info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Materi dan Pembahasan Latihan, SBMPTN dan OSN Fisika

Selama ini kita juga tidak pernah mau mengakui bahwa pelajaran fisika di SMA adalah sulit. Kita selalu mengatakan tidak ada pelajaran yang sulit kalau pelajaran tersebut dipelajari dengan rajin dan sungguh-sungguh tanpa pernah mau melihat bagaimana sulitnya siswa SMA mempelajari dan memahami pelajaran fisika di sekolah. Bisa jadi karena sulitnya memahami fisika itulah yang menyebabkan mereka membenci pelajaran fisika. Untuk itu di buang faktor-fakto yang menyebabkan bahwa fisika itu sulit. Kita harus teratur dalam mengawali belajar fisika dengan cara : (1) Pelajari konsep fisis sebaik mungkin. (2) pastikan bahwa yang kita kerjakan sesuai dengan konsep fisis dan persamaan fisika terkait dan (3) bangun referensi yang paten dari pembahasan soal-soal fisika seperti dimedia online, bank soal dan referensi terkait fisika. Berikut di bawah ini adalah sebagian pembahasan-pembahasan soal fisika yang dikemas dengan video pembelajaran disertai indikator soal dengan tujuan mempermudah mencari materi mana yang belum paham dan link video terkait. semoga video-video ini bermanfaat dan membantu dalam belajar fisika. Like dan subscribe sehingga mendapatkan update dari channel kami.
Video Materi pembelajaran
Listrik Statis : [eps 1] ; [eps 2] ; [eps 3]
Elastisitas : [eps 1] ; [eps 2]

Video Pembahasan Soal
Gerak Parabola
Episode : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05] ; [06] ; [07]
Episode : [08] ; [09] ; [10] ; [11] ; [12] ; [13] ; [14] ; [15]
Gerak Rotasi[01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05]

Gerak Translasi
Episode : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05] ; [06] ; [07] ; [08] ; [09]
Episode : [10] ; [11] ; [12] ; [13] ; [14] ; [15] ; [16] ; [17] ; [18]
Episode : [19] ; [20] ; [21] ; [22] ; [23] ; [24] ; [25] ; [26] ; [27]
Episode : [28] ; [29] ; [30] ; [31] ; [32] ; [33] ; [34] ; [35] ; [36]

Getaran Harmonis
SBMPTN : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05] ; [06] ; [07]
SBMPTN : [08] ; [09] ; [10] ; [11] ; [12] ; [13]
OSN : [01] ; [02] ; [03]

Impuls Momentum dan Tumbukan
Episode : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05] ; [06] ; [07] ; [08] ; [09]
Episode : [10] ; [11] ; [12] ; [13] ; [14] ; [15] ; [16] ; [17] ; [18]
Episode : [19] ; [20] ; [21] ; [22] ; [23] ; [24] ; [25] ; [26]
Episode : [27] ; [28] ; [29] ; [30] ; [31] ; [32] ; [33] ; [34]

Usaha dan Energi
SBMPTN : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05] ; [06] ; [07] ; [08]
SBMPTN : [09] ; [10] ; [11] ; [12] ; [13] ; [14] ; [15] ; [16]
OSN : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05] ; [06]
OSN : [07] ; [08] ; [09] ; [10] ; [11] ; [12]

Elastisitas
Episode : [01] ; [02] ; [03] ; [04] ; [05] ; [06] ; [07]

Semoga membantu dalam belajar …. dan berhasil dalam segala hal.

Share:

Chapter 01 Impuls Momentum SNMPTN

Pembahasan soal no. 01
Tes ITB 1975
Yang manakah diantara benda-benda berikut yang mengalami gaya terbesar pada waktu bertumbukan dengan dinding batu jika diketahui benda-benda tersebut dihentikan oleh dinding dalam selang waktu yang sama ?
A. Benda bermassa 150 kg bergerak dengan kelajuan 7 m/s
B. Benda bermassa 100 kg bergerak dengan kelajuan 12 m/s
C. Benda bermassa 50 kg bergerak dengan kelajuan 15 m/s
D. Benda bermassa 40 kg bergerak dengan kelajuan 20 m/s
E. Benda bermassa 25 kg bergerak dengan kelajuan 50 m/s
Jawab : E
Pembahasan soal no. 02
PPI 1983
Peluru dengan massa 10 gram dengan kecepatan 1000m/s mengenai dan menembus sebuah balok dengan massa 100 kg yang diam diatas bidang datar tanpa gesekan. Jika kecepatan peluru setelah menembus balok 100m/s, maka kecepatan balok karena tertembus peluru adalah …
Pembahasan soal no. 03
Sipenmaru 1988 Kode 71
Sebuah balok yang bermassa 1,5 kg terletak diam diatas bidang horizontal. Koefisien gesekan antara balok dengan bidang horizontal  0,2. Peluru yang bermassa 10 gram ditembakkan horizontal mengenai balok tersebut dan diam di dalam balok. Balok bergeser sejauh 1 meter. Jika g = 10 m/s2, kecepatan peluru menumbuk balok adalah …
A. 152 m/s
B. 200 m/s
C. 212 m/s
D. 250 m/s
E. 302 m/s
Jawab : E
Pembahasan soal no. 04
UMPTN 1989 Rayon B
Rumus dimensi momentum adalah …
Pembahasan soal no. 05
UMPTN 1991 Rayon C
Grafik dibawah ini menyatakan hubungan gaya F yang bekerja pada benda bermassa 3 kg terhadap waktu t selama gaya itu bekerja pada benda. Bila benda mula-mula diam, maka kecepatan akhir benda …
Share:

Chapter 02 Impuls Momentum SNMPTN

Pembahasan soal no. 06
UMPTN 1992 Rayon A
Sebuah benda bermassa 2,5 kg digerakkan mendatar di meja licin dari keadaan diam oleh sebuah gaya mendatar F yang berubah terhadap waktu menurut F = 80 + 5t, semua satuan menggunakan satuan dasar SI, pada saat t=2s maka
(1). Kecepatan benda 68 m/s
(2). Percepatan benda 36 m/s2
(3). Momentum benda 170 kgm/s
(4). Energi kinetic benda 5780 J
Pernyataan yang benar adalah
A. 1,2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 saja
E. 1,2,3 dan 4
Jawab : 1,2,3 dan 4(E)
Pembahasan soal no. 07
UMPTN 1992 Rayon A
Sebuah truk bermassa 2000 kg dan melaju dengan kecepatan 36km/jam menabrak sebuah pohon dan berhenti dalam waktu 0,1 detik. Gaya rata-rata pada truk selama berlangsungnya tabrakan adalah …
Pembahasan soal no. 08
UMPTN 1992 Rayon B
Sebuah bola A mempunyai momentum p bertumbukan dengan bola B hingga setelah tumbukan momentum bola A tersebut menjadi 3p, maka perubahan momentum bola B adalah …
Pembahasan soal no. 09
UMPTN 1992 Rayon C
Dua buah benda titik bermassa m1 = 5 kg dan m2 = 6 kg  terletak berdekatan di bidang datar licin. Sistim ini mendapatkan impuls yang kedua benda bergerak masing-masing kelajuan v1 = 1 m/s  dan v2 = 2 m/s dengan arah saling tegak lurus. Besarnya impuls gaya yang bekerja sistim adalah …
Pembahasan soal no. 10
UMPTN 1992 Rayon C
Benda A (5 kg) dan benda B (1 kg) bergerak saling mendekati dengan kecepatan masing-masing 2 m/s dan 12 m/s. Setelah tumbukan kedua benda saling menempel. Kecepatan sesaat setelah kedua benda bertumbukan adalah
A. 0,25 m/s searah dengan gerak benda A semula
B. 0,33 m/s berlawanan arah dengan gerak benda A semula
C. 0,45 m/s searah dengan gerak benda A semula
D. 0,45 m/s berlawanan arah dengan gerak benda A semula
E. 0,55 m/s searah dengan gerak benda A semula
Jawab : B (tumbukan tidak lenting)
Share:

Chapter 03 Impuls Momentum SNMPTN

Pembahasan soal no. 11
UMPTN 1993 Rayon C
Benda A dan B bertumbukan sentral di atas bidang datar horizontal licin. Besar kecepatan A , kecepatan, massa A dan massa B berturut-turut adalah 2 m/s, 2 m/s, 5 kg dan 3 kg. Bila tumbukan itu tiak elastis sama sekali, maka :
1. besar kecepatan setelah tumbukan 0,5 m/s
2. energi kinetic A sebelum tumbukan 10 J
3. energi kinetic B sebelum tumbukan 6 J
4. energi total (A+B) setelah tumbukan 1 J
Pernyataan yang benar adalah
A. 1,2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 saja
E. 1,2,3 dan 4
Jawab : 1,2,3 dan 4(E)
Pembahasan soal no. 12
UMPTN 1994 Rayon A kode 22
Bola A yang bergerak lurus dan mempunyai momentum mv, menumbuk bola B yang bergerak pada garis lurus yang sama. Jika setelah tumbukan bola A mempunyai -3mv, maka pertambahan momentuk B adalah …
Pembahasan soal no. 13
UMPTN 1994 Rayon A kode 22
Sebuah granat yang diam tiba-tiba meledak dan pecah menjadi 2 bagian yang bergerak dalam arah berlawanan. Perbandingan massa kedua bagian itu m1 :  m2 = 1 ; 2. Bila dibebaskan energi sebesar 3x104 joule, maka perbandingan energi kinetic pecahan granat pertama dan kedua adalah …
A. 1 : 1
B. 2 : 1
C. 1 : 3
D. 5 : 1
E. 7 : 5
Jawab : B
Pembahasan soal no. 14
UMPTN 1994 Rayon B kode 25/ UMPTN 1991 Rayon B
Sebuah benda bergerak dengan momentum sebesar p. sekonyong-konyong benda itu pecah menjadi dua bagian yang masing-masing besar momentumnya p1 dan p2 dalam arah saling tegak lurus sehingga …
Pembahasan soal no. 15
UMPTN 1997 Rayon C kode 45
Balok  (1 kg) dan  (2 kg) diikatkan dengan seutas tali hingga sebuah pegas (ringan dan ideal) yang tetapan gayanya 15000 N/m. Pegas mengalami pengurangan panjang 0,1m. Jika benang diputuskan dan pegas kembali kendor, maka dan  bergerak dengan …
Pernyataan yang benar adalah
A. 1,2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 saja
E. 1,2,3 dan 4
Jawab : 1,2 dan 3 (A)
Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM