] ; [12] ; [13] ; [14] ; [15]
Chapter : [16] ; [17] ; [18] ; [19] ; [20]
Chapter : [21] ; [22] ; [23] ; [24] ; [25]
Chapter : [26] ; [27] ; [28] ; [29]
LISTRIK ARUS SEARAH [DC] SNMPTN
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
Chapter : [06] ; [07] ; [08] ; [09]
Chapter : [10] ; [11] ; [12] ; [13]
Chapter : [14] ; [15] ; [16] ; [17]
ARUS DAN TEGANGAN AC
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
Chapter : [06] ; [07] ; [08] ; [09] ; [10]
ARUS DAN TEGANGAN AC SNMPTN : [18] ; [19]
Selamat belajar pembahasan soal-soal di atas semoga berhasil dalam belajar…



Share:

Chapter Magnet Plus SNMPTN

Michael Faraday (1791-1867), seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris, membuat hipotesis (dugaan) bahwa medan magnet seharusnya dapat menimbulkan arus listrik. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis Faraday. Berdasarkan percobaan, ditunjukkan bahwa gerakan magnet di dalam kumparan menyebabkan jarum galvanometer menyimpang. Jika kutub utara magnet digerakkan mendekati kumparan, jarum galvanometer menyimpang ke kanan. Jika magnet diam dalam kumparan, jarum galvanometer tidak menyimpang. Jika kutub utara magnet digerakkan menjauhi kumparan, jarum galvanometer menyimpang ke kiri. Penyimpangan jarum galvanometer tersebut menunjukkan bahwa pada kedua ujung kumparan terdapat arus listrik. Peristiwa timbulnya arus listrik seperti itulah yang disebut induksi elektromagnetik. Adapun beda potensial yang timbul pada ujung kumparan disebut gaya gerak listrik (GGL) induksi. Terjadinya GGL induksi dapat dijelaskan seperti berikut. Jika kutub utara magnet didekatkan ke kumparan. Jumlah garis gaya yang masuk kumparan makin banyak. Menurut Faraday, besar GGL induksi pada kedua ujung kumparan sebanding dengan laju perubahan fluks magnetik yang dilingkupi kumparan. Artinya, makin cepat terjadinya perubahan fluks magnetik, makin besar GGL induksi yang timbul. Adapun yang dimaksud fluks nmgnetik adalah banyaknya garis gaya magnet yang menembus suatu bidang. Sebuah lingkaran atau kumparan dari bahan konduktif seperti tembaga, yang membawa arus bolak-balik (AC), adalah struktur yang sangat efisien untuk menghasilkan atau menangkap medan magnet. Jika loop konduktif terhubung ke sumber listrik AC, akan menghasilkan medan magnet yang berosilasi di sekitar loop. Saat loop kedua berada cukup dekat dengan yang pertama, memungkinkan loop pertama menangkap beberapa bagian dari medan magnet yang berosilasi, yang pada gilirannya, menghasilkan atau menginduksi arus listrik di kumparan kedua. Beberapa contoh umum perangkat berdasarkan induksi magnetik adalah listrik transformer dan generator listrik.
INDUKSI MAGNETIK
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
Chapter : [06] ; [07] ; [08] ; [09] ; [10]
Chapter : [11] ; [12] ; [13] ; [14]
Chapter : [15] ; [16] ; [17] ; [18]
SNMPTN : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05] ; [06] ; [07]
INDUKSI ELEKTROMAGNETIK
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
Chapter : [06] ; [07] ; [08] ; [09] ; [10]
Chapter : [11] ; [12] ; [13] ; [14]
SNMPTN : [01] ; [02] ; [03] ; [05] ; [06] ; [07]
Selamat belajar pembahasan soal-soal di atas semoga berhasil dalam belajar…



Share:

Chapter Fisika Moderen Plus SNMPTN

Fisika modern merupakan salah satu bagian dari ilmu Fisika yang mempelajari perilaku materi dan energi pada skala atomik dan partikel-partikel subatomik atau gelombang. Pada prinsipnya sama seperti dalam fisika klasik, namun materi yang dibahas dalam fisika modern adalah skala atomik atau subatomik dan partikel bergerak dalam kecepatan tinggi. Untuk partikel yang bergerak dengan kecepatan mendekati atau sama dengan kecepatan cahaya, perilakunya dibahas secara terpisah dalam teori relativitas khusus. Ilmu Fisika Modern dikembangkan pada awal abad 20, dimana perumusan-perumusan dalam Fisika Klasik tidak lagi mampu menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi pada materi yang sangat kecil. Fisika Modern diawali oleh hipotesa Planck yang menyatakan bahwa besaran energi suatu benda yang beosilasi (osilator) tidak lagi bersifat kontinu, namun bersifat diskrit (kuanta), sehingga muncullah istilah Fisika Kuantum dan ditemukannya konsep dualisme partikel-gelombang. Konsep dualisme dan besaran kuanta ini merupakan dasar dari Fisika Modern. Dalam makalah ini dibahas konsep, hipotesa dan eksperimen yang menjadikan landasan pengembangan fisika modern serta penerapan fisika modern, dalam berbagai bidang seperti kedokteran, telekomikasi, dan industri. Berikut di bawah ini pembahasan soal soal Teori Atom, Teori Kuantum, Teori Relativitas, Inti Atom dan Radioaktivitas disertai dengan persamaan-persamaan praktis untuk memudahkan dalam belajar.
TEORI ATOM
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
Chapter : [06] ; [07] ; [08] ; [09] 
Chapter : [10] ; [11] ; [12] ; [13]
Chapter : [14] ; [15] ; [16] ; [17]
SNMPTN
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04]
Chapter : [05] ; [06] ; [07] ; [08]
TEORI RELATIVITAS
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04]
Chapter : [05] ; [06] ; [07] ; [08]
Chapter : [09] ; [10] ; [11] ; [12]
SNMPTN 
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04]
TEORI KUANTUM
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
Chapter : [06] ; [07] ; [08] ; [09] ; [10]
Chapter : [11] ; [12] ; [13] ; [14] ; [15]
Chapter : [16] ; [17] ; [18] ; [19] ; [20]
Chapter : [21] ; [22] ; [23] ; [24] ; [25]
Chapter : [26] ; [27] ; [28] ; [29] ; [30]
SNMPTN
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04]
Chapter : [05] ; [06] ; [07] ; [08]
Chapter : [09] ; [10] ; [11] ; [12]
INTI ATOM DAN RADIOAKTIVITAS
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
Chapter : [06] ; [07] ; [08] ; [09] ; [10]
Chapter : [11] ; [12] ; [13] ; [14] ; [15]
Chapter : [16] ; [17] ; [18] ; [19] ; [20]
Chapter : [21] ; [22] ; [23] ; [24] ; [25]
Chapter : [26] ; [27] ; [28] ; [29]
SNMPTN
Chapter : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]
Chapter : [06] ; [07] ; [08] ; [09] ; [10]
Chapter : [11] ; [12] ; [13] ; [14] ; [15]
Selamat belajar, semoga mendapatkan cara baru dalam belajar fisika modern…



Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM