info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Pembahasan Soal Olimpiade Fisika SMA dari OSN-APHO-IPHO

Fisika tanpa mengerti konsep secara mendalam itu sama saja bohong. Konsep bisa dipelajari dan dilatih (drilling) setiap harinya dengan soal-soal yang menantang. Saya rasa di internet sudah banyak sekali bank soal yang bisa kawan-kawan peroleh seperti I.E. Irodov (buku klasik yang wajib) dan soal-soal dari kompetisi fisika universitas internasional manapun. Ada pernyataan yang menurut saya bisa salah kaprah kalau dihayati dengan serius. Sering kita dengar “mengerjakan fisika tanpa kalkulus”. Memang betul bahwa soal-soal yang awal-awal tentang fisika bisa dicari cara kreatifnya tanpa melibatkan kalkulus. Namun, suka atau tidak, kedepannya matematika menjadi alat utama dalam mengerti rumus fisika. Betul sekali bahwa setiap rumus lebih baik diturunkan dari konsep dasar ketimbang dihapal. Namun, kita tetap harus jangan merasa tabu untuk menghapal. Problem fisika itu cuma segitu-segitu aja variasinya. Dengan menghapal beberapa hal umum, kita bisa mempersingkat proses kerja kita. Namun, sekali lagi, jangan kita malas menurunkan sendiri hal yang kita sudah hapal. Hapalan ini tidak akan berguna jika kita menemukan soal yang baru dan disinilah pengetahuan dasar kita diuji. Begitu kita menjawab persoalan yang hampir sama ternyata konsepnya menjadi dua kasus yang menjadi kemungkinan penyelesaiannya.

Berikut keseluruhan pembahasan soal dari OSN s/d IPHO beserta pembahasan :
TINGKAT KABUPATEN
TINGKAT PROPINSI
TINGKAT NASIONAL
OSN Fisika Tingkat kabupaten
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2003
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2004
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2005
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2006
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2007
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2008
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2009
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2010
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2011
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2012
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2013
Pembahasan OSN Fisika Kabupaten 2014
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 01-10
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 11-20
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 21-30
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 31-40
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 41-50
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 51-60
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 61-70
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 71-80
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 81-90
Bedah Soal OSN Fisika Kabupaten 91-100
OSN Fisika Tingkat Propinsi
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2002
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2003
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2004
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2005
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2006
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2007
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2008
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2009
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2010
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2011
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2012
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2013
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 2014
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 01-10
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 11-20
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 21-30
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 31-40
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 41-50
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 51-60
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 61-70
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 71-80
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 81-90
Pembahasan OSN Fisika Propinsi 91-100
OSN Fisika Tingkat Nasional
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2004
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2005
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2006
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2007
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2008
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2009
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2010
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2011
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2012
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2013
Pembahasan OSN Fisika Nasional 2014
Pembahasan OSN Fisika Nasional 01-10
Pembahasan OSN Fisika Nasional 11-20
Pembahasan OSN Fisika Nasional 21-30
Pembahasan OSN Fisika Nasional 31-40
Pembahasan OSN Fisika Nasional 41-50
Pembahasan OSN Fisika Nasional 51-60
Pembahasan OSN Fisika Nasional 61-70
Pembahasan OSN Fisika Nasional 71-80
Pembahasan OSN Fisika Nasional 81-90
Pembahasan OSN Fisika Nasional 91-100
OSN Astronomi dan Kimia
Soal dan Pembahasan OSN Astronomi
Soal dan Pembahasan OSN Kimia
Materi dan Pembahasan OSN Fisika dan Astronomi
Materi OSN Astronomi
Kumpulan Buku Fisika dan Astronomi
Pembahasan OSN Fisika Plus
Kumpulan Chapter Pembahasan OSN Fisika
Pembahasan APHO dan IPHO
Pembahasan APHO dan IPHO
Pembahasan IPHO 1967-2011
Pembahasan IPHO 1967-1970
Pembahasan IPHO 1971-1972-1974
Pembahasan IPHO 1975-1976-1977
Pembahasan IPHO 1979-1982
Pembahasan IPHO 1983
Pembahasan IPHO 1987-1995
Pembahasan IPHO 1999
Pembahasan IPHO 2001
Pembahasan IPHO 2002
Pembahasan IPHO 2003
Pembahasan IPHO 2004
Pembahasan IPHO 2005
Pembahasan IPHO 2006
Pembahasan IPHO 2007
Pembahasan IPHO 2008
Pembahasan IPHO 2009
Pembahasan IPHO 2008-2009
Pembahasan IPHO 2011

Selamat membaca dan sukses selalu untuk para pembaca yang budiman…
Berikut keseluruhan link terkait :

Share:

Materi Kelompok Suplemen K13 Pada Kepala Sekolah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dapat melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling lama sampai dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memberi kesempatan kepada sekolah untuk melakukan persiapan implementasi Kurikulum 2013. Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk memfasilitasi persiapan implementasi Kurikulum 2013 dari segi manajerial dan supervisi. Modul ini disusun dengan mengembangkan kecakapan abad 21 dengan mengintegrasikan nilainilai karakter, 4C, dan literasi. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Pencapaian kompetensi peserta didik diukur melalui penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian belajar peserta didik. Penilaian tersebut dapat dilakukan oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah. Berikut keseluruhan materi dan silahkan untuk mendownloadnya :
Suplemen SD
Dinamika Perkembangan K13 [klik]
Hand out Penyusunan RPP [klik]
Model Silabus Matpel Matematika [klik]
Model Silabus Matpel PJOK [klik]
Model Silabus Tematik [klik]
Panduan Penilaian [klik]
Suplemen SMP
Format Pendukung Supervisi Penilaian [klik]
Modul Penilaian Bahasa Indonesia [klik]
Modul Penilaian Bahasa Inggris [klik]
Modul Penilaian IPA [klik]
Modul Penilaian Matematika [klik]
Panduan Pembelajaran SMP [klik]
Panduan Penilaian [klik]
Suplemen SMA
Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD SMA lampiran [klik]
Contoh Silabus Integrasi Mulok ke dalam Mata Pelajaran [klik]
Model Pengembangan RPP [klik]
Modul Penyusunan Soal HOTS [klik]
Naskah Analisis Keterkaiatn SKL-KI-KD SMA [klik]
Naskah Model-Model Pembelajaran [klik]
Panduan Penilaian [klik]
Pembelajaran Aktif [klik]
SKU Penegak [klik]
Taxonomi Anderson (2001) [klik]
Suplemen SMK
Analisis Butir Soal [klik]
Contoh Silabus SMK [klik]
Draft Permendikbud Str Kur SMK lamp 2017 [klik]
Intruksi Presiden 9-2016 ttg Revitalisasi SMK [klik]
Model Perangkat Pembelajaran dan Penilaian [klik]
Panduan Pelaksanaan UKK 2018 [klik]
Panduan Penilaian Hsl Belajar SMK [klik]
Pedoman Penyusunan KTSP [klik]
Pedoman PKL [klik]
Permendiknas terkait pada Diklat K13 Pada Kepala Sekolah
Peraturan Pemerintah No.19-2017 Guru-Kepala Sekolah [klik]
Peraturan Presiden No. 8-2012 Lampiran KKNI [klik]
Peraturan Presiden No. 87-2017 PPK [klik]
Permendikbud No. 3-2017 PHB Pemerintah-SP [klik]
Permendikbud No. 13 Th 2007 Standar KS Menengah Lampiran [klik]
Permendikbud No. 13 Th 2007 Standar KS Menengah [klik]
Permendikbud No. 20-2016 SKL Dikdasmen lampiran [klik]
Permendikbud No. 20-2016 SKL Dikdasmen [klik]
Permendikbud No. 21-2016 SI Dikdasmen lampiran [klik]
Permendikbud No. 21-2016 ttg SI Dikdasmen [klik]
Permendikbud No. 22-2016 Std Proses Dikdasmen lampiran [klik]
Permendikbud No. 22-2016 ttg Std Proses Dikdasmen [klik]
Permendikbud No. 23-2016 Std Penilaian lampiran [klik]
Permendikbud No. 24-2008 Standar Tenaga Administrasi [klik]
Permendikbud No. 65-2013 Lampiran [klik]
Permendikbud No. 103-2014 Pembelajaran Dikdasmen lampiran [klik]
Permendikbud No. 103-2014 Pembelajaran Dikdasmen [klik]
Permendikbud No.20-2016 SKL Dikdasmen Lampiran [klik]
Permendikbud No.20-2016 SKL [klik]
Permendikbud No.21-2016 Standar Isi Dikdasmen Lampiran [klik]
Permendikbud No.21-2016 Standar Isi Dikdasmen [klik]
Permendikbud No.22-2016 Standar Proses Dikdasmen Lampiran [klik]
Permendikbud No.22-2016 Standar Proses Dikdasmen [klik]
Permendikbud No.23-2016 Standar Penilaian [klik]
Permendikbud No.24-2016 KI KD K13 [klik]
Permendikbud No.25-2016 Komponen Dalam Perhitungan [klik]
Permendikbud No.53-2015 Penilaian HB Dikdasmen [klik]
Permendikbud No.58-2014 K2013 SMP [klik]
Permendikbud No.63-2014 Lampiran I [klik]
Permendikbud No.63-2014 Lampiran II [klik]
Permendikbud No.65-2013 Standar Proses Dikdasmen [klik]
Permendikbud No.103-2014 Pembelajaran Dikdasmen lampiran [klik]
Permendikbud No.103-2014 Pembelajaran pada Dikdasmen [klik]
Permendikbud No.111-2014 Bimbingan dan Konseling [klik]
Permendiknas No.13-2007 Standar Kepala Sekolah lampiran [klik]
Permendiknas No.13-2007 Standard Kepala Sekolah [klik]
Permendiknas No.19-2007 Standar Pengelolaan lampiran [klik]
SK Dirjen 130-2017 Struktur Kurikulum SMK lampiran [klik]
SK Dirjen 130-2017 Struktur Kurikulum SMK [klik]
SK Dirjen 4678-2016 Spektrum Keahlian PMK [klik]
SK Dirjen No.130-2017 Struktur Kurikulum SMK lampiran [klik]
SK Dirjen No.130-2017 Struktur Kurikulum SMK [klik]
Suplemen PPK dan Inklusi [klik]
Undang-Undang Sisdiknas 20-2003 [klik]
Materi terkait dengan suplemen di atas : [SMA-MA] ; [SMA-MA] ; [SMK]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

Manajemen Implementasi K13 2018 Pada Kepala Sekolah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dapat melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling lama sampai dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memberi kesempatan kepada sekolah untuk melakukan persiapan implementasi Kurikulum 2013. Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk memfasilitasi persiapan implementasi Kurikulum 2013 dari segi manajerial dan supervisi. Modul ini disusun dengan mengembangkan kecakapan abad 21 dengan mengintegrasikan nilainilai karakter, 4C, dan literasi. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Pencapaian kompetensi peserta didik diukur melalui penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian belajar peserta didik. Penilaian tersebut dapat dilakukan oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah. Berikut keseluruhan materi dan silahkan untuk mendownloadnya :
K13 Buku Kerja 1-5 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Buku Kerja 2-5 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Logistik 1-6 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Logistik 2-6: [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Modul 1-1 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Modul 2-1: [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Modul PPT 1-3: [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Modul PPT 2-3: [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Silabus 1-7: [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Silabus 2-7: [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
Materi Umum K13 Kepala Sekolah
Bahan sosialisasi Rapor Karakter ; Infografis GLS 2017
Integrasi PPK dan Literasi dalam Modul K13 ; Modul Agama Buddha
Modul Agama Hindu ; Modul Agama Islam ; Modul Agama Katolik
Modul Agama Kristen ; Modul Bahasa Indonesia ; Modul Bahasa Inggris
Modul Final PPK ; Modul IPA ; Modul IPS ; Modul Literasi
Modul Matematika ; Modul Penyusunan Soal USBN
Modul PJOK ; Modul PKN ; Modul Prakarya ; Modul Seni Budaya
Pengantar POS USBN Tahun 2018 ; Penyusunan soal USBN SD 2018
Peran Guru Dalam Pendidikan Indonesia
Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan USBN 2018
Puspendik HOTs
Rapor Karakter SDLB: [SDLB] ; [SMPLB] ; [SMALB]
Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM