info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Standar Isi KTSP SDLB-SD-MI-SMPLB

Berikut cuplikan standar isi pada SMPLB : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Di tingkat SMPLB diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi pekerja ilmiah secara bijaksana. Berikut keseluruhan materi dan silahkan untuk mengunduhnya :
SDLB
AGAMA ISLAM SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA KRISTEN SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA KATOLIK SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA HINDU SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA BUDDHA SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
PPKN SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Bahasa Indonesia SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
MATEMATIKA SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
IPA SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
IPS SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
SENI-BUDAYA SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
PENJAS SDLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]

SD-MI
AGAMA ISLAM [klik]
AGAMA KRISTEN [klik]
AGAMA KATOLIK [klik]
AGAMA HINDU [klik]
AGAMA BUDHA [klik]
PPKN [klik]
BAHASA INDONESIA [klik]
BAHASA INGGRIS [klik]
MATEMATIKA [klik]
IPA [klik]
IPS [klik]
SENI BUDAYA [klik]
PENJASKES [klik]

SMPLB
AGAMA ISLAM SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA KRISTEN SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA KATOLIK SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA HINDU SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
AGAMA BUDDHA SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
PPKN-SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Bahasa Indonesia SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Bahasa Inggris SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Matematika SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
IPA SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
IPS SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Seni Budaya SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Penjaskes SMPLB : [A] ; [B] ; [D] ; [E]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

Materi Diklat KTSP PLB-PNFI-TK-PAUD

Anak Usia Dini, termasuk anak TK memiliki karakteristik perkembangan fisik dan psikologis yang khas. Secara teoritis anak usia dini berada dalam masa keemasan, dimana anak mulai peka untuk menerima berbagai stimulasi dari lingkungannya baik disengaja maupun tidak disengaja. Pada masa peka inilah terjadi pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis sehingga anak siap merespon setiap stimulasi dari lingkungan dan berbagai upaya pendidikan. Selain itu masa usia dini merupakan pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya, sehingga diperlukan layanan pendidikan yang sesuai agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Pendidikan anak usia dini memandang anak sebagai individu yang utuh sehingga membutuhkan pelayanan menyeluruh yang meliputi berbagai aspek perkembangan fisik dan psikis. Secara kodrati bahwa anak sejak lahir memiliki lebih dari satu bakat, tetapi bakat tersebut bersifat potensial. Untuk itu, anak perlu diberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan nya. Pertumbuhan dan perkembangan akan tercapai secara optimal, apabila diciptakan situasi dan kondisi yang kondusif sesuai dengan kebutuhan anak yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga layanan pendidikan yang diberikan harus memperhatikan keberagaman budaya, agama, kondisi alam dan pola kehidupan sehari-hari anak. Selain itu, sangat perlu diperhatikan kodrat anak sebagai mahluk individu, sosial, susila dan religius. Oleh karena itu pengembangan anak usia dini berorientasi pada pendekatan berpusat pada anak (student centered)
Pendidikan Luar Biasa (PLB)
Konsep Dasar KBK [klik]
Analisis Konteks [klik]
Penyusunan KTSP [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Mulok [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Pengembangan RPP [klik]
Penetapan KKM [klik]
Rancangan PHB [klik]
Model Tematik SLB [klik]
Pakem [klik]
Pengembangan Bahan Ajar [klik]
Pengembangan Bahan Ujian [klik]
Kebijakan Dit PSLB 2009 [klik]
Model Tematik SLB [klik]
Pola Pembinaan Implementasi KTSP PLB (PK dan PLK) [klik]
Pendidikan Non Formal (PNFI)
KD dan Struktur Kurikulum Kesetaraan [klik]
Model Pembelajaran Efektif [klik]
Pengembangan KTSP [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Penilaian Pendidikan Kesetaraan [klik]
Penyusunan KTSP Kesetaraan [klik]
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [klik]
Visi dan Misi KTSP [klik]
TK dan PAUD
Standar Isi [klik]
Standar Kompetensi Hasil PKBI Revisi [klik]
Pedoman Pengembangan Silabus [klik]
Pedoman Pembelajaran di TK [klik]
Kerangka Dasar Kurikulum PAUD [klik]
Pedoman Penilaian di TK [klik]
Bahan Ajar Dan Standar Perkembangan Paud Formal-Nonformal [klik]
Karakteristik Layanan PAUD [klik]
Pengembangan Kurikulum PAUD Formal-Nonformal [klik]
Pengembangan Silabus PAUD [klik]
Penilaian PAUD [klik]
Program Pembelajaran PAUD [klik]
Kerangka Dasar-N-2-Ok [klik]
Naskah Akademik N [klik]
Silabus PAUD Formal N-3-OK [klik]
Standar Perkembangan-SI-N1-OK [klik]
Standar Perkmbgan Anak Lahir-6 THN 17 NOV Final [klik]
Standar Perkmbngan Dasar PAUD [klik]
Silabus PAUD NonFormal N-4-OK [klik]
Bahan Ajar Dan Standar Perkembangan PAUD Formal-Nonformal [klik]
Karakteristik Layanan PAUD [klik]
Pengembangan Bahan Ajar PAUD Formal dan Non Formal [klik]
Pengembangan Kurikulum PAUD Formal-Nonformal [klik]
Pengembangan Silabus PAUD [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

Arsip Standar Pendidikan

Pelaksanaan pendidikan nasional harus menjamin pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan di tengah perubahan global agar warga Indonesia menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, produktif, dan berdaya saing tinggi dalam pergaulan nasional maupun internasional. Untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan tersebut, Pemerintah telah mengamanatkan penyusunan delapan standar nasional pendidikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimum tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada peserta didik agar dapat: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana. Berikut keseluruhan materi terkait dengan Standar Pendidikan :
Lampiran PERMEN No 19 Tahun 2007 Pengelolaan [klik]
Lampiran Permen Nomor 20 tahun 2007 [klik]
Lampiran Permendiknas No 24 Th 2007 Standar Sarana Prasarana [klik]
Lampiran SKL Mapel No. 23 Tahun 2006 [klik]
Permen No 19 Tahun 2007 Standar Pengelolaan [klik]
Permen No 20 Standar Penilaian Pendidikan [klik]
Permen No 24 Standar Sarana Prasarana Sekolah Madrasah [klik]
Permendiknas No 6 Th 2007 [klik]
Permendiknas No 13 Th 2007 Kepala Sekolah [klik]
Permendiknas No 27 Th 2008 Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor [klik]
Permendiknas No 33 Th 2008 Sarpras SDLB, SMPLB, SMALB [klik]
Permendiknas No 40 Th 2009 Penguji Kursus dan Pelatihan [klik]
Permendiknas No 41 Th 2009 Standar Pembimbing pd Kursus dan Pelatihan [klik]
Permendiknas No 42 Th 2009 Standar Pengelola Kursus [klik]
Permendiknas No 43 Th 2009 Standar Pendidikan Paket ABC [klik]
Permendiknas No 69 Th 2009 Standar Biaya [klik]
Permendiknas No. 3 Th 2008 Standar Proses Paket ABC [klik]
Permendiknas No. 23 Th 2006 SKL untuk DikDasMen [klik]
Permendiknas No.41 Th 2007 Standar Proses DikDasMen [klik]
Permendiknas No12 Th 2007 Pengawas [klik]
Permendiknas No24 Th 2008 Tenaga Administrasi [klik]
SK Pelaksanaan SI-SKL [klik]
SKL Mata Pelajaran PLB [klik]
SKL Mata Pelajaran SD-MI [klik]
SKL Mata Pelajaran SMK-MAK [klik]
SKL Mata Pelajaran SMP-MTs [klik]
SKL Mate Pelajaran SMA-MA [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

Materi Bintek KTSP SD-SMP

Hasil supervisi dan evaluasi rintisan Sekolah Kategori Mandiri/Sekolah Standar Nasional (SKM/SSN) dan rintisan sekolah penyelenggara Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) diketahui bahwa pada umumnya satuan pendidikan belum melakukan analisis konteks dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Mengidentifikasi Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Proses, dan Standar Penilaian Pendidikan sebagai acuan dalam penyusunan KTSP. Menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan yang meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, biaya, dan program-program. Menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar misalnya komite sekolah, dewan pendidikan, dinas pendidikan, asosiasi profesi, dunia industri dan dunia kerja, sumber daya alam dan sosial budaya. Berikut keseluruhan materi bintek dan dapat diunduh dengan gratis
SD
Analisis Konteks [klik]
Arah Dan Kebijakan Program Pembinaan SD [klik]
Kajian SI-SK-KD [klik]
Konsep Dasar KBK [klik]
Model Tematik SD [klik]
PAKEM [klik]
Penetapan KKM [klik]
Pengembangan Bahan Ajar [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Indikator [klik]
Pengembangan Mulok [klik]
Pengembangan RPP [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Pengembangan Bahan Ujian dan Analisis Hasil [klik]
Penilaian SD [klik]
Penyusunan KTSP [klik]
Penyusunan LBH SD [klik]
Rancangan Penilaian HB [klik]
Tematik SD [klik]
SMP
Desaian Pelatihan KTSP [klik]
IPA Terpadu [klik]
IPS Terpadu [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pembelajaran Berbasis Kontektual [klik]
Pembelajaran TT_TM_TMTT [klik]
Pembelajaran Tuntas Remidial Pengayaan [klik]
Penetapan KKM [klik]
Pengembangan Bahan Ajar [klik]
Pengembangan BU dan AHU [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Mulok [klik]
Pengembangan RPP [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Penilaian Berbaris Kelas [klik]
Penilaian Hasil Pelajar [klik]
Penulisan LHB [klik]
Penyusunan KTSP [klik]
Pola Pembinaan Implementasi KTSP [klik]
Skenario PBK [klik]
Supervisi Klinis KTSP [klik]
Tes Diagnosis [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

Materi Bintek KTSP SMA-SMK

Hasil supervisi dan evaluasi rintisan Sekolah Kategori Mandiri/Sekolah Standar Nasional (SKM/SSN) dan rintisan sekolah penyelenggara Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) diketahui bahwa pada umumnya satuan pendidikan belum melakukan analisis konteks dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Mengidentifikasi Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Proses, dan Standar Penilaian Pendidikan sebagai acuan dalam penyusunan KTSP. Menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan yang meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, biaya, dan program-program. Menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar misalnya komite sekolah, dewan pendidikan, dinas pendidikan, asosiasi profesi, dunia industri dan dunia kerja, sumber daya alam dan sosial budaya. Berikut keseluruhannya Materi bintek SMA-SMK dalam file swf:
SMA
Analisis Konteks [klik]
Kajian SK-KD [klik]
LHB Peserta Didik [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pembelajaran TT-TM-TMTT [klik]
Pembelajaran Tuntas Remidial Pengayaan [klik]
Penetapan KKM [klik]
Pengembangan Bahan Ajar [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Indikator [klik]
Pengembangan Materi Pembelajaran [klik]
Pengembangan Mulok [klik]
Pengembangan Portopolio [klik]
Pengembangan RPP [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Penilaian 5 Kelompok Mapel [klik]
Penilaian Afektif [klik]
Penilaian Hasil Belajar [klik]
Penilaian Psikomotor [klik]
Penulisan dan anabuso [klik]
Penulisan LHB black [klik]
Penyusunan KTSP [klik]
Permen 52 2008 Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA_MA [klik]
Pola Pembinaan Implementasi KTSP [klik]
Rencana Rancangan penilaian HB [klik]
SMK
Analisis Konteks [klik]
Implementasi SKS [klik]
Standar Isi KTSP [klik]
Kebijakan Pengembangan Kurikulum [klik]
Keputusan Dirjen Mandikdasmen [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pengembangan Kurikulum [klik]
Penyusunan LHB [klik]
Pelaksanaan Prakerin [klik]
Penilaian Dan Pelaporan HB [klik]
Menuju SBI [klik]
Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi [klik]
Penyelenggaraan SBI [klik]
Pengembangan Dan Penerapan PBK [klik]
Penyelenggaraan SKS [klik]
Sistem Kredit Semester [klik]
Penilaian Dan Pelaporan HB [klik]
Penyusunan Silabus [klik]
Juknis Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Teknik Pengembangan Mulok [klik]
Teknik Pengembangan Silabus [klik]
Teknik Penyusunan KTSP [klik]
Teknik Penyusunan Modul [klik]
Teknik Penyusunan RPP [klik]
TOT KTSP [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM