info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Pembahasan Soal IPHO 1999

Fisika tanpa mengerti konsep secara mendalam itu sama saja bohong. Konsep bisa dipelajari dan dilatih (drilling) setiap harinya dengan soal-soal yang menantang. Saya rasa di internet sudah banyak sekali bank soal yang bisa kawan-kawan peroleh seperti I.E. Irodov (buku klasik yang wajib) dan soal-soal dari kompetisi fisika universitas internasional manapun. Ada pernyataan yang menurut saya bisa salah kaprah kalau dihayati dengan serius. Sering kita dengar “mengerjakan fisika tanpa kalkulus”. Memang betul bahwa soal-soal yang awal-awal tentang fisika bisa dicari cara kreatifnya tanpa melibatkan kalkulus. Namun, suka atau tidak, kedepannya matematika menjadi alat utama dalam mengerti rumus fisika. Betul sekali bahwa setiap rumus lebih baik diturunkan dari konsep dasar ketimbang dihapal. Namun, kita tetap harus jangan merasa tabu untuk menghapal. Problem fisika itu cuma segitu-segitu aja variasinya. Dengan menghapal beberapa hal umum, kita bisa mempersingkat proses kerja kita. Namun, sekali lagi, jangan kita malas menurunkan sendiri hal yang kita sudah hapal. Hapalan ini tidak akan berguna jika kita menemukan soal yang baru dan disinilah pengetahuan dasar kita diuji. Begitu kita menjawab persoalan yang hampir sama ternyata konsepnya menjadi dua kasus yang menjadi kemungkinan penyelesaiannya, berikut preview dan disertai dengan pembahasannya :
1999 Problem 1 IPhO 30

1999 Solution Prob 1 IPhO 30

1999 Problem 2 IPhO 30

1999 Solution Prob 2 IPhO 30

1999 Problem 3 IPhO 30

1999 Solution Prob 3 IPhO 30

link terkait :

Berikut keseluruhan link terkait :


Share:

Kumpulan Soal-Soal UTS dan UAS SD

Evaluasi pendidikan dijelaskan secara rinci oleh Abdul Basir. Ia menyebutkan bahwa evaluasi merupakan proses pengumpulan data informasi yang sifatnya deskriptif, prediktif, informatif dan dilaksanakan secara bertahap dan sistematik agar bisa digunakan untuk menentukan kebijaksanaan dalam upaya memperbaiki kualitas pendidikan. Lehman dan Mehrens juga menjelaskan tentang evaluasi pendidikan. Dimana mereka berpendapat bahwa evaluasi merupakan suatu proses untuk memperoleh, merencanakan, serta menyediakan data informasi yang dibutuhkan untuk menghasilkan alternatif-alternatif keputusan. Sementara Norman E. Gronlund (1976) berpendapat bahwa evaluasi merupakan proses yang dilakukan secara sistematis untuk membuat atau menentukan keputusan terkait dengan sejauh mana para siswa berhasil mencapai tujuan-tujuan pengajaran. Purwanto (2002) juga mengemukakan pendapatnya tentang evaluasi dalam pendidikan. Ia menyatakan bahwa pengertian evaluasi adalah penilaian yang dilakukan terhadap kualitas tertentu dalam dunia pendidikan. Evaluasi sangat berkaitan erat dengan keputusan dan kebijakan yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal tersebutlah yang membuat pemerintah semakin gencar memberikan pelatihan kepada para pendidik tanah air untuk bisa melakukan evaluasi kinerja terhadap pendidikan dan proses pengajaran yang selama ini berlangsung.

Berikut soal-soal evaluasi pada SD untuk jenis UTS dan UAS Kurikulum KTSP :
UTS Bahasa Indonesia sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UAS Bahasa Indonesia sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UTS Bahasa Inggris sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UTS Bahasa Sunda sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UAS Bahasa Sunda sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UTS IPA sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UAS IPA sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UTS IPS sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UAS IPS sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UTS Matematika sem 1 : [kls 1]  ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UAS Matematika sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UTS PAI sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UAS PAI sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UTS Penjaskes sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UTS Pkn sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UAS PKn sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UTS PLH sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UAS PLH sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ; [kls 6]
UTS SBK sem 1 : [kls 1] ; [kls 2] ; [kls 3] ; [kls 4] ; [kls 5] ;[kls 6]
Semoga bermanfaat, bravo selalu

Share:

Kumpulan Soal dan Pembahasan OSN Astronomi

IOAA pertama kali diadakan di Chiang Mai, Thailand, dari 30 November sampai dengan 9 Desember 2007 untuk memperingati ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej ke-80 dan Putri Galyani Vadhana ke-84. Negara yang mengikuti IOAA untuk pertama kalinya yaitu Azerbaijan, Bangladesh, Belarusia, Bolivia, Brazil, Tiongkok, Yunani, India, Indonesia, Iran, Korea Selatan, Laos, Lituania, Myanmar, Polandia, Rumania, Singapura, Slowakia, Sri Lanka, Thailand, dan Ukraina. The International Board, yang didirikan oleh pimpinan setiap negara peserta, menjadi pemberi keputusan tunggal untuk olimpiade ini. IOAA kedua diselenggarakan pada tanggal 19 - 28 Agustus 2008 di Bandung, Indonesia, dengan partisipasi 22 negara -- termasuk satu tim dari Kamboja dan satu tim pengamat dari Malaysia. IOAA ketiga diselenggarakan pada tanggal 17 - 27 Oktober 2009 di Teheran, Iran. Ujian praktikum dilaksanakan di sebuah gurun, di dalam sebuah Caraveransai di Deh Namak. Sebanyak 20 negara ikut berpartisipasi -- pertama kalinya untuk Kazakhstan dan Serbia. IOAA keempat diselenggarakan pada tanggal 12 - 21 September 2010 di Beijing, Tiongkok. Sebanyak 140 peserta hadir dari 23 negara -- pertama kalinya untuk Ceko, Filipina, dan Rusia. IOAA kelima diselenggarakan pada tanggal 25 Agustus - 4 September 2011 di sekitar kota Katowice, Chorzów, dan Kraków, Polandia. Ini merupakan pertama kalinya IOAA diadakan di Eropa. Sebanyak 26 negara berpartisipasi -- pertama kalinya untuk Bulgaria, Kolombia, Kroasia, Hungaria, dan Portugal. IOAA keenam diselenggarakan pada tanggal 4 - 13 Agustus 2012 di Rio de Janeiro dan Vassouras, Brazil. Sebanyak 28 negara berpartisipasi. IOAA ketujuh diselenggarakan pada tanggal 27 Juli - 4 Agustus 2013 di Volos, Yunani. Sebanyak 39 tim dari 35 negara berpartisipasi -- pertama kalinya untuk Amerika Serikat, Selandia Baru, Kanada, Malaysia, Armenia, Slovenia, Macedonia, dan Cyprus. IOAA kedelapan diselenggarakan pada tanggal 1 - 11 Agustus 2014 di Suceava dan Gura Humourului, Rumania. Sebanyak 42 tim dari 37 negara berpartisipasi -- pertama kalinya untuk Meksiko, Nepal, Pakistan, Moldova, dan Montonegro. IOAA kesembilan diselenggarakan di Magelang dan Semarang, Indonesia pada tanggal 26 Juli - 4 Agustus 2015. IOAA kesepuluh diselenggarakan pada tanggal 9 - 19 Desember 2016 di Bhubaneswar, India. IOAA kesebelas diselenggarakan pada tanggal 12 - 21 November 2017 di Phuket, Thailand IOAA keduabelas direncanakan untuk diadakan di Iran.

Berikut keseluruhan Soal dan Pembahasan OSN Astronomi :
2003 Soal OSN Astronomi [klik]
2004 OSN Fisika Eksperimen [klik]
2004 Soal OSN Astronomi Observasi [klik]
2004 Soal OSN Astronomi Pengolahan Data [klik]
2004 Soal OSN Astronomi Teori junior [klik]
2004 Soal OSN Astronomi Teori Senior [klik]
2004 Soal OSP Asromoni [klik]
2005 Soal OSN Astronomi [klik]
2005 Soal OSK Astronomi Fotometri [klik]
2005 Soal OSK Astronomi [klik]
2005 Soal OSN Astronomi Observasi : [doc] ; [pdf]
2005 Soal OSN Astronomi Pengolahan Data : [doc] ; [pdf]
2005 Soal OSN Astronomi Teori : [doc] ; [pdf]
2005 Soal OSP Asromoni : [doc] ; [pdf]
2006 Soal OSK Astronomi junior : [klik] 
2006 Soal OSK Astronomi senior [klik]
2006 Soal OSK Astronomi Teori [klik]
2006 Soal OSN Astronomi Observasi awal : [doc] ; [pdf]
2006 Soal OSN Astronomi Observasi cerah : [doc] ; [pdf]
2006 Soal OSN Astronomi Observasi mendung : [doc] ; [pdf]
2006 Soal OSN Astronomi Pengolahan Data : [doc] ; [pdf]
2006 Soal OSN Astronomi Teori Essay : [doc] ; [pdf]
2006 Soal OSN Astronomi Teori MC [klik]
2006 Soal OSP Astronomi Senior [klik]
2006 Soal OSP Astronomi Yunior [klik]
2006 Soal OSP Astronomi [klik]
2006 Solusi OSN Astronomi Teori Essay [klik]
2007 Soal OSK Astronomi [klik]
2007 Soal OSN Astronomi [klik]
2007 Soal OSN Astronomi teori Essay [klik]
2007 Soal OSN Astronomi teori MC [klik]
2007 Soal OSP Astronomi [klik]
2008 OSN Fisika Eksperimen [klik]
2008 Soal OSK Astronomi [klik]
2008 Soal OSN Astronomi Esai [klik]
2008 Soal OSN Astronomi Pengolahan Data [klik]
2008 Soal OSN Astronomi teori MC [klik]
2008 Soal OSP Astronomi [klik]
2009 Soal OSK Astronomi [klik]
2009 Soal OSN Astronomi Esai [klik]
2009 Soal OSN Astronomi Pengolahan Data [klik]
2009 Soal OSN Astronomi Teori [klik]
2009 Soal OSN Astronomi [klik]
2009 Soal OSP Astronomi [klik]
2010 Soal OSK Astronomi [klik]
2010 Soal OSN Astronomi Pengolahan Data [klik]
2010 Soal OSN Astronomi [klik]
2010 Soal OSP Astronomi [klik]
2011 Soal OSK Astronomi : [kode 01] ; [kode 02]
2011 Soal OSP Astronomi [klik]
2013 Pembahasan Soal OSK Astronomi [klik]
2013 Soal OSK Astronomi [klik]
latihan osn astronomi [klik]
Pembahasan Soal Astronomi 2003 : [doc] ; [pdf]
Pembahasan Soal Astronomi prov 2008 : [doc] ; [pdf]
Pembahasan Soal Astronomi prov 2009 : [doc] ; [pdf]
Pembahasan Soal Astronomi prov 2010 : [doc] ; [pdf]
Pembahasan Soal Astronomi prov 2011 : [doc] ; [pdf]
Pembahasan Soal OAKK Astronomi 2007 [klik] 
Pembahasan Soal OAKK Astronomi 2008 : [doc] ; [pdf]
Pembahasan Soal OAKK Astronomi 2009 : [doc] ; [pdf]
Pembahasan Soal OAKK Astronomi 2010 : [doc] ; [pdf]
Pembahasan Soal OAKK Astronomi 2011 : [doc] ; [pdf]
Pembahasan Soal OAKK Astronomi 2012 : [doc] ; [pdf]
Pembahasan Soal OAKK Astronomi koordinat bola langit : [doc] ; [pdf]
Selamat membaca dan semoga menyenangkan
Berikut keseluruhan link terkait dengan OSN-APHO-IPHO dan disertai dengan materi osn


Share:

Arsip Kisi-Kisi PPGJ dan PPG 2018

Tes Kompetensi Bidang merupakan suatu tes yang dikhususkan terhadap jurusan yang akan di ambil oleh pelamar. Biasanya Tes Kompetensi Bidang (TKB) ini sangat beragam dan disesuaikan dengan bidang atau jurusan masing-masing, jadi setiap peserta ujian CPNS belum tentu akan mendapatkan tes TKB yang sama. (Baca Juga : Tes Sinonim Ujian CPNS Tips, Trik Mengerjakannya dan Contoh Soal ) Diawal sudah kami jelaskan bahwa TKB merupakan tes tersendiri dan spesifik (khusus), maka tes ini juga memiliki ragam/jenis yang sangat bervariasi, seperti TKB Pendidikan, TKB Kesehatan, TKB Agama, TKB Hukum dan masih banyak lagi.(Baca Juga : Syarat Umum Seleksi CPNS: Umur, Pendidikan, Kesehatan dan Hukum )

Berikut Keseluruhan Kisi-Kisi PPGJ dan PPG 2018 :
Agribisnis Produksi Tanaman [klik]
Agribisnis Produksi Ternak [klik]
Agribisnnis Pengolahan HPP [klik]
Akuntansi [klik]
Bahasa Indonesia [klik]
Bahasa Inggris [klik]
Bahasa Jepang [klik]
Bimbingan Konseling [klik]
Biologi [klik]
Ekonomi [klik]
Fisika [klik]
Geografi [klik]
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) [klik]
Kepariwisataan [klik]
Kimia [klik]
Matematika [klik]
PAUD [klik]
PGSD [klik]
PJOK [klik]
Pendidikan Luar Biasa [klik]
PPkn [klik]
Sejarah [klik]
Seni Drama [klik]
Seni Musik [klik]
Seni Rupa [klik]
Seni Tari [klik]
Selamat membaca dan semoga berhasil



Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM