info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Kumpulan KI, KD, IPK, SKL Dan RPP K13 SMA 2018

Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

Berikut Keseluruhan Perangkat Pembelajaran K13 SMA 2018 :
Perangkat Pembelajaran PAI [klik]
Perangkat Pembelajaran PKn [klik]
Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia [klik]
Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris [klik]
Perangkat Pembelajaran Matematika l[klik]
Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan [klik]
Perangkat Pembelajaran PJOK [klik]
Perangkat Pembelajaran Fisika [klik]
Perangkat Pembelajaran Biologi [klik]
Perangkat Pembelajaran Kimia [klik]
Perangkat Pembelajaran Ekonomi [klik]
Perangkat Pembelajaran Geografi [klik]
Perangkat Pembelajaran Sosiologi [klik]
Perangkat Pembelajaran Sejarah [klik]
Perangkat Pembelajaran Sejarah Peminatan [klik]
Perangkat Pembelajaran Antropologi [klik]
Perangkat Pembelajaran Seni Budaya [klik]
Perangkat Pembelajaran PKWU [klik]
Selamat membaca, semoga banyak manfaat bagi kita semua
Baca Juga link terkait di bawah ini yaitu : Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran

Share:

Materi Diklat K13 2018 untuk SMK

Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai 'keberaksaran' dan selanjutnya dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca dan tulis" ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Peta jalan Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud (2017) mendefinisikan literasi sebagai: [a].suatu rangkaian kecakapan membaca, menulis, dan berbicara, kecakapan berhitung, dan kecakapan dalam mengakses dan menggunakan informasi; [b].sebagai praktik sosial yang penerapannya dipengaruhi oleh konteks; [c].sebagai proses pembelajaran dengan kegiatan membaca dan menulis sebagai medium untuk merenungkan, menyelidik, menanyakan, dan mengkritisi ilmu dan gagasan yang dipelajari; dan [c].sebagai pemanfaatan teks yang bervariasi menurut subjek, genre,dan tingkat kompleksitas bahasa. Menurut Word Economic Forum (2016), peserta didik memerlukan 16 keterampilan agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka). Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri, (4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2016). Kalimat diatas merupakan cuplikan dari latar belakang pada seluruh materi Diklat K13 pada satuan pendidikan, berikut adalah seluruh modul yang harus dilakukan pada diklat K13 2018. Berikut di bawak ini seluruh link yang terkait : 
Materi Umum PPK untuk Bimtek Kurikulum : [doc] ; [pdf]
Penyegaran Instruktur Kurikulum SMK : [ppt] ; [doc] ; [pdf]
Pelatihan dan Pendampingan : [doc] ; [ppt]
Spektrum PMK : [doc] ; [pdf] ; [ppt]
Analisis SKL-KI-KD : [doc] ; [pdf] ; [ppt]
Analisis Materi Pembelajaran : [doc] ; [pdf] ; [ppt]
Analisis Penerapan Model Pembelajaran : [doc] ; [pdf] ; [ppt]
Analisis Penilaian : [doc] ; [pdf] ; [ppt]
Penyusunan Silabus : [doc] ; [pdf] ; [ppt]
Penyusunan Prota-Promes dan RPP : [doc] ; [pdf] ; [ppt]
Kajian Modul Praktik Pembelajaran : [doc] ; [pdf]
Telaah Praktik Pembelajaran : [doc] ; [pdf]
Praktik Pembelajaran : [doc] ; [pdf] ; [ppt]
RPP PBL Sistem Bahan Bakar : [doc] ; [pdf]
RPP Akuntansi-Problem Based Learning : [doc] ; [pdf]
Praktik Pengolahan dan Pelaporan HB : [doc] ; [pdf] ; [ppt]
Pedoman PKL : [doc] ; [pdf] ; [ppt]
  • Penyusunan soal USBN Puspendik[ppt]
  • Konsep PPK Kemendikbud [ppt]
  • PBL Otomotif (SMK Muh 7 Gondanglegi)[AVI]
  • PBL Akuntansi (SMKN 3 Bandung)[MP4]
  • Teori Kesenangan.1.47[MP4]
  • John.8.23[MP4]
  • Piper.6.05[MP4]
  • Dinamika Perkembangan Kurikulum[ppt]
  • Pedoman PKL[doc]
  • RPP PBL Sistem Bahan Bakar[doc]
  • RPP Akuntansi Problem Based Learning_edited[doc] 
  • Revisi Materi Pokok

    Modul Praktik Pembelajaran : [doc] ; [doc]
    Spektrum PMK : [doc] ; [ppt]
    Analisis SKL-KI-KD : [doc] ; [ppt]
    Analisis Materi Pembelajaran : [doc] ; [ppt]
    Analisis Penerapan Model Pembelajaran : [doc] ; [ppt]
    Analisis Penilaian : [doc] ; HB[ppt]
    Penyusunan Silabus : [doc] ; [ppt]
    Penyusunan Prota-Promes dan RPP : [doc] ; [ppt]
    Praktik Pembelajaran : [doc] ; [ppt]
    Praktik Pengolahan dan Pelaporan HB : [doc] ; [ppt]
    Semoga bermanfaat untuk kita semua termasuk para pembaca
    link terkait : SMK ; SMA ; SMP ; SD ; SMA K13 2018
    Share:

    Materi Diklat K13 2018 untuk SMP

    Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai 'keberaksaran' dan selanjutnya dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca dan tulis" ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Peta jalan Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud (2017) mendefinisikan literasi sebagai: [a].suatu rangkaian kecakapan membaca, menulis, dan berbicara, kecakapan berhitung, dan kecakapan dalam mengakses dan menggunakan informasi; [b].sebagai praktik sosial yang penerapannya dipengaruhi oleh konteks; [c].sebagai proses pembelajaran dengan kegiatan membaca dan menulis sebagai medium untuk merenungkan, menyelidik, menanyakan, dan mengkritisi ilmu dan gagasan yang dipelajari; dan [c].sebagai pemanfaatan teks yang bervariasi menurut subjek, genre,dan tingkat kompleksitas bahasa. Menurut Word Economic Forum (2016), peserta didik memerlukan 16 keterampilan agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka). Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri, (4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2016). Kalimat diatas merupakan cuplikan dari latar belakang pada seluruh materi Diklat K13 pada satuan pendidikan, berikut adalah seluruh modul yang harus dilakukan pada diklat K13 2018. Berikut di bawak ini seluruh link yang terkait :
  • Implementasi PPK[ppt]
  • Modul Literasi[pdf]
  • Panduan E-rapor SMP[pdf]
  • Panduan Penilaian SMP[pdf]
  • Modul Agama Budha
  • Modul Agama Hindu
  • Modul Agama Katolik
  • Modul Agama Kristen
  • Modul Agama Islam
  • Modul Seni Budaya
  • Modul Matematika
  • Modul IPA
  • Modul Bahasa Indonesia
  • Modul Bahasa Inggris
  • Modul Prakarya
  • Modul IPS
  • Modul PJOK
  • Modul PPKN

  • Semoga bermanfaat untuk kita semua termasuk para pembaca
    link terkait : SMK ; SMA ; SMP ; SD ; SMA K13 2018
    Share:

    Materi Diklat K13 2018 untuk SMA

    Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai 'keberaksaran' dan selanjutnya dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca dan tulis" ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Peta jalan Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud (2017) mendefinisikan literasi sebagai: a].suatu rangkaian kecakapan membaca, menulis, dan berbicara, kecakapan berhitung, dan kecakapan dalam mengakses dan menggunakan informasi; b].sebagai praktik sosial yang penerapannya dipengaruhi oleh konteks; c].sebagai proses pembelajaran dengan kegiatan membaca dan menulis sebagai medium untuk merenungkan, menyelidik, menanyakan, dan mengkritisi ilmu dan gagasan yang dipelajari; dan d].sebagai pemanfaatan teks yang bervariasi menurut subjek, genre,dan tingkat kompleksitas bahasa. Menurut Word Economic Forum (2016), peserta didik memerlukan 16 keterampilan agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka). Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri, (4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2016). Kalimat diatas merupakan cuplikan dari latar belakang pada seluruh materi Diklat K13 pada satuan pendidikan, berikut adalah seluruh modul yang harus dilaksanakan pada diklat K13 2018
  • Modul Pendidkan Agama Islam
  • Modul Pendidkan Agama Budha
  • Modul Pendidkan Agama Hindu
  • Modul Pendidkan Agama Katolik
  • Modul Pendidkan Agama Kristen
  • Modul Pendidkan Agama Konghucu
  • Modul Bahasa Indonesia
  • Modul Bahasa Inggris
  • Modul Bahasa Dan Sastra Indonesia
  • Modul Bahasa Dan Sastra Jepang
  • Modul Bahasa Dan Sastra Inggris
  • Modul Bahasa Dan Sastra Arab
  • Modul Bahasa Dan Sastra Jerman
  • Modul Bahasa Dan Sastra Mandarin
  • Modul Bahasa Dan Sastra Perancis
  • Modul Bahasa Dan Sastra Korea
  • Modul Panduan Bimbingan Konseling
  • Modul Sejarah Indonesia
  • Modul Matematika (Kel C)
  • Modul Antropologi
  • Modul Matematika
  • Modul Seni Budaya
  • Modul Sejarah
  • Modul Sosiologi
  • Modul Geografi
  • Modul Ekonomi
  • Modul Biologi
  • Modul Fisika
  • Modul Kimia
  • Modul Ppkn
  • Modul Pkwu
  • Modul Pjok

  • Semoga bermanfaat untuk kita semua termasuk para pembaca
    link terkait : SMK ; SMA ; SMP ; SD ; SMA K13 2018
    Share:

    Materi Diklat K13 2018 untuk Sekolah Dasar [SD]

    Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai 'keberaksaran' dan selanjutnya dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca dan tulis" ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Peta jalan Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud (2017) mendefinisikan literasi sebagai: a. suatu rangkaian kecakapan membaca, menulis, dan berbicara, kecakapan berhitung, dan kecakapan dalam mengakses dan menggunakan informasi; b. sebagai praktik sosial yang penerapannya dipengaruhi oleh konteks; c. sebagai proses pembelajaran dengan kegiatan membaca dan menulis sebagai medium untuk merenungkan, menyelidik, menanyakan, dan mengkritisi ilmu dan gagasan yang dipelajari; dan d. sebagai pemanfaatan teks yang bervariasi menurut subjek, genre,dan tingkat kompleksitas bahasa. Menurut Word Economic Forum (2016), peserta didik memerlukan 16 keterampilan agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka). Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religius, (2) nasionalis, (3) mandiri, (4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2016). Kalimat diatas merupakan cuplikan dari latar belakang pada seluruh materi Diklat K13 pada satuan pendidikan, berikut adalah seluruh modul yang harus dilakukan pada diklat K13 2018
  • Pengantar II
  • Penerapan Literasi[pdf]
  • Penerapan Literasi[ppt]
  • Penerapan Literasi[doc]
  • Pendahuluan Modul Pelatihan[doc]
  • Pendahuluan Modul Pelatihan[pdf]
  • Analisis Skl KI KD Silabus[Doc]
  • Analisis Skl KI KD Silabus[pdf]
  • Prota Prosem Dan Pemetaan KD[doc]
  • Prota Prosem Dan Pemetaan KD[pdf]
  • Penyusunan RPP[doc]
  • Penyusunan RPP[pdf]
  • Bimbingan Psiko Edukatif[doc]
  • Bimbingan Psiko Edukatif [pdf]
  • Perencanaan Pelaksanaan Pengolahan Dan Pelaporan Hasil Belajar[doc]
  • Perencanaan Pelaksanaan Pengolahan Dan Pelaporan Hasil Belajar[pdf]
  • Praktik Penyusunan Soal Hots[doc]
  • Praktik Penyusunan Soal Hots[pdf]
  • Inspirasi Video Pembelajaran[doc]
  • Inspirasi Video Pembelajaran[pdf]
  • Praktik Pembelajaran[doc]
  • Praktik Pembelajaran[pdf]
  • Analisis Skl, KI, KD, Indikator, Silabus, Pembelajaran Tematik Terpadu[ppt]
  • Perancangan Prota, Prosem, Peta KD[ppt]
  • Penyusunan RPP[ppt]
  • Bimbingan Psiko Edukatif[ppt]
  • Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan, Dan Pelaporan HB[ppt]
  • Penyusunan Soal HOTS[ppt]
  • Inspirasi Tayangan Video Pembelajaran[ppt]
  • Praktik Pembelajaran Peer Teaching[ppt]
  • Format Penilaian Instruktur
  • Instrumen Observasi Praktik Di Sekolah
  • Instrumen Pemahaman
  • Instrumen Penilaian Instruktur Oleh Peserta
  • Instrumen Penilaian Panitia Oleh Peserta
  • Model Silabus K13 Tematik Terpadu SD_MI 
  • Semoga bermanfaat untuk kita semua termasuk para pembaca
    link terkait : SMK ; SMA ; SMP ; SD ; SMA K13 2018

    Share:

    VIDEO UPDATE

    Kerinci, Jambi Indonesia

    Waktu di Kerinci:

    Popular Posts

    Blog Archive

    PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM