info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Kumpulan Silabus K13 SMA-SMP-SD

Kurikulum 2013 mengalami beberapa perkembangan dan perbaikan sejak digulirkannya pada tahun 2013. Perbaikan kurikulum tersebut berlandaskan pada landasan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidian dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Pelaksanaan perbaikannya juga atas dasar masukan dari berbagai lapisan publik (masyarakat sipil, asosiasi profesi, perguruan tinggi, dunia persekolahan) terhadap ide, dokumen, dan implementasi kurikulum yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi dari berbagai media. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi serta masukan publik tersebut, terdapat beberapa masukan umum, antara lain adanya pemahaman yang kurang tepat oleh masyarakat yang diakibatkan oleh format penyajian dan nomenklatur dalam Kurikulum 2013: (1) Kompetensi Dasar (KD) pada Kompetensi Inti 1 (KI-1) dan KD pada KI-2 yang dianggap kurang logis dikaitkan dengan karakteristik mata pelaajaran; (2) terindikasi adanya inkonsistensi antara KD dalam silabus dan buku teks (baik lingkup materi maupun urutannya); (3) belum ada pernyataan eksplisit dalam dokumen kurikulum tentang perlunya peserta didik lebih melek teknologi; (4) format penilaian dianggap terlalu rumit dan perlu penyederhanaan; (5) penegasan kembali pengertian pembelajaran saintifik yang bukan satu-satunya pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas; (6) penyelerasan dan perbaikan teknis buku teks pelajaran agar mudah dipelajari oleh peserta didik.

Berikut keseluruhan silabus dan silahkan untuk mendownloadnya :
SMA
Silabus Agama Buddha SMA [klik]
Silabus Agama Hindu SMA [klik]
Silabus Agama Islam SMA [klik]
Silabus Agama Katolik SMA [klik]
Silabus Agama Khonghucu SMA [klik]
Silabus Agama Kristen SMA [klik]
Silabus Antropologi minat SMA [klik]
Silabus Bahasa Asing Lain minat SMA [klik]
Silabus Bahasa Indonesia minat SMA [klik]
Silabus Bahasa Indonesia SMA [klik]
Silabus Bahasa Inggris minat SMA [klik]
Silabus Bahasa Inggris SMA [klik]
Silabus Biologi minat SMA [klik]
Silabus Ekonomi minat SMA [klik]
Silabus Fisika minat SMA [klik]
Silabus Geografi minat SMA [klik]
Silabus Kimia minat SMA [klik]
Silabus Matematika minat SMA [klik]
Silabus Matematika SMA [klik]
Silabus PJOK SMA [klik]
Silabus PKWU-Budidaya SMA [klik]
Silabus PKWU-Kerajinan SMA [klik]
Silabus PKWU-Pengolahan SMA [klik]
Silabus PKWU-Rekayasa SMA [klik]
Silabus PPKN SMA [klik]
Silabus Sejarah minat SMA [klik]
Silabus Seni Budaya SMA [klik]
Silabus Sosiologi minat SMA [klik]
SMP
Silabus Agama Buddha SMP [klik]
Silabus Agama Hindu SMP [klik]
Silabus Agama Islam SMP [klik]
Silabus Agama Katolik SMP [klik]
Silabus Agama Khonghucu SMP [klik]
Silabus Agama Kristen SMP [klik]
Silabus Bahasa Indonesia SMP [klik]
Silabus Bahasa Inggris SMP [klik]
Silabus IPA SMP [klik]
Silabus IPS SMP [klik]
Silabus Matematika SMP [klik]
Silabus PJOK SMP [klik]
Silabus PPKn SMP [klik]
Silabus Prakarya SMP [klik]
Silabus Seni Budaya SMP [klik]
SILABUS TEMATIK TERPADU
Silabus Agama Buddha SD [klik] 
Silabus Agama Hindu SD [klik]
Silabus Agama Islam SD [klik]
Silabus Agama Katolik SD [klik]
Silabus Agama Khonghucu SD [klik]
Silabus Agama Kristen SD [klik]
Silabus Tematik Terpadu Kls 1 Tema : [1] ; [2] ; [3] ; [4]
Silabus Tematik Terpadu Kls 1 Tema : [5] ; [6] ; [7] ; [8]
Silabus Tematik Terpadu Kls 2 Tema : [1] ; [2] ; [3] ; [4]
Silabus Tematik Terpadu Kls 2 Tema : [5] ; [6] ; [7] ; [8]
Silabus Tematik Terpadu Kls 4 Tema : [1] ; [2] ; [3] ; [4] ; [5]
Silabus Tematik Terpadu Kls 4 Tema : [6] ; [7] ; [8] ; [9] 
Silabus Tematik Terpadu Kls 5 Tema : [1] ; [2] ; [3] ; [4] ; [5]
Silabus Tematik Terpadu Kls 5 Tema : [6] ; [7] ; [8] ; [9]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…
Baca Juga link terkait di bawah ini yaitu : Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran


Share:

Materi Diklat K13 2018 Pada Pengawas

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses disebutkan bahwa Standar Proses merupakan kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Pembelajaran yang baik apabila penerapannya dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. Untuk itu setiap satuan pendidikan perlu melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran dengan strategi yang benar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan. Selanjutnya, pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila guru merencanakannya dengan baik. Perencanaan pembelajaran ini dikenal dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP. Apabila guru menyusun RPP lengkap dan sistematis, maka pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana diharapkan pada Standar Proses. Oleh karena itu, setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis.

Berikut keseluruhan permendiknas 2016 dan silakhan diunduh :
Modul Pelatihan Antropologi [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Arab [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Indonesia [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Inggris [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Jepang [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Jerman [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Korea [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Mandarin [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Perancis [klik]
Modul Pelatihan Bahasa Indonesia [klik]
Modul Pelatihan Bahasa Inggris [klik]
Modul Pelatihan Biologi [klik]
Modul Pelatihan Ekonomi [klik]
Modul Pelatihan Fisika [klik]
Modul Pelatihan Geografi [klik]
Modul Pelatihan Kimia [klik]
Modul Pelatihan Matematika (Peminatan) [klik]
Modul Pelatihan Matematika (Umum) [klik]
Modul Pelatihan PA Budha dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Hindu dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Islam dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Katolik dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Khonghuch dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Kristen dan BP [klik]
Modul Pelatihan Pendidikan Jasmana, Olahraga dan Kesehatan [klik]
Modul Pelatihan Pendidikan Kewirausahaan [klik]
Modul Pelatihan PPKn [klik]
Modul Pelatihan Sejarah Indonesia [klik]
Modul Pelatihan Sejarah [klik]
Modul Pelatihan Seni Budaya [klik]
Modul Pelatihan Sosiologi [klik]
Dinamika Perkembangan Kurikulum [klik]
Literasi dalam Pembelajaran [klik]
Modul USBN 24 Jan 2018 [klik]
Pelatihan dan Pendampingan K-13 SMA 2018 [klik]
PPK untuk Pelatihan Kurikulum 2013 [klik]
Strategi Literasi dalam Pembelajaran [klik]
Lampiran I Permen Nomor 63 th 2014 [klik]
Lampiran II Permen Nomor 63 th 2014 [klik]
Model Pengembangan RPP [klik]
Model-Model Pembelajaran [klik]
Modul Penyusunan Soal HOTS Tahun 2017 [klik]
Panduan Penilaian Tahun 2017 [klik]
Pembelajaran Aktif [klik]
Prinsip-Prinsip Pembelajaran [klik]
SKU Pramuka Penegak [klik]
Lampiran. Analisis Keterkaitan SKL_KI_KD_IPK [klik]
Naskah Analisis Keterkaiatn SKL_KI_KD_IPK [klik]
Taxonomi Anderson (2001) [klik]
Konsep dan Pedoman PPK  [klik]
Modul PPK Cetak  [klik]
Panduan Penilaian PPK [klik]
PPK bagi Kepala Sekolah[klik]
PPK bagi Komite Sekolah[klik]
PPK bagi Pengawas[klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

Kumpulan Permendiknas 2016 Terkait K13

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat(3) mengamanatkan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang. Atas dasar amanat tersebut telah diterbitkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sesuai dengan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sedangkan Pasal 3 menegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Berikut keseluruhan permendiknas 2016 dan silakhan diunduh :
Permen No.[20,21,22,23,24,57,58,59,61,62,63]-2016
Permen No.20-2016 SKL
Permen No.20-2016 SKL Lampiran
Permen No.21-2016 Standar Isi Lampiran
Permen No.21-2016 Standar Isi
Permen No.22-2016 Standar Proses Lampiran
Permen No.22-2016 Standar Proses
Permen No.23-2016 Standar Penilaian
Permen No.24-2016 KIKD K13 Dikdasmen
Permen No.24-2016 L1 B Indonesia SD-MI
Permen No.24-2016 L2 B. Indonesia SMP-MTs
Permen No.24-2016 L3 B. Indonesia SMA-SMK
Permen No.24-2016 L4 B. Indonesia SMA-SMK Peminatan
Permen No.24-2016 L5 IPA SD-MI
Permen No.24-2016 L6 IPA SMP-MTs
Permen No.24-2016 L7 Biologi SMA-MA
Permen No.24-2016 L8 Fisika SMA-MA
Permen No.24-2016 L9 Kimia SMA-MA
Permen No.24-2016 L10 IPS SD-MI
Permen No.24-2016 L11 IPS SMP-MTs
Permen No.24-2016 L12 Ekonomi SMA-MA
Permen No.24-2016 L13 Sosiologi SMA-MA
Permen No.24-2016 L14 Matematika SD-MI
Permen No.24-2016 L15 Matematika SMP-MTs
Permen No.24-2016 L16 Matematika SMA-MA
Permen No.24-2016 L17 Matematika SMA-MA Peminatan
Permen No.24-2016 L19 PPKn SMP-MTs
Permen No.24-2016 L20 PPKn SM-SMK
Permen No.24-2016 L21 Penjaskes SD-MI
Permen No.24-2016 L22 Penjaskes SMP-MTs
Permen No.24-2016 L23 Penjaskes SMA-SMK
Permen No.24-2016 L24 PAI-BP SD-MI
Permen No.24-2016 L25 Kristen-BP SD
Permen No.24-2016 L26 Katolik-BP SD
Permen No.24-2016 L27 Hindu-BP SD
Permen No.24-2016 L28 Buddha-BP SD
Permen No.24-2016 L29 Khonghucu-BP SD
Permen No.24-2016 L30 Seni Budaya dan Prakarya SD-MI
Permen No.24-2016 L31 PAI-BP SMP-MTs
Permen No.24-2016 L32 Kristen-BP SMP
Permen No.24-2016 L33 Katolik-BP SMP
Permen No.24-2016 L34 Hindu-BP SMP
Permen No.24-2016 L35 Buddha-BP SMP [klik]
Permen No.24-2016 L36 Khonghucu-BP SMP
Permen No.24-2016 L37 B Inggris SMP-MTs
Permen No.24-2016 L38 Seni Budaya SMP-MYs
Permen No.24-2016 L39 Prakarya SMP-MTs
Permen No.24-2016 L40 PAI-BP SMA-SMK
Permen No.24-2016 L41 Kristen-BP SMA-SMK
Permen No.24-2016 L42 Katolik-BP SMA-SMK
Permen No.24-2016 L43 Hindu-BP SMA-SMK
Permen No.24-2016 L44 Buddha-BP SMA-SMK
Permen No.24-2016 L45 Khonghucu-BP SMA-SMK
Permen No.24-2016 L46 Sejarah SMA-SMK
Permen No.24-2016 L47 B Inggris SMA-SMK
Permen No.24-2016 L48 Seni Budaya SMA-MA
Permen No.24-2016 L49 PKWU SMA-MA
Permen No.24-2016 L50 Geografi SMA-MA
Permen No.24-2016 L51 Sejarah SMA-MA
Permen No.24-2016 L52 B Inggris SMA-MA Peminatan
Permen No.24-2016 L53 Bahasa dan Satra Arab SMA-MA
Permen No.24-2016 L54 Bahasa dan Sastra Mandarin SMA-MA
Permen No.24-2016 L55 Bahasa dab Sastra Jepang SMA-MA
Permen No.24-2016 L56 Bahasa dan Satra Korea SMA-MA
Permen No.24-2016 L57 Bahasa dan sastra Jerman SMA-MA
Permen No.24-2016 L58 Bahasa dan Sastra Prancis SMA-MA
Permen No.24-2016 L59 Antropologi SMA-MA
Permen No.57-2014 K13 SD-MI : [L1a] ; [L1b] 
Permen No.57-2014 K13 SD-MI
Permen No.58-2014 K13 SMP-MTs
Permen No.58-2014 KUR SMP-MTs : [La] ; [Lb]
Permen No.59-2014 K13 SMA : [L-1a] ; [L-1b] ; [L-1c] 
PMP Biologi minat SMA
PMP Ekonomi minat SMA
PMP Fisika minat SMA
PMP Geografi Minat SMA
PMP IPA SMP
PMP IPS SMP
PMP Kimia minat SMA
PMP Matematika minat SMA
PMP Matematika SMA
PMP Matematika SMP
PMP Pend. Agama Buddha dan BP SD
PMP Pend. Agama Buddha dan BP SMA
PMP Pend. Agama Buddha dan BP SMP
PMP Pend. Agama Hindu dan BP SD
PMP Pend. Agama Hindu dan BP SMA
PMP Pend. Agama Hindu dan BP SMP
PMP Pend. Agama Islam dan BP SD
PMP Pend. Agama Islam dan BP SMA
PMP Pend. Agama Islam dan BP SMP
PMP Pend. Agama Katolik dan BP SD
PMP Pend. Agama Katolik dan BP SMA
PMP Pend. Agama Katolik dan BP SMP
PMP Pend. Agama Khonghucu dan BP SD
PMP Pend. Agama Khonghucu dan BP SMA
PMP Pend. Agama Khonghucu dan BP SMP
PMP Pend. Agama Kristen dan BP SD
PMP Pend. Agama Kristen dan BP SMA
PMP Pend. Agama Kristen dan BP SMP
PMP PJOK SMA ; PMP PJOK SMP
PMP PKWU SMA ; PMP PPKn SMA
PMP PPKn SMP ; PMP Prakarya SMP
PMP Sejarah Indonesia SMA
PMP Sejarah minat SMA
PMP Seni Budaya SMA
PMP Seni Budaya SMP
PMP Sosiologi minat SMA
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :

Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM