info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Soal dan Pembahasan OSK OSP dan OSN Komputer

Dikutip dari Pedoman KSN 2020 bahwa Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat siswa SMA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai lombaakompetsi baik nasional maupun internasional. Kompetsi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetsi ini juga merupakan bagian pentng dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetsi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para siswa. Maka, melalui sistem kompetsi yang sistemats dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluasluasnya bagi siswa untuk mengekplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetsi sains yang mumpuni dan berdaya saing tnggi yang siap berkompetsi pada tngkat internasional. Berikut keseluruhan OSK, OSP dan OSN Komputer yang disertai dengan pembahasannya.
2006 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2007 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2008 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2009 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2010 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2011 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2012 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2013 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2014 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2015 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2016 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2017 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2018 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2019 Soal dan Pembahasan OS-KPN Komputer [klik]
2020 Soal dan Pembahasan KSN-K Komputer [klik]
Semoga diantara keberhasilan yang kita raih akan mendatangkan kebahagian nantinya.

Berikut keseluruhan link terkait :

Share:

Soal dan Pembahasan OSK OSP dan OSN Matematika

Dikutip dari Pedoman KSN 2020 bahwa Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat siswa SMA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai lombaakompetsi baik nasional maupun internasional. Kompetsi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetsi ini juga merupakan bagian pentng dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetsi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para siswa. Maka, melalui sistem kompetsi yang sistemats dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluasluasnya bagi siswa untuk mengekplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetsi sains yang mumpuni dan berdaya saing tnggi yang siap berkompetsi pada tngkat internasional. Berikut keseluruhan OSK, OSP dan OSN Matematika yang disertai dengan pembahasannya. 
2002-2009 Soal dan Pembahasan OS-KPN Matematika [klik]
2010 Soal dan Pembahasan OS-KP Matematika [klik]
2011 Soal dan Pembahasan OSK Matematika [klik]
2011 Soal dan Pembahasan OS-KP Matematika [klik]
2012 Soal dan Pembahasan OSK Matematika [klik]
2012 Soal dan Pembahasan OS-KPN Matematika [klik]
2013 Soal dan Pembahasan OSK Matematika [klik]
2013 Soal dan Pembahasan OS-KPN Matematika [klik]
2014 Soal dan Pembahasan OS-KPN Matematika [klik]
2015 Soal dan Pembahasan OS-KPN Matematika [klik]
2016 Soal dan Pembahasan OSK Matematika [klik]
2016 Soal dan Pembahasan OS-KPN Matematika [klik]
2017 Soal dan Pembahasan OSK Matematika [klik]
2017 Soal dan Pembahasan OS-KP Matematika [klik]
2018 Soal dan Pembahasan OSK Matematika [klik]
2018 Soal dan Pembahasan OS-KPN Matamatika [klik]
2019 Soal dan Pembahasan OSK Matamatika [klik]
2019 Soal OSP Matematika [klik]
2020 Soal dan Pembahasan KSN-K Matematika [klik]
Semoga diantara keberhasilan yang kita raih akan mendatangkan kebahagian nantinya.

Berikut keseluruhan link terkait :

Share:

Chapter 01 Listrik DC SNMPTN

Pembahasan soal no. 01
Ganesa Operation
Tiga buah hambatan 4 ohm, 6 ohm dan 12 ohm disusun parallel kemudian dipasang pada sumber tegangan, ternyata kuat arus yang keluar dari elemen 1,2A. Akan tetapi jika disusun seri dan dipasang pada elemen yang sama, ternyata arus yang keluar 0,24A. Besarnya ggl dan hambatan dalam elemen adalah …
A. 4 volt dan 1Ω
B. 5 volt dan 2Ω
C. 6 volt dan 3Ω
D. 8 volt dan 2Ω
E. 10 volt dan 1Ω
Jawab : C
Pembahasan soal no. 02
Ganesa Operation
Dua buah lampu dengan spesifikasi 60V;30W dan 100V;xW dirangkai seri, kemudian dihubungkan ke sumber tegangan 160 volt. Jika lampu 650V;30W menyala normal, berarti nilai x sama dengan …
A. 25
B. 50
C. 75
D. 100
E. 125
Jawab : B
Pembahasan soal no. 03
UMPTN Rayon C
Perhatikan rangkaian dibawah ini. Beda potensial pada hambatan  adalah …
Jawab : B
Pembahasan soal no. 04
SPMB 2004
Panel surya 5 cm x 1 cm digunakan pada sebuah kalkulator yang bekerja pada tegangan 3 volt dan arus 0,2 mA. Jika panel surya mengubah 25% energi cahaya menjadi energi listrik , maka intensitas cahaya minimal yang harus diterima panel surya adalah …
A. 2,5 W/m2
B. 4,8 W/m2
C. 5,6 W/m2
D. 7,5 W/m2
E. 12,5 W/m2
Jawab : B
Pembahasan soal no. 05
SPMB 2004
Sebuah pompa air 220 volt, 0,5A dapat mengalirkan air dengan kecepatan 2 m/s pada pipa yang berdiameter 4 cm. Jika pompa digunakan untuk mengisi penuh bak mandi yang berukuran 100cm x 100cm x 50,54cm, maka energi listrik yang dibutuhkan adalah …
A. 5 kJ
B. 11 kJ
C. 15 kJ
D. 22 kJ
E. 33 kJ
Jawab : D
Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM