info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Materi Kelompok Suplemen K13 Pada Kepala Sekolah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dapat melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling lama sampai dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memberi kesempatan kepada sekolah untuk melakukan persiapan implementasi Kurikulum 2013. Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk memfasilitasi persiapan implementasi Kurikulum 2013 dari segi manajerial dan supervisi. Modul ini disusun dengan mengembangkan kecakapan abad 21 dengan mengintegrasikan nilainilai karakter, 4C, dan literasi. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Pencapaian kompetensi peserta didik diukur melalui penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian belajar peserta didik. Penilaian tersebut dapat dilakukan oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah. Berikut keseluruhan materi dan silahkan untuk mendownloadnya :
Suplemen SD
Dinamika Perkembangan K13 [klik]
Hand out Penyusunan RPP [klik]
Model Silabus Matpel Matematika [klik]
Model Silabus Matpel PJOK [klik]
Model Silabus Tematik [klik]
Panduan Penilaian [klik]
Suplemen SMP
Format Pendukung Supervisi Penilaian [klik]
Modul Penilaian Bahasa Indonesia [klik]
Modul Penilaian Bahasa Inggris [klik]
Modul Penilaian IPA [klik]
Modul Penilaian Matematika [klik]
Panduan Pembelajaran SMP [klik]
Panduan Penilaian [klik]
Suplemen SMA
Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD SMA lampiran [klik]
Contoh Silabus Integrasi Mulok ke dalam Mata Pelajaran [klik]
Model Pengembangan RPP [klik]
Modul Penyusunan Soal HOTS [klik]
Naskah Analisis Keterkaiatn SKL-KI-KD SMA [klik]
Naskah Model-Model Pembelajaran [klik]
Panduan Penilaian [klik]
Pembelajaran Aktif [klik]
SKU Penegak [klik]
Taxonomi Anderson (2001) [klik]
Suplemen SMK
Analisis Butir Soal [klik]
Contoh Silabus SMK [klik]
Draft Permendikbud Str Kur SMK lamp 2017 [klik]
Intruksi Presiden 9-2016 ttg Revitalisasi SMK [klik]
Model Perangkat Pembelajaran dan Penilaian [klik]
Panduan Pelaksanaan UKK 2018 [klik]
Panduan Penilaian Hsl Belajar SMK [klik]
Pedoman Penyusunan KTSP [klik]
Pedoman PKL [klik]
Permendiknas terkait pada Diklat K13 Pada Kepala Sekolah
Peraturan Pemerintah No.19-2017 Guru-Kepala Sekolah [klik]
Peraturan Presiden No. 8-2012 Lampiran KKNI [klik]
Peraturan Presiden No. 87-2017 PPK [klik]
Permendikbud No. 3-2017 PHB Pemerintah-SP [klik]
Permendikbud No. 13 Th 2007 Standar KS Menengah Lampiran [klik]
Permendikbud No. 13 Th 2007 Standar KS Menengah [klik]
Permendikbud No. 20-2016 SKL Dikdasmen lampiran [klik]
Permendikbud No. 20-2016 SKL Dikdasmen [klik]
Permendikbud No. 21-2016 SI Dikdasmen lampiran [klik]
Permendikbud No. 21-2016 ttg SI Dikdasmen [klik]
Permendikbud No. 22-2016 Std Proses Dikdasmen lampiran [klik]
Permendikbud No. 22-2016 ttg Std Proses Dikdasmen [klik]
Permendikbud No. 23-2016 Std Penilaian lampiran [klik]
Permendikbud No. 24-2008 Standar Tenaga Administrasi [klik]
Permendikbud No. 65-2013 Lampiran [klik]
Permendikbud No. 103-2014 Pembelajaran Dikdasmen lampiran [klik]
Permendikbud No. 103-2014 Pembelajaran Dikdasmen [klik]
Permendikbud No.20-2016 SKL Dikdasmen Lampiran [klik]
Permendikbud No.20-2016 SKL [klik]
Permendikbud No.21-2016 Standar Isi Dikdasmen Lampiran [klik]
Permendikbud No.21-2016 Standar Isi Dikdasmen [klik]
Permendikbud No.22-2016 Standar Proses Dikdasmen Lampiran [klik]
Permendikbud No.22-2016 Standar Proses Dikdasmen [klik]
Permendikbud No.23-2016 Standar Penilaian [klik]
Permendikbud No.24-2016 KI KD K13 [klik]
Permendikbud No.25-2016 Komponen Dalam Perhitungan [klik]
Permendikbud No.53-2015 Penilaian HB Dikdasmen [klik]
Permendikbud No.58-2014 K2013 SMP [klik]
Permendikbud No.63-2014 Lampiran I [klik]
Permendikbud No.63-2014 Lampiran II [klik]
Permendikbud No.65-2013 Standar Proses Dikdasmen [klik]
Permendikbud No.103-2014 Pembelajaran Dikdasmen lampiran [klik]
Permendikbud No.103-2014 Pembelajaran pada Dikdasmen [klik]
Permendikbud No.111-2014 Bimbingan dan Konseling [klik]
Permendiknas No.13-2007 Standar Kepala Sekolah lampiran [klik]
Permendiknas No.13-2007 Standard Kepala Sekolah [klik]
Permendiknas No.19-2007 Standar Pengelolaan lampiran [klik]
SK Dirjen 130-2017 Struktur Kurikulum SMK lampiran [klik]
SK Dirjen 130-2017 Struktur Kurikulum SMK [klik]
SK Dirjen 4678-2016 Spektrum Keahlian PMK [klik]
SK Dirjen No.130-2017 Struktur Kurikulum SMK lampiran [klik]
SK Dirjen No.130-2017 Struktur Kurikulum SMK [klik]
Suplemen PPK dan Inklusi [klik]
Undang-Undang Sisdiknas 20-2003 [klik]
Materi terkait dengan suplemen di atas : [SMA-MA] ; [SMA-MA] ; [SMK]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

Manajemen Implementasi K13 2018 Pada Kepala Sekolah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dapat melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling lama sampai dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memberi kesempatan kepada sekolah untuk melakukan persiapan implementasi Kurikulum 2013. Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk memfasilitasi persiapan implementasi Kurikulum 2013 dari segi manajerial dan supervisi. Modul ini disusun dengan mengembangkan kecakapan abad 21 dengan mengintegrasikan nilainilai karakter, 4C, dan literasi. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Pencapaian kompetensi peserta didik diukur melalui penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian belajar peserta didik. Penilaian tersebut dapat dilakukan oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah. Berikut keseluruhan materi dan silahkan untuk mendownloadnya :
K13 Buku Kerja 1-5 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Buku Kerja 2-5 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Logistik 1-6 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Logistik 2-6: [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Modul 1-1 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Modul 2-1: [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Modul PPT 1-3: [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Modul PPT 2-3: [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Silabus 1-7: [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
K13 Silabus 2-7: [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
Materi Umum K13 Kepala Sekolah
Bahan sosialisasi Rapor Karakter ; Infografis GLS 2017
Integrasi PPK dan Literasi dalam Modul K13 ; Modul Agama Buddha
Modul Agama Hindu ; Modul Agama Islam ; Modul Agama Katolik
Modul Agama Kristen ; Modul Bahasa Indonesia ; Modul Bahasa Inggris
Modul Final PPK ; Modul IPA ; Modul IPS ; Modul Literasi
Modul Matematika ; Modul Penyusunan Soal USBN
Modul PJOK ; Modul PKN ; Modul Prakarya ; Modul Seni Budaya
Pengantar POS USBN Tahun 2018 ; Penyusunan soal USBN SD 2018
Peran Guru Dalam Pendidikan Indonesia
Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan USBN 2018
Puspendik HOTs
Rapor Karakter SDLB: [SDLB] ; [SMPLB] ; [SMALB]
Share:

Perangkat KI KD K13 Permen 24-2016

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Rumusan kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan dirumukan sebagai berikut.

Berikut Keseluruhan Perangkat KI dan KD berdasarkan Permen 24-2016 :
  • Permendikbud No.24-2016 KI dan KD K13
  • Antropologi SMA-MA [klik]
    Bahasa dan Sastra Arab SMA-MA [klik]
    Bahasa dan Sastra Jepang SMA-MA [klik]
    Bahasa dan Sastra Jerman SMA-MA [klik]
    Bahasa dan Sastra Korea SMA-MA [klik]
    Bahasa dan Sastra Perancis SMA-MA [klik]
    Bahasa dan Sastra Mandarin SMA-MA [klik]
    Bahasa Indonesia Peminatan SMA-K-MA-K [klik]
    Bahasa Indonesia : SD-MI] ; [SMP-MTs] ; [SMA-K-MA-K]
    Bahasa Inggris Peminatan SMA-MA [klik]
    Bahasa Inggris SMP-MTs [klik]
    Bahasa Inggris Umum SMA-K-MA-K [klik]
    Biologi SMA-MA [klik]
    PA Buddha-BP : [SD] ; [SMP] ; [SMA-SMK]
    Ekonomi SMA-MA [klik]
    Fisika SMA-MA [klik]
    Geografi SMA-MA [klik]
    PA Hindu-BP : [SD] ; [SMP] ; [SMA-SMK]
    IPA : SD-MI] ; [SMP-MTs]
    IPS : SD-MI] ; [SMP-MTs]
    PA Katolik-BP : [SD] ; [SMP] ; [SMA-SMK]
    PA Khonghucu-BP : [SD] ; [SMP] ; [SMA-SMK]
    Kimia SMA-MA : [klik]
    PA Kristen-BP : [SD] ; [SMP] ; [SMA-SMK]
    Matematika Peminatan SMA-MA [klik]
    Matematika : SD-MI] ; [SMP-MTs] ; [SMA-K-MA-K]
    PA Islam-BP : SD-MI] ; [SMP-MTs] ; [SMA-K-MA-K]
    Penjaskes : SD-MI] ; [SMP-MTs] ; [SMA-K-MA-K]
    PKWU SMA-K-MA-K [klik]
    PPKn : [SMP-MTs] ; [SMA-K-MA-K]
    Prakarya SMP-MTs [klik]
    Sejarah Indonesia SMA-K-MA-K [klik]
    Sejarah SMA-MA [klik]
    Seni Budaya dan Prakarya SD-MI [klik]
    Seni Budaya : [SMP-MTs] ; [SMA-K-MA-K]
    Sosiologi SMA-MA [klik]
    Selamat membaca, semoga banyak manfaat bagi kita semua
    Baca Juga link terkait di bawah ini yaitu : Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran

    Share:

    VIDEO UPDATE

    Kerinci, Jambi Indonesia

    Waktu di Kerinci:

    Popular Posts

    Blog Archive

    PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM