info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Model dan Contoh RPP B Inggris dan Peminatan Kls XII K13 SMA

RPP memuat salah satunya adalah Kompetensi inti yang melimiki tujuan antara lain : 1)Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya ; 2)Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional” ; 3)Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah ; 4)Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. Berikut di bawah ini merupakan keseluruhan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa inggris dan peminatan kls XII K13.

X-1. Teks Deskriptif, Tempat Wisata dan Bangunan Bersejarah Terkenal [klik]
X-1. Teks Interaksi Interpersonal; Ucapan Selamat dan Memuji Bersayap (Extended) [klik]
X-1. Teks Interaksi Transaksional; Informasi Terkait Jati Diri dan Hubungan Keluarga [klik]
X-1. Teks Interaksi Transaksional; Niat Melakukan Suatu Tindakan Atau Kegiatan [klik]
X-2. Fungsi Sosial, Unsur Kebahasaan dan Makna Lirik Lagu [klik]
X-2. Teks Interaksi Transaksional; KeadaanTindakan Kegiatan Kejadian Di Waktu Lampau [klik]
X-2. Teks Khusus dalam Bentuk Pemberitahuan (Announcement) [klik]
X-2. Teks Naratif; Informasi Terkait Legenda Rakyat [klik]
X-2. Teks Recount; Informasi Terkait Peristiwa Bersejarah [klik]
XI-1. Teks Eksposisi Analitis [klik]
XI-1. Teks Interaksi Transaksional, Informasi Terkait Saran dan Tawaran [klik]
XI-1. Teks Interaksi Transaksional; Informasi Terkait Keadaan Tindakan Kegiatan Kejadian [klik]
XI-1. Teks Interaksi Transaksional; Informasi Terkait Pendapat dan Pikiran [klik]
XI-1. Teks Khusus Dalam Bentuk Undangan Resmi [klik]
XI-2. Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan Lirik Lagu Terkait Kehidupan Remaja [klik]
XI-2. Teks Explanation; Informasi Terkait Gejala Alam atau Sosial [klik]
XI-2. Teks Interaksi Transaksional; Informasi Terkait Hubungan Sebab Akibat [klik]
XI-2. Teks Khusus Dalam Bentuk Surat Pribadi [klik]
XII-1. Menawarkan Jasa [klik]
XII-1. Surat Lamaran Kerja [klik]
XII-1. Teks Caption [klik]
XII-1. Teks News Item [klik]
XII-2. Lagu Terkait Kehidupan Remaja [klik]
XII-2. Manual Penggunaan Teknologi dan Kiat-Kiat (Tips) [klik]
XII-2. Pengandaian Diikuti Oleh Perintah Atau Saran [klik]
XIIp-1. Teks Interaksi Transaksional; benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan atau kejadian [klik]
XIIp-1. Teks Interaksi Transaksional; Hubungan Pertentangan Dan Kebalikan [klik]
XIIp-1. Teks Interaksi Transaksional; Hubungan Sebab Akibat [klik]
XIIp-1. Teks Interaksi Transaksional; Informasi Terkait Keterangan (Circumstance) [klik]
XIIp-1. Teks Interaksi Transaksional; Pengandaian Terjadinya atau Dilakukannya [klik]
XIIp-2. Lirik Lagu Terkait Kehidupan Remaja [klik]
XIIp-2. Teks Interaksi Transaksional; Informasi Terkait Konsesi [klik]
XIIp-2. Teks Pembahasan Ilmiah (Discussion) [klik]
XIIp-2. Teks ulasan (review) [klik]
Selamat membaca, semoga banyak manfaat bagi kita semua
Baca Juga link terkait di bawah ini yaitu : Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran

Share:

Model dan Contoh RPP Sejarah K13 SMA

RPP memuat salah satunya adalah Kompetensi inti yang melimiki tujuan antara lain : 1)Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya ; 2)Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional” ; 3)Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah ; 4)Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. Berikut di bawah ini merupakan keseluruhan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sejarah K13.

X-1 Berpikir Sejarah [klik]
X-1 Historiografi [klik]
X-1 Kehidupan Manusia Praaksara Indonesia [klik]
X-1 Manusia dan Sejarah [klik]
X-1 Manusia Purba Indonesia dan Dunia [klik]
X-1 Penelitian Sejarah [klik]
X-2 Peradaban Awal Indonesia dan Dunia [klik]
X-2 Sejarah Sebagai Ilmu [klik]
X-2 Sumber Sejarah [klik]
XI-1. Faham-Faham Besar Dengan Gerakan Nasionalisme Di Asia-Afrika [klik]
XI-1. Kerajaan Maritim Hindu Dan Buddha [klik]
XI-1. Kerajaan Maritim Islam [klik]
XI-1. Pengaruh Perang Dunia I Dan Perang Dunia II Terhadap Kehidupan Politik Global [klik]
XI-1. Peristiwa-Peristiwa Penting Di Eropa Yang Berpengaruh Pada Bangasa Indonesia [klik]
XI-1. Revolusi-Revolusi Besar Dunia [klik]
XI-2. Akar-Akar Demokasi Di Indonesia Dan Perkembangannya Pada Masa Kini [klik]
XI-2. Akar-Akar Nasionalisme Di Indonesia Dan Pengaruhnya Pada Masa Kini [klik]
XI-2. Kehidupan Bangsa Indonesia pada zaman Pendudukan Jepang [klik]
XI-2. Pendekatan Dan Strategi Pergerakan Nasional [klik]
XI-2. Piagam PBB, Proklamasi 17 Agustus 1945, & perangkat kenegaraan [klik]
XI-2. Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme Dan Kolonialisme [klik]
XII-1. Peran Aktif Bangsa Indonesia Pada Masa Perang Dingin [klik]
XII-1. Perkembangan Iptek Dalam Era Globalisasi [klik]
XII-1. Respon Internasional Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia [klik]
XII-1. Sejarah Organisasi Regional Dan Global [klik]
XII-2. Konflik-konflik di Timur-Tengah, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Timur, Eropa [klik]
XII-2. Peristiwa kontemporer dunia [klik]
Selamat membaca, semoga banyak manfaat bagi kita semua
Baca Juga link terkait di bawah ini yaitu : Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran

Share:

Modul Paket PKB dan PKP Berzonasi Peminatan SMA

Sambutan Direktur Jendral GTK Dr. Supriano, M.Ed 
Saya menyambut baik terbitnya Paket Unit Pembelajaran dalam rangka pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Peningkatan Kompetensi Pembelajaran merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang berfokus pada upaya mencerdaskan peserta didik melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Program berbasis zonasi ini dilakukan mengingat luasnya wilayah Indonesia dan kualitas pendidikan yang belum merata, sehingga peningkatan pendidikan dapat berjalan secara masif, merata, dan tepat sasaran. Paket unit pembelajaran ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar. Sasaran Program PKB melalui PKP berbasis zonasi ini adalah seluruh guru di wilayah NKRI yang tergabung dalam komunitas guru sesuai bidang tugas yang diampu di wilayahnya masing-masing. Komunitas guru dimaksud meliputi kelompok kerja guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK). Semoga Paket Unit Pembelajaran ini dapat digunakan dengan baik sebagaimana mestinya sehingga dapat menginspirasi guru dalam mengembangkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi yang bermuara pada meningkatnya kualitas lulusan peserta didik. Berikut salah satu preview dari Paket 01 Listrik Arus Searah dan Listrik Statis untuk SMA peminatan IPA

Untuk keseluruhan paket modul SMA Peminatan adalah sebagai berikut 
PKB dan PKP Peminatan IPA
Bahasa Indonesia
Paket 01 Teks Biografi [klik]
Paket 01 Teks Novel [klik]
Paket 02 Teks Cerita Sejarah [klik]
Paket 02 Teks Editorial [klik]
Paket 02 Teks Puisi dan Prosedur [klik]
Paket 03 Teks Karya Ilmiah dan Teks Ceramah [klik]
Paket 04 Teks Cerpen, Resensi, dan Kritik Sastra dan Esai [klik]
Paket 05 Teks Novel dan Teks Cerita Sejarah [klik]
Paket 06 Editorial dan Biografi [klik]
Bahasa Inggris
Paket 01 Teks Naratif (Legends) [klik]
Paket 02 Teks Eksposisi (Analytical) [klik]
Paket 03 Teks Recount [klik]
Paket 05 Teks News Item [klik]
Paket 06 Teks Deskriptif [klik]
Paket 07 Teks Eksplanasi [klik]
Paket 08 Teks Prosedur [klik]
Paket 09 Grammar In Use [klik]
Paket 10 Teks Khusus [klik]
Biologi
paket 01 Keanekaragan Hayati dan Ekosistem [klik]
paket 02 Bakteri dan Jamur [klik]
Paket 03 Sistem dan Fungsi Jaringan [klik]
Paket 04 Sistem Organ Pada Manusia [klik]
Paket 05 Sel [klik]
Paket 06 Genetika [klik]
Paket 07 Bioteknologi [klik]
Kimia
Paket 01 Hukum Dasar Kimia, Stoikiometri [klik]
Paket 01 Sifat Keperiodikan Unsur [klik]
Paket 02 Bentuk Molekul [klik]
Paket 04 Termokimia [klik]
Paket 05 Kesetimbangan Ion dan Titrasi [klik]
Paket 06 Sifat Koligatif Larutan [klik]
Paket 07 Penyetaraan Redoks dan Elektrokimia [klik]
Paket 08 Kimia Karbon [klik]
Paket 09 Makromolekul [klik]
Fisika
Paket 01 Listrik Arus Searah dan Listrik Statis [klik]
Paket 02 Medan Magnet dan Induksi Elektromagnetik [klik]
Paket 03 Fluida [klik]
Paket 04 Kalor dan Teori Kinetik Gas [klik]
Paket 05 Pengukuran dan vector [klik]
Paket 06 Kinematika [klik]
Paket 07 Kesetimbangan Benda tegar dan Elastisitas [klik]
Paket 08 Getaran dan Gelombang [klik]
Paket 09 Bunyi, Cahaya dan Alat Optik [klik]
Paket 10 Usaha, Energi dan Momentum [klik]
Matematika
Paket 01 Aljabar 1 [klik]
Paket 02 Ajabar 2 [klik]
Paket 03 Aljabar 3 [klik]
Paket 04 Kalkulus [klik]
Paket 05 Trigonometri [klik]
Paket 06 Geometri dan Lingkaran [klik]
Paket 07 Statistika dan Peluang [klik]
PKB dan PKP Peminatan IPS
Ekonomi
Paket 01 Permasalahan dan Kegiatan Ekonomi [klik]
Paket 02 Mekanisme Pasar [klik]
Paket 03 Pemb Ekonomi dan Pendapatan Nasional [klik]
Paket 04 Uang, Bank dan Kebijakan Moneter [klik]
paket 05 APBN, APBD dan Indeks Harga [klik]
Paket 06 Ekonomi Internasional [klik]
Paket 07 Manajemen Dan Koperasi [klik]
Paket 08 Akuntansi Perusahaan Jasa [klik]
Paket 09 Laporan Keuangan Jasa [klik]
paket 10 Laporan Keuangan Jasa [klik]
Paket 11 Laporan Keuangan Perusahaan Dagang [klik]
Geografi
Paket 01 Hakekat Geografi [klik]
Paket 02 Informasi Geografi [klik]
Paket 03 Dinamika Planet Bumi [klik]
Paket 04 Fenomena Geosfer [klik]
Paket 05 Kependudukan [klik]
Paket 06 Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup [klik]
Paket 07 Kewilayahan [klik]
Sosiologi
Paket 01 Konsep dan Objek Kajian Sosiologi [klik]
Paket 02 Sosiologi [klik]
Paket 04 Penelitian Sosial [klik]
PKB dan PKP Peminatan Bahasa
Antropologi
Paket 01 Konsep Dasar Kajian Antropologi [klik]
Paket 02 Kajian Budaya [klik]
Paket 03 Bahasa Dialek dan Tradisi Lisan [klik]
Paket 04 Iptek dan Globalisasi [klik]
Paket 05 Penelitian Kualitatif dan Etnografi [klik]
Bahasa dan Sastra Indonesia
Paket 01 Teks Cerpen dan Puisi gabung [klik]
Paket 03 Teks Drama [klik]
Bahasa dan Satra Inggris
Paket 02 Teks Biographical Recount [klik]
Paket 03 Teks Report [klik]
Paket 04 Teks Discussion [klik]
Paket 05 Teks Review [klik]
Paket 06 Teks Khusus [klik]
Paket 07 Grammar in Use [klik]
Bahasa Jerman
Paket 02 Schule (Sekolah) [klik]
Paket 03 Familie (keluarga) [klik]
Paket 04 Alltagsleben (kehidupan sehari-hari) [klik]
Paket 05 Freizeit (Waktu Senggang) [klik]
Paket 06 Reisen [klik]
Selamat membaca, semoaga banyak manfaat bagi kita semua

Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM