info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Arsip Standar Pendidikan

Pelaksanaan pendidikan nasional harus menjamin pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan di tengah perubahan global agar warga Indonesia menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, produktif, dan berdaya saing tinggi dalam pergaulan nasional maupun internasional. Untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan tersebut, Pemerintah telah mengamanatkan penyusunan delapan standar nasional pendidikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimum tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada peserta didik agar dapat: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana. Berikut keseluruhan materi terkait dengan Standar Pendidikan :
Lampiran PERMEN No 19 Tahun 2007 Pengelolaan [klik]
Lampiran Permen Nomor 20 tahun 2007 [klik]
Lampiran Permendiknas No 24 Th 2007 Standar Sarana Prasarana [klik]
Lampiran SKL Mapel No. 23 Tahun 2006 [klik]
Permen No 19 Tahun 2007 Standar Pengelolaan [klik]
Permen No 20 Standar Penilaian Pendidikan [klik]
Permen No 24 Standar Sarana Prasarana Sekolah Madrasah [klik]
Permendiknas No 6 Th 2007 [klik]
Permendiknas No 13 Th 2007 Kepala Sekolah [klik]
Permendiknas No 27 Th 2008 Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor [klik]
Permendiknas No 33 Th 2008 Sarpras SDLB, SMPLB, SMALB [klik]
Permendiknas No 40 Th 2009 Penguji Kursus dan Pelatihan [klik]
Permendiknas No 41 Th 2009 Standar Pembimbing pd Kursus dan Pelatihan [klik]
Permendiknas No 42 Th 2009 Standar Pengelola Kursus [klik]
Permendiknas No 43 Th 2009 Standar Pendidikan Paket ABC [klik]
Permendiknas No 69 Th 2009 Standar Biaya [klik]
Permendiknas No. 3 Th 2008 Standar Proses Paket ABC [klik]
Permendiknas No. 23 Th 2006 SKL untuk DikDasMen [klik]
Permendiknas No.41 Th 2007 Standar Proses DikDasMen [klik]
Permendiknas No12 Th 2007 Pengawas [klik]
Permendiknas No24 Th 2008 Tenaga Administrasi [klik]
SK Pelaksanaan SI-SKL [klik]
SKL Mata Pelajaran PLB [klik]
SKL Mata Pelajaran SD-MI [klik]
SKL Mata Pelajaran SMK-MAK [klik]
SKL Mata Pelajaran SMP-MTs [klik]
SKL Mate Pelajaran SMA-MA [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

Materi Bintek KTSP SD-SMP

Hasil supervisi dan evaluasi rintisan Sekolah Kategori Mandiri/Sekolah Standar Nasional (SKM/SSN) dan rintisan sekolah penyelenggara Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) diketahui bahwa pada umumnya satuan pendidikan belum melakukan analisis konteks dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Mengidentifikasi Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Proses, dan Standar Penilaian Pendidikan sebagai acuan dalam penyusunan KTSP. Menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan yang meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, biaya, dan program-program. Menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar misalnya komite sekolah, dewan pendidikan, dinas pendidikan, asosiasi profesi, dunia industri dan dunia kerja, sumber daya alam dan sosial budaya. Berikut keseluruhan materi bintek dan dapat diunduh dengan gratis
SD
Analisis Konteks [klik]
Arah Dan Kebijakan Program Pembinaan SD [klik]
Kajian SI-SK-KD [klik]
Konsep Dasar KBK [klik]
Model Tematik SD [klik]
PAKEM [klik]
Penetapan KKM [klik]
Pengembangan Bahan Ajar [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Indikator [klik]
Pengembangan Mulok [klik]
Pengembangan RPP [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Pengembangan Bahan Ujian dan Analisis Hasil [klik]
Penilaian SD [klik]
Penyusunan KTSP [klik]
Penyusunan LBH SD [klik]
Rancangan Penilaian HB [klik]
Tematik SD [klik]
SMP
Desaian Pelatihan KTSP [klik]
IPA Terpadu [klik]
IPS Terpadu [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pembelajaran Berbasis Kontektual [klik]
Pembelajaran TT_TM_TMTT [klik]
Pembelajaran Tuntas Remidial Pengayaan [klik]
Penetapan KKM [klik]
Pengembangan Bahan Ajar [klik]
Pengembangan BU dan AHU [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Mulok [klik]
Pengembangan RPP [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Penilaian Berbaris Kelas [klik]
Penilaian Hasil Pelajar [klik]
Penulisan LHB [klik]
Penyusunan KTSP [klik]
Pola Pembinaan Implementasi KTSP [klik]
Skenario PBK [klik]
Supervisi Klinis KTSP [klik]
Tes Diagnosis [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

Materi Bintek KTSP SMA-SMK

Hasil supervisi dan evaluasi rintisan Sekolah Kategori Mandiri/Sekolah Standar Nasional (SKM/SSN) dan rintisan sekolah penyelenggara Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) diketahui bahwa pada umumnya satuan pendidikan belum melakukan analisis konteks dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Mengidentifikasi Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Proses, dan Standar Penilaian Pendidikan sebagai acuan dalam penyusunan KTSP. Menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan yang meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, biaya, dan program-program. Menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar misalnya komite sekolah, dewan pendidikan, dinas pendidikan, asosiasi profesi, dunia industri dan dunia kerja, sumber daya alam dan sosial budaya. Berikut keseluruhannya Materi bintek SMA-SMK dalam file swf:
SMA
Analisis Konteks [klik]
Kajian SK-KD [klik]
LHB Peserta Didik [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pembelajaran TT-TM-TMTT [klik]
Pembelajaran Tuntas Remidial Pengayaan [klik]
Penetapan KKM [klik]
Pengembangan Bahan Ajar [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Indikator [klik]
Pengembangan Materi Pembelajaran [klik]
Pengembangan Mulok [klik]
Pengembangan Portopolio [klik]
Pengembangan RPP [klik]
Pengembangan Silabus [klik]
Penilaian 5 Kelompok Mapel [klik]
Penilaian Afektif [klik]
Penilaian Hasil Belajar [klik]
Penilaian Psikomotor [klik]
Penulisan dan anabuso [klik]
Penulisan LHB black [klik]
Penyusunan KTSP [klik]
Permen 52 2008 Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA_MA [klik]
Pola Pembinaan Implementasi KTSP [klik]
Rencana Rancangan penilaian HB [klik]
SMK
Analisis Konteks [klik]
Implementasi SKS [klik]
Standar Isi KTSP [klik]
Kebijakan Pengembangan Kurikulum [klik]
Keputusan Dirjen Mandikdasmen [klik]
Model Pembelajaran [klik]
Pengembangan Kurikulum [klik]
Penyusunan LHB [klik]
Pelaksanaan Prakerin [klik]
Penilaian Dan Pelaporan HB [klik]
Menuju SBI [klik]
Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi [klik]
Penyelenggaraan SBI [klik]
Pengembangan Dan Penerapan PBK [klik]
Penyelenggaraan SKS [klik]
Sistem Kredit Semester [klik]
Penilaian Dan Pelaporan HB [klik]
Penyusunan Silabus [klik]
Juknis Pengembangan Diri [klik]
Pengembangan Diri [klik]
Teknik Pengembangan Mulok [klik]
Teknik Pengembangan Silabus [klik]
Teknik Penyusunan KTSP [klik]
Teknik Penyusunan Modul [klik]
Teknik Penyusunan RPP [klik]
TOT KTSP [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

Standar Kompetensi, Silabus dan RPP SMA

Kutipan pada salah satu Mapel SMA pada Standar Kompotensi adalah : Fisika merupakan salah satu cabang IPA yang mendasari perkembangan teknologi maju dan konsep hidup harmonis dengan alam. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dipicu oleh temuan di bidang fisika material melalui penemuan piranti mikroelektronika yang mampu memuat banyak informasi dengan ukuran sangat kecil. Sebagai ilmu yang mempelajari fenomena alam, fisika juga memberikan pelajaran yang baik kepada manusia untuk hidup selaras berdasarkan hukum alam. Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan serta pengurangan dampak bencana alam tidak akan berjalan secara optimal tanpa pemahaman yang baik tentang fisika. Pada tingkat SMA/MA, fisika dipandang penting untuk diajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri dengan beberapa pertimbangan. Pertama, selain memberikan bekal ilmu kepada peserta didik, mata pelajaran Fisika dimaksudkan sebagai wahana untuk menumbuhkan kemampuan berpikir yang berguna untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, mata pelajaran Fisika perlu diajarkan untuk tujuan yang lebih khusus yaitu membekali peserta didik pengetahuan, pemahaman dan sejumlah kemampuan yang dipersyaratkan untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu dan teknologi. Pembelajaran Fisika dilaksanakan secara inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta berkomunikasi sebagai salah satu aspek penting kecakapan hidup. Berikut Keseluruhan materi 
Standar Kompetensi SMA
Antropologi ; Bahasa Arab Prog Bhs ; Bahasa Arab Prog Pilihan
Bahasa Indonesia Prog Bahasa ; Bahasa indonesia
Bahasa Inggris ; Bahasa Jepang Prog Bahasa
Bahasa Jepang Prog Pilihan ; Bahasa Jerman Prog Bahasa
Bahasa Jerman Prog Pilihan ; Bahasa Mandarin Prog Bahasa
Bahasa Mandarin Prog Pilihan ; Bahasa Prancis Prog Bahasa
Bahasa Prancis Prog Pilihan ; Biologi ; Ekonomi ; Fisika
Geografi ; Keterampilan ; Kimia ; Matematika
Pendidikan Agama Budha ; Pendidikan Agama Hindu
Pendidikan Agama Islam ; Pendidikan Agama Katolik
Pendidikan Agama Kristen ; Penjaskes ; PPKn
Sastra Indonesia Prog Bahasa ; Sejarah ; Seni Budaya
Sosiologi ; TIK
Silabus dan RPP SMA 
Peta Uraian B Mandarin Prog Bahasa
Peta Uraian B Mandarin Pilihan
RPP Akuntansi ; RPP Antropologi ; RPP Bahasa Indonesia
RPP Ekonomi ; RPP Geografi ; RPP Ketrampilan
RPP PA Hindu ; RPP Pendidikan Agama Islam ; RPP PKn
Silabus & RPP Bhs Arab Sem1 Prog Pilihan
Silabus & RPP Bhs Jepang Sem 2 Prog BHS
Silabus & RPP Bhs Jepang Sem1 Prog Pilihan
Silabus & RPP Bhs Jerman Sem 2 Prog BHS
Silabus & RPP Bhs Jerman Sem1 Prog Pilihan
Silabus & RPP Bhs Perancis Sem 2 Prog BHS
Silabus & RPP Bhs Perancis Sem1 Prog Pilihan
Silabus dan RPP Biologi ; Silabus dan RPP Fisika
Silabus dan RPP Kimia ; Silabus dan RPP PA Buddha
Silabus Akuntansi ; Silabus Antropologi
Silabus Bahasa Indonesia ; Silabus Bahasa Inggris
Silabus Bahasa Mandarin kls 10 Pilihan
Silabus Bahasa Mandarin kls 11 Jurusan
Silabus Bahasa Mandarin kls 11 Pilihan
Silabus Bahasa Mandarin kls 12 Jurusan
Silabus Bahasa Mandarin kls 12 Pilihan
Silabus Bhs Arab X1 Sem 2 Prog BHS
Silabus dan RPP Ketrampilan SMALB ; Silabus dan RPP Penjas
Silabus dan RPP PKn SMALB ; Silabus dan RPP Sejarah
Silabus dan RPP SENI ; Silabus dan RPP Sosiologi
Silabus Ekonomi ; Silabus Geografi
Silabus Ketrampilan ; Silabus Matematika
Silabus PA Kristen SMA kls 10
Silabus PA Kristen SMPLB-A
Silabus Pendidikan Agama Islam
Silabus Pendidikan Agama Katholik
Silabus PKn ; Silabus SMALB ; Silabus TIK
SLTA Pembelajaran : [klik 1] ; [klik 2]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :

Share:

Kumpulan Materi Pembelajaran SMA

Materi pembelajaran (instructional materials) adalah bahan yang diperlukan untuk pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Materi Pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran. Materi yang dipilih untuk kegiatan pembelajaran hendaknya materi yang benar-benar menunjang tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar. Adapun jenis-jenis materi pembelajaran adalah (1) Materi fakta : segala hal yang berwujud kenyataan dan kebenaran, meliputi nama-nama objek, peristiwa sejarah, lambang, nama tempat, nama orang, nama bagian atau komponen suatu benda, dan sebagainya; (2) Materi konsep : segala yang berwujud pengertian-pengertian baru yang bisa timbul sebagai hasil pemikiran, meliputi definisi, pengertian, ciri khusus, hakekat, inti /isi dan sebagainya. Prinsip-prinsip materi pembelajaran salah satunya adalah Prinsip relevansi : Materi pembelajaran hendaknya relevan dengan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar. Jika kemampuan yang diharapkan dikuasai peserta didik berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta, bukan konsep atau prinsip ataupun jenis materi yang lain.

Berikut Keseluruhan materi pembelajaran SMA
Materi Pembelajaran SMA
Bahasa Indonesia [klik]
Bahasa Inggris [klik]
Materi Biologi
Bab 1 keanekaragaman_hayati [klik]
Bab 2 Virus dan Monera [klik]
Bab 3 Ganggang, Lumut dan Paku-Pakuan [klik]
Bab 4 Invertebrata [klik]
Bab 5 Jamur [klik]
Bab 6 Ekologi [klik]
Bab 7 Aksi Interaksi [klik]
Bab 8 Lingkungan [klik]
Bab 9 Pelestarian Sumber Daya Alam Hayati [klik]
Bab 10 Struktur Hewan [klik]
Bab 11 Struktur Tumbuhan [klik]
Bab 12 Pertumbuhan dan Perkembangan [klik]
Bab 13 Gerak Pada Tumbuhan [klik]
Bab 14 Gerak pada Vertebrata [klik]
Bab 15 Sistem Percernaan Makanan [klik]
Bab 16 Sistem Transportasi pada Hewan [klik]
Bab 17 Sistem Ekskresi pada Hewan [klik]
Bab 18 Sistem Respirasi [klik]
Bab 19 Sistem Syaraf [klik]
Bab 20 Indera [klik]
Bab 21 Hormon [klik]
Bab 22 Sistem Reproduksi [klik]
Bab 23 Pencemaran organisme [klik]
Bab 24 Biologi Sel [klik]
Bab 25 Genetika [klik]
Bab 26 Asal usul Kehidupan [klik]
Bab 27 Evolusi [klik]
Bab 28 Biogeografi [klik]
Bab 29 Pengembangan Sumber Daya Hayati [klik]
Bab 30 Bioteknologi [klik]
Ringkasan Biologi


  • Algae (Ganggang) ; Arthropoda ; Bakteri ; Biologi Sel
  • Coelenterata ; Echinodermata ; Ekosistem
  • Evolusi dan Adaptasi ; Evolusi Kebudayaan ; Jamur
  • Konsep Hidup ; Kormophyta ; Metabolisme ; Mollusca
  • Pengetahuan tentang Makhluk Hidup ; Porifera 
  • Protozoa ; Radioisotop
  • Struktur dan Fungsi Alat Tubuh Manusia
  • Vermes (Cacing) ; Vertebrata ; Virus
  • Materi Matematika
    Barisan dan Deret : [klik 1] ; [klik 2] ; [klik 3]
    Defferensial : [klik 1] ; [klik 2]
    Eksponen : [klik 1] ; [klik 2]
    Fungsi Kuadrat : [klik 1] ; [klik 2]
    Fungsi Limit : [klik 1] ; [klik 2]
    Fungsi, Komponen Fungsi dan Fungsi Invers [klik] 
    Geometri : [klik 1] ; [klik 2]
    Gradien dan Persamaan Garis Lurus : [klik 1] ; [klik 2]
    Himpunan : [klik 1] ; [klik 2]
    Integral : [klik 1] ; [klik 2]
    Kejadian dan Peluang [klik]
    Logaritma : [klik 1] ; [klik 2]
    Matriks : [klik 1] ; [klik 2]
    Permutasi, Kompinasi, Peluang dan Kejadian [klik]
    Persamaan Kuadrat : [klik 1] ; [klik 2] ; [klik 3]
    Persamaan Linier [klik]
    Pertidaksamaan : [klik 1] ; [klik 2]
    Program Linier : [klik 1] ; [klik 2]
    Relasi Fungsi Komposisi dan Invers [klik]
    Sistem Persamaan [klik]
    Statistika : [klik 1] ; [klik 2]
    Trigonometri : [klik 1] ; [klik 2] ; [klik 3]
    Vektor [klik]
    Materi Fisika
    Alat-Alat Optik : [klik 1] ; [klik 2]
    Arus dan Tegangan AC : [klik 1] ; [klik 2]
    Besaran dan Satuan [klik]
    Dinamika [klik]
    Elektronika Semikonduktor [klik]
    Fisika Atom dan Fisika Inti [klik]
    Fluida dan Kalor [klik]
    Fluida [klik]
    Fotometer [klik]
    Gas dan Temodinamika [klik]
    Gaya [klik]
    Gelombang : [klik 1] ; [klik 2] ; [klik 3]
    Gelombang Elektromagnetik : [klik 1] ; [klik 2] ; [klik 3]
    Gerak [klik]
    Getaran Selaras [klik]
    Impuls, Momentum dan Tumbukan [klik]
    Inti Atom [klik]
    Kapasitor dan Resistor [klik]
    Kesetimbangan dan Benda Tegar [klik]
    Kinematika [klik]
    Listrik Arus Searah : [klik 1] ; [klik 2]
    Listrik Statis [klik]
    Magnet [klik]
    Medan Gravitasi dan Medan Listrik [klik]
    Medan Gravitasi [klik]
    Optika Fisis : [klik 1] ; [klik 2]
    Optika Geometrik [klik]
    Radioaktivitas [klik]
    Relativitas : [klik 1] ; [klik 2]
    Statika [klik]
    Struktur Atom [klik]
    Suhu dan Kalor [klik]
    Teori Kinetik Gas [klik]
    Teori Kuantum [klik]
    Usaha, Energi dan Daya [klik]
    Vektor : [klik 1] ; [klik 2]
    Zat Padat [klik]
    Materi Kimia
    Eksponen Hidrogen [klik]
    Energetika [klik]
    Hasil Kali Larutan [klik]
    Hidrokarbon [klik]
    Hitungan Kimia [klik]
    Ikatan Kimia : [klik 1] ; [klik 2]
    Kecepatan Reaksi : [klik 1] ; [klik 2]
    Kesetimbangan Kimia : [klik 1] ; [klik 2]
    Kimia Inti [klik]
    Kimia Karbon [klik]
    Kimia Lingkungan : [klik 1] ; [klik 2]
    Kimia Terapan [klik]
    Larutan : [klik 1] ; [klik 2]
    Reaksi Redoks dan Elektro Kimia : [klik 1] ; [klik 2] ; [klik 3]
    Sifat Koligatif Larutan [klik]
    Sistem Koloid : [klik 1] ; [klik 2]
    Sistem Periodik Unsur [klik]
    Stoikiometri : [klik 1] ; [klik 2]
    Struktur Atom : [klik 1] ; [klik 2]
    Teori Asam Basa dan Stoikiometri Larutan [klik]
    Termokimia [klik]
    Zat Radioaktif [klik]
    Materi Ekonomi dan Akuntansi
    Distribusi [klik]
    Harga Pokok Penjualan [klik]
    Inti Masalah Ekonomi [klik]
    Jurnal Penyusutan [klik]
    Konsumsi [klik]
    Laporan Perubahan Modal [klik]
    Masalah Pokok dalam Ekonomi [klik]
    Neraca [klik]
    Penyusutan harata Tetap [klik]
    Persamaan Akuntansi [klik]
    Produksi [klik]
    Materi Geografi
    Aneka dan Bentuk Potensi Muka Bumi [klik]
    Beberapa Wilayah Penting Di Dunia [klik]
    Cuaca dan Iklim [klik]
    Industri dan Persebarannya [klik]
    Lahan Potensial dan Lahan Kritis [klik]
    Lingkungan Kehidupan di Muka Bumi [klik]
    Penginderaan Jarak jauh [klik]
    Perairan Darat [klik]
    Perairan Laut [klik]
    Peta [klik]
    Pola Keruangan Desa [klik]
    Pola Keruangan Kota [klik]
    Sumber Daya Manusia [klik]
    Materi TIK
    Manajemen File : [klik 1] ; [klik 2]
    Operating Sistem [klik]
    Perangkat Komputer [klik]
    Semoga bermanfaat….sukses selalu…

    Share:

    VIDEO UPDATE

    Kerinci, Jambi Indonesia

    Waktu di Kerinci:

    Popular Posts

    Blog Archive

    PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM