info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Bahan Ajar dan Perangkat Pembelajaran K13 2018

Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

Berikut Keseluruhan Perangkat Pembelajaran Antropologi :
Perangkat KBM SD-SMP-SMA-SMK
Perangkat Pembelajaran SD K13 2018
Perangkat Pembelajaran SMP K13 2018
Perangkat Pembelajaran SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran SMK K13 2018
KI dan KD Bidang keahlian SMK K13 2018
Perangkat Pembelajaran PAI SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran PKn SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran B. Indonesia SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran B. Inggris SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran MTK Peminatan SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran Matematika SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran Fisika SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran Biologi SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran Kimia SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran Geografi SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran Ekonomi SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran Sejarah Peminatan SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran Sejarah SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran Sosiologi SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran Seni Budaya SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran PKWU SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran PKOK SMA K13 2018
Perangkat Pembelajaran Antropologi SMA K13 2018
Bahan Ajar Interaktif dan Media Presentasi
Bahan Ajar Interaktif SMA, SMP dan SD
Media Presentasi Pembelajaran SMA-SMK-SMP
Media Presentasi Pembelajaran Fisika SMA
Media Presentasi Pembelajaran B. Inggris SMA
Media Presentasi Pembelajaran Biologi SMA
Media Presentasi Pembelajaran Kimia SMA
Media Presentasi Pembelajaran Matematika SMA
Media Presentasi Pembelajaran PKn SMA
Media Presentasi Pembelajaran Sejarah SMA
Media Presentasi Pembelajaran Sosiologi SMA
Media Presentasi Pembelajaran Ekonomi SMA
Media Presentasi Pembelajaran Geografi SMA
Media Presentasi Pembelajaran IPA SMP
Media Presentasi Pembelajaran Fisika SMK
Media Presentasi Pembelajaran Fisika Kuliah
Video Pembelajaran
Video Pembelajaran SD-SMP-SMA-SMK
Video Pembelajaran SD
Video Pembelajaran SMP
Video Pembelajaran SMA
Video Pembelajaran SMK

Selamat Membaca dan semoga bermanfaat
Baca Juga link terkait di bawah ini yaitu : Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran

Share:

Pembahasan Soal Olimpiade Fisika SMA dari OSN-APHO-IPHO

Fisika tanpa mengerti konsep secara mendalam itu sama saja bohong. Konsep bisa dipelajari dan dilatih (drilling) setiap harinya dengan soal-soal yang menantang. Saya rasa di internet sudah banyak sekali bank soal yang bisa kawan-kawan peroleh seperti I.E. Irodov (buku klasik yang wajib) dan soal-soal dari kompetisi fisika universitas internasional manapun. Ada pernyataan yang menurut saya bisa salah kaprah kalau dihayati dengan serius. Sering kita dengar “mengerjakan fisika tanpa kalkulus”. Memang betul bahwa soal-soal yang awal-awal tentang fisika bisa dicari cara kreatifnya tanpa melibatkan kalkulus. Namun, suka atau tidak, kedepannya matematika menjadi alat utama dalam mengerti rumus fisika. Betul sekali bahwa setiap rumus lebih baik diturunkan dari konsep dasar ketimbang dihapal. Namun, kita tetap harus jangan merasa tabu untuk menghapal. Problem fisika itu cuma segitu-segitu aja variasinya. Dengan menghapal beberapa hal umum, kita bisa mempersingkat proses kerja kita. Namun, sekali lagi, jangan kita malas menurunkan sendiri hal yang kita sudah hapal. Hapalan ini tidak akan berguna jika kita menemukan soal yang baru dan disinilah pengetahuan dasar kita diuji. Begitu kita menjawab persoalan yang hampir sama ternyata konsepnya menjadi dua kasus yang menjadi kemungkinan penyelesaiannya.

Berikut keseluruhan pembahasan soal dari OSN s/d IPHO beserta pembahasan :
TINGKAT KABUPATEN
TINGKAT PROPINSI
TINGKAT NASIONAL
OSN Fisika Tingkat kabupaten
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2003
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2004
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2005
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2006
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2007
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2008
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2009
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2010
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2011
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2012
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2013
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2014
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 01-10
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 11-20
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 21-30
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 31-40
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 41-50
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 51-60
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 61-70
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 71-80
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 81-90
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 91-100
OSN Fisika Tingkat Propinsi
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2002
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2003
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2004
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2005
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2006
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2007
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2008
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2009
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2010
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2011
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2012
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2013
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2014
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 01-10
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 11-20
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 21-30
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 31-40
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 41-50
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 51-60
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 61-70
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 71-80
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 81-90
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 91-100
OSN Fisika Tingkat Nasional
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2004
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2005
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2006
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2007
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2008
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2009
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2010
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2011
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2012
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2013
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2014
Pembahasan OSN Fisika Nasional 01-10
Pembahasan OSN Fisika Nasional 11-20
Pembahasan OSN Fisika Nasional 21-30
Pembahasan OSN Fisika Nasional 31-40
Pembahasan OSN Fisika Nasional 41-50
Pembahasan OSN Fisika Nasional 51-60
Pembahasan OSN Fisika Nasional 61-70
Pembahasan OSN Fisika Nasional 71-80
Pembahasan OSN Fisika Nasional 81-90
Pembahasan OSN Fisika Nasional 91-100
OSN Astronomi dan Kimia
Soal dan Pembahasan OSN Astronomi
Soal dan Pembahasan OSN Kimia
Materi dan Pembahasan OSN Fisika dan Astronomi
Materi OSN Astronomi
Kumpulan Buku Fisika dan Astronomi
Pembahasan OSN Fisika Plus
Kumpulan Chapter Pembahasan OSN Fisika
Pembahasan APHO dan IPHO
Pembahasan APHO dan IPHO
Pembahasan IPHO 1967-2011
Pembahasan IPHO 1967-1970
Pembahasan IPHO 1971-1972-1974
Pembahasan IPHO 1975-1976-1977
Pembahasan IPHO 1979-1982
Pembahasan IPHO 1983
Pembahasan IPHO 1987-1995
Pembahasan IPHO 1999
Pembahasan IPHO 2001
Pembahasan IPHO 2002
Pembahasan IPHO 2003
Pembahasan IPHO 2004
Pembahasan IPHO 2005
Pembahasan IPHO 2006
Pembahasan IPHO 2007
Pembahasan IPHO 2008
Pembahasan IPHO 2009
Pembahasan IPHO 2008-2009
Pembahasan IPHO 2011

Selamat membaca dan sukses selalu untuk para pembaca yang budiman…
Berikut keseluruhan link terkait :

Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM