info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Materi Diklat K13 2018 untuk SMP

Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai 'keberaksaran' dan selanjutnya dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca dan tulis" ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Peta jalan Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud (2017) mendefinisikan literasi sebagai: [a].suatu rangkaian kecakapan membaca, menulis, dan berbicara, kecakapan berhitung, dan kecakapan dalam mengakses dan menggunakan informasi; [b].sebagai praktik sosial yang penerapannya dipengaruhi oleh konteks; [c].sebagai proses pembelajaran dengan kegiatan membaca dan menulis sebagai medium untuk merenungkan, menyelidik, menanyakan, dan mengkritisi ilmu dan gagasan yang dipelajari; dan [c].sebagai pemanfaatan teks yang bervariasi menurut subjek, genre,dan tingkat kompleksitas bahasa. Menurut Word Economic Forum (2016), peserta didik memerlukan 16 keterampilan agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka). Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri, (4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2016). Kalimat diatas merupakan cuplikan dari latar belakang pada seluruh materi Diklat K13 pada satuan pendidikan, berikut adalah seluruh modul yang harus dilakukan pada diklat K13 2018. Berikut di bawak ini seluruh link yang terkait :
  • Implementasi PPK[ppt]
  • Modul Literasi[pdf]
  • Panduan E-rapor SMP[pdf]
  • Panduan Penilaian SMP[pdf]
  • Modul Agama Budha
  • Modul Agama Hindu
  • Modul Agama Katolik
  • Modul Agama Kristen
  • Modul Agama Islam
  • Modul Seni Budaya
  • Modul Matematika
  • Modul IPA
  • Modul Bahasa Indonesia
  • Modul Bahasa Inggris
  • Modul Prakarya
  • Modul IPS
  • Modul PJOK
  • Modul PPKN

  • Semoga bermanfaat untuk kita semua termasuk para pembaca
    link terkait : SMK ; SMA ; SMP ; SD ; SMA K13 2018
    Share:

    Materi Diklat K13 2018 untuk SMA

    Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai 'keberaksaran' dan selanjutnya dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca dan tulis" ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Peta jalan Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud (2017) mendefinisikan literasi sebagai: a].suatu rangkaian kecakapan membaca, menulis, dan berbicara, kecakapan berhitung, dan kecakapan dalam mengakses dan menggunakan informasi; b].sebagai praktik sosial yang penerapannya dipengaruhi oleh konteks; c].sebagai proses pembelajaran dengan kegiatan membaca dan menulis sebagai medium untuk merenungkan, menyelidik, menanyakan, dan mengkritisi ilmu dan gagasan yang dipelajari; dan d].sebagai pemanfaatan teks yang bervariasi menurut subjek, genre,dan tingkat kompleksitas bahasa. Menurut Word Economic Forum (2016), peserta didik memerlukan 16 keterampilan agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka). Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri, (4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2016). Kalimat diatas merupakan cuplikan dari latar belakang pada seluruh materi Diklat K13 pada satuan pendidikan, berikut adalah seluruh modul yang harus dilaksanakan pada diklat K13 2018
  • Modul Pendidkan Agama Islam
  • Modul Pendidkan Agama Budha
  • Modul Pendidkan Agama Hindu
  • Modul Pendidkan Agama Katolik
  • Modul Pendidkan Agama Kristen
  • Modul Pendidkan Agama Konghucu
  • Modul Bahasa Indonesia
  • Modul Bahasa Inggris
  • Modul Bahasa Dan Sastra Indonesia
  • Modul Bahasa Dan Sastra Jepang
  • Modul Bahasa Dan Sastra Inggris
  • Modul Bahasa Dan Sastra Arab
  • Modul Bahasa Dan Sastra Jerman
  • Modul Bahasa Dan Sastra Mandarin
  • Modul Bahasa Dan Sastra Perancis
  • Modul Bahasa Dan Sastra Korea
  • Modul Panduan Bimbingan Konseling
  • Modul Sejarah Indonesia
  • Modul Matematika (Kel C)
  • Modul Antropologi
  • Modul Matematika
  • Modul Seni Budaya
  • Modul Sejarah
  • Modul Sosiologi
  • Modul Geografi
  • Modul Ekonomi
  • Modul Biologi
  • Modul Fisika
  • Modul Kimia
  • Modul Ppkn
  • Modul Pkwu
  • Modul Pjok

  • Semoga bermanfaat untuk kita semua termasuk para pembaca
    link terkait : SMK ; SMA ; SMP ; SD ; SMA K13 2018
    Share:

    Materi Diklat K13 2018 untuk Sekolah Dasar [SD]

    Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai 'keberaksaran' dan selanjutnya dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca dan tulis" ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Peta jalan Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud (2017) mendefinisikan literasi sebagai: a. suatu rangkaian kecakapan membaca, menulis, dan berbicara, kecakapan berhitung, dan kecakapan dalam mengakses dan menggunakan informasi; b. sebagai praktik sosial yang penerapannya dipengaruhi oleh konteks; c. sebagai proses pembelajaran dengan kegiatan membaca dan menulis sebagai medium untuk merenungkan, menyelidik, menanyakan, dan mengkritisi ilmu dan gagasan yang dipelajari; dan d. sebagai pemanfaatan teks yang bervariasi menurut subjek, genre,dan tingkat kompleksitas bahasa. Menurut Word Economic Forum (2016), peserta didik memerlukan 16 keterampilan agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka). Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri, (4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2016). Kalimat diatas merupakan cuplikan dari latar belakang pada seluruh materi Diklat K13 pada satuan pendidikan, berikut adalah seluruh modul yang harus dilakukan pada diklat K13 2018
  • Pengantar II
  • Penerapan Literasi[pdf]
  • Penerapan Literasi[ppt]
  • Penerapan Literasi[doc]
  • Pendahuluan Modul Pelatihan[doc]
  • Pendahuluan Modul Pelatihan[pdf]
  • Analisis Skl KI KD Silabus[Doc]
  • Analisis Skl KI KD Silabus[pdf]
  • Prota Prosem Dan Pemetaan KD[doc]
  • Prota Prosem Dan Pemetaan KD[pdf]
  • Penyusunan RPP[doc]
  • Penyusunan RPP[pdf]
  • Bimbingan Psiko Edukatif[doc]
  • Bimbingan Psiko Edukatif [pdf]
  • Perencanaan Pelaksanaan Pengolahan Dan Pelaporan Hasil Belajar[doc]
  • Perencanaan Pelaksanaan Pengolahan Dan Pelaporan Hasil Belajar[pdf]
  • Praktik Penyusunan Soal Hots[doc]
  • Praktik Penyusunan Soal Hots[pdf]
  • Inspirasi Video Pembelajaran[doc]
  • Inspirasi Video Pembelajaran[pdf]
  • Praktik Pembelajaran[doc]
  • Praktik Pembelajaran[pdf]
  • Analisis Skl, KI, KD, Indikator, Silabus, Pembelajaran Tematik Terpadu[ppt]
  • Perancangan Prota, Prosem, Peta KD[ppt]
  • Penyusunan RPP[ppt]
  • Bimbingan Psiko Edukatif[ppt]
  • Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan, Dan Pelaporan HB[ppt]
  • Penyusunan Soal HOTS[ppt]
  • Inspirasi Tayangan Video Pembelajaran[ppt]
  • Praktik Pembelajaran Peer Teaching[ppt]
  • Format Penilaian Instruktur
  • Instrumen Observasi Praktik Di Sekolah
  • Instrumen Pemahaman
  • Instrumen Penilaian Instruktur Oleh Peserta
  • Instrumen Penilaian Panitia Oleh Peserta
  • Model Silabus K13 Tematik Terpadu SD_MI 
  • Semoga bermanfaat untuk kita semua termasuk para pembaca
    link terkait : SMK ; SMA ; SMP ; SD ; SMA K13 2018

    Share:

    Kumpulan Paper dan Jurnal Pendidikan

    Paper adalah tulisan yang memuat pembahasan dari sebuah topik tertentu dengan dukungan data dan argumen yang valid dan kuat. Menulis paper adalah menghasilkan suatu pembahasan mengenai suatu tema tertentu dengan dukungan argumen yang cukup kuat. Untuk menghasilkan sebuah paper yang baik, sebaiknya harus melakukan riset, yakni melakukan investigasi terhadap topik anda dengan jalan membaca. Sumber bacaan bisa berupa buku, majalah, surat khabar atau sumber-sumber dari internet. Informasi yang anda peroleh dari berbagai sumber ini akan anda gunakan untuk mendukung poin-poin (argumen ataupun pernyataan) yang anda tulis dalam paper. Jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan yang sangat diminati orang saat diterbitkan . Bila dikaitkan dengan kata ilmiah di belakang kata jurnal dapat terbitan berarti berkala yang berbentuk pamflet yang berisi bahan ilmiah yang sangat diminati orang saat diterbitkan. Jurnal ilmiah dianggap sebagai sumber informasi primer atau yang paling penting di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal ilmiah berisi kumpulan artikel yang dipublikasikan secara periodik, ditulis oleh para ilmuwan peneliti untuk melaporkan hasil-hasil penelitian terbarunya. Karena itulah, keberadaan jurnal ilmiah merupakanhal yang penting untuk terus memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tulisan atau artikel yang dimuat dalam jurnal ilmiah, sudah mengalami proses peer-review dan seleksi ketat dari para pakar di bidangnya masing-masing. Proses peer-review ini dijalankan untuk menjamin kualitas dan validitas ilmiah artikel yang dimuat. Berikut adalah beberapa model paper dan jurnal di bawah ini
  • Bahan Ajar Menjelajahi Sel SMA
  • Kurikulum Finlandia
  • Kurikulum
  • Lima Negara Dengan Kurikulum Terbaik Berdasasrkan Penilaian PISA
  • Lingkungan Pembelajaran Sains Yang Sehat
  • Makalah Kurikulum Pendidikan
  • Makalah Metode
  • Memahami Hubungan Konteks Sains dan Konteks Sosial dalam Bermasyarakat dan Hubungannya dengan Pendidikan
  • Mencermati Sistem Pendidikan Jepang
  • Meningkatkan Environmental Literacy Peserta Didik Melalui IPS Di Sekolah Dasar
  • Model Pembelajaran Pisa Top 5
  • Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru
  • Pengembangan Kebijakan Umum Pembinaan Profesi Guru
  • Perbandingan Kurikulum Lima Negara Dengan Kurikulum Terbaik Berdasarkan Penilaian Pisa
  • Perbandingan Penilaian Pembelajaran di Indonesia, Finlandia dan Jepang
  • Perspektif Landasan Pedagogik Dalam Penelitian Pengembangan Kurikulum Pendidikan Ipa Dengan Pendekatan Perenialisme
  • Sistem Pendidikan Di Amerika Serikat
  • Sistem Pendidikan Di Negara Finlandia
  • Upaya Meningkatkan Pengembangan Profesi Guru Di Indonesia
  • konten
  • Semoga banyak manfaatnya
    Share:

    Latihan OSN Fisika Tingkat Nasional

    Yohanes Surya punya slogan bahwa fisika itu mudah, slogan itu serasa sangat berat pada waktu kita menjalaninya, akan tetapi semua itu akan berhasil dengan baik apabila kita melakukan proses yang baik. Tentunya dengan ketenangan dan keseriusan dalam mengerjakan soal-soal olimpiade dengan baik dan selalu dengan pemahaman konsep fisika yang baik, juga persamaan-persamaan fisika pada setiap materi harus betul-betul kita pahami. Drilling merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap fisika yang didukung dengan matematika yang baik. Pendukung dalam belajar fisika tentunya dengan fasilitas yang memadahi dan seharusnya didampingi oleh guru atau pembimbing yang mumpuni. Berikut salah satu preview dari soal dan pembahasan OSN Fisika.

    Berikut di bawah ini keseluruhan konten terkait dengan OSN Fisika :
    OSN Fisika 2004 [klik]
    OSN Fisika 2005 [klik]
    OSN Fisika 2006 [klik]
    OSN Fisika 2007 [klik]
    OSN Fisika 2008 [klik]
    OSN Fisika 2009 [klik]
    OSN Fisika 2010 [klik]
    OSN Fisika 2011 [klik]
    OSN Fisika 2012 [klik]
    OSN Fisika 2013 [klik]
    OSN Fisika 2014 [klik]
    Latihan Mandiri OSN Fisika
    Paket : [01-10] ; [11-20] ; [21-30] ; [31-40] ; [41-50]
    Paket : [51-60] ; [61-70] ; [71-80] ; [81-90] ; [91-100]

    Selamat belajar, semoga mendapatkan prestasi dalam ajang osn tahun depan.
    Berikut keseluruhan link terkait :

    Share:

    VIDEO UPDATE

    Kerinci, Jambi Indonesia

    Waktu di Kerinci:

    Popular Posts

    Blog Archive

    PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM