info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Manajemen Implementasi K13 2018

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dapat melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling lama sampai dengan tahun pelajaran 2019/2020. Ketentuan ini memberi kesempatan kepada sekolah untuk melakukan persiapan implementasi Kurikulum 2013. Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk memfasilitasi persiapan implementasi Kurikulum 2013 dari segi manajerial dan supervisi. Modul ini disusun dengan mengembangkan kecakapan abad 21 dengan mengintegrasikan nilainilai karakter, 4C, dan literasi. Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal. Pencapaian kompetensi peserta didik diukur melalui penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian belajar peserta didik. Penilaian tersebut dapat dilakukan oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah.

Berikut keseluruhan materi dan silahkan untuk mendownloadnya :
Manajemen Implementasi K13 Logistik 1-7 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
Manajemen Implementasi K13 Logistik 2-7 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
Manajemen Implementasi K13 Buku Kerja 1 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
Manajemen Implementasi K13 Buku Kerja 2 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
Manajemen Implementasi K13 Modul 1-1 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
Manajemen Implementasi K13 Modul 2-1 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
Manajemen Implementasi K13 PPT 1-3 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
Manajemen Implementasi K13 PPT 2-3 : [SD] ; [SMP] ; [SMA] ; [SMK]
Materi Pokok dan Umum
Dinamika Perkembangan Kurikulum [klik]
Literasi dalam Pembelajaran [klik]
Modul Pelatihan Antropologi [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Arab [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Indonesia [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Inggris [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Jepang [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Jerman [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Korea [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Mandarin [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Perancis [klik]
Modul Pelatihan Bahasa Indonesia [klik]
Modul Pelatihan Bahasa Inggris [klik]
Modul Pelatihan Biologi [klik]
Modul Pelatihan Ekonomi [klik]
Modul Pelatihan Fisika [klik]
Modul Pelatihan Geografi [klik]
Modul Pelatihan Kimia [klik]
Modul Pelatihan Matematika (Peminatan) [klik]
Modul Pelatihan Matematika (Umum) [klik]
Modul Pelatihan PA Budha dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Hindu dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Islam dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Katolik dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Khonghuch dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Kristen dan BP [klik]
Modul Pelatihan Pendidikan Jasmana, Olahraga dan Kesehatan [klik]
Modul Pelatihan Pendidikan Kewirausahaan [klik]
Modul Pelatihan PPKn [klik]
Modul Pelatihan Sejarah Indonesia [klik]
Modul Pelatihan Sejarah [klik]
Modul Pelatihan Seni Budaya [klik]
Modul Pelatihan Sosiologi [klik]
Modul USBN 24 Jan 2018 [klik]
Panduan Bimbingan Konseling [klik]
Pelatihan dan Pendampingan K-13 SMA 2018 [klik]
PPK untuk Pelatihan Kurikulum 2013 [klik]
Strategi Literasi dalam Pembelajaran [klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

Kumpulan Silabus K13 SMA-SMP-SD

Kurikulum 2013 mengalami beberapa perkembangan dan perbaikan sejak digulirkannya pada tahun 2013. Perbaikan kurikulum tersebut berlandaskan pada landasan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidian dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Pelaksanaan perbaikannya juga atas dasar masukan dari berbagai lapisan publik (masyarakat sipil, asosiasi profesi, perguruan tinggi, dunia persekolahan) terhadap ide, dokumen, dan implementasi kurikulum yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi dari berbagai media. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi serta masukan publik tersebut, terdapat beberapa masukan umum, antara lain adanya pemahaman yang kurang tepat oleh masyarakat yang diakibatkan oleh format penyajian dan nomenklatur dalam Kurikulum 2013: (1) Kompetensi Dasar (KD) pada Kompetensi Inti 1 (KI-1) dan KD pada KI-2 yang dianggap kurang logis dikaitkan dengan karakteristik mata pelaajaran; (2) terindikasi adanya inkonsistensi antara KD dalam silabus dan buku teks (baik lingkup materi maupun urutannya); (3) belum ada pernyataan eksplisit dalam dokumen kurikulum tentang perlunya peserta didik lebih melek teknologi; (4) format penilaian dianggap terlalu rumit dan perlu penyederhanaan; (5) penegasan kembali pengertian pembelajaran saintifik yang bukan satu-satunya pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas; (6) penyelerasan dan perbaikan teknis buku teks pelajaran agar mudah dipelajari oleh peserta didik.

Berikut keseluruhan silabus dan silahkan untuk mendownloadnya :
SMA
Silabus Agama Buddha SMA [klik]
Silabus Agama Hindu SMA [klik]
Silabus Agama Islam SMA [klik]
Silabus Agama Katolik SMA [klik]
Silabus Agama Khonghucu SMA [klik]
Silabus Agama Kristen SMA [klik]
Silabus Antropologi minat SMA [klik]
Silabus Bahasa Asing Lain minat SMA [klik]
Silabus Bahasa Indonesia minat SMA [klik]
Silabus Bahasa Indonesia SMA [klik]
Silabus Bahasa Inggris minat SMA [klik]
Silabus Bahasa Inggris SMA [klik]
Silabus Biologi minat SMA [klik]
Silabus Ekonomi minat SMA [klik]
Silabus Fisika minat SMA [klik]
Silabus Geografi minat SMA [klik]
Silabus Kimia minat SMA [klik]
Silabus Matematika minat SMA [klik]
Silabus Matematika SMA [klik]
Silabus PJOK SMA [klik]
Silabus PKWU-Budidaya SMA [klik]
Silabus PKWU-Kerajinan SMA [klik]
Silabus PKWU-Pengolahan SMA [klik]
Silabus PKWU-Rekayasa SMA [klik]
Silabus PPKN SMA [klik]
Silabus Sejarah minat SMA [klik]
Silabus Seni Budaya SMA [klik]
Silabus Sosiologi minat SMA [klik]
SMP
Silabus Agama Buddha SMP [klik]
Silabus Agama Hindu SMP [klik]
Silabus Agama Islam SMP [klik]
Silabus Agama Katolik SMP [klik]
Silabus Agama Khonghucu SMP [klik]
Silabus Agama Kristen SMP [klik]
Silabus Bahasa Indonesia SMP [klik]
Silabus Bahasa Inggris SMP [klik]
Silabus IPA SMP [klik]
Silabus IPS SMP [klik]
Silabus Matematika SMP [klik]
Silabus PJOK SMP [klik]
Silabus PPKn SMP [klik]
Silabus Prakarya SMP [klik]
Silabus Seni Budaya SMP [klik]
SILABUS TEMATIK TERPADU
Silabus Agama Buddha SD [klik] 
Silabus Agama Hindu SD [klik]
Silabus Agama Islam SD [klik]
Silabus Agama Katolik SD [klik]
Silabus Agama Khonghucu SD [klik]
Silabus Agama Kristen SD [klik]
Silabus Tematik Terpadu Kls 1 Tema : [1] ; [2] ; [3] ; [4]
Silabus Tematik Terpadu Kls 1 Tema : [5] ; [6] ; [7] ; [8]
Silabus Tematik Terpadu Kls 2 Tema : [1] ; [2] ; [3] ; [4]
Silabus Tematik Terpadu Kls 2 Tema : [5] ; [6] ; [7] ; [8]
Silabus Tematik Terpadu Kls 4 Tema : [1] ; [2] ; [3] ; [4] ; [5]
Silabus Tematik Terpadu Kls 4 Tema : [6] ; [7] ; [8] ; [9] 
Silabus Tematik Terpadu Kls 5 Tema : [1] ; [2] ; [3] ; [4] ; [5]
Silabus Tematik Terpadu Kls 5 Tema : [6] ; [7] ; [8] ; [9]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…
Baca Juga link terkait di bawah ini yaitu : Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran


Share:

Materi Diklat K13 2018 Pada Pengawas

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses disebutkan bahwa Standar Proses merupakan kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Pembelajaran yang baik apabila penerapannya dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. Untuk itu setiap satuan pendidikan perlu melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran dengan strategi yang benar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan. Selanjutnya, pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila guru merencanakannya dengan baik. Perencanaan pembelajaran ini dikenal dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP. Apabila guru menyusun RPP lengkap dan sistematis, maka pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa sebagaimana diharapkan pada Standar Proses. Oleh karena itu, setiap guru wajib menyusun RPP lengkap dan sistematis.

Berikut keseluruhan permendiknas 2016 dan silakhan diunduh :
Modul Pelatihan Antropologi [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Arab [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Indonesia [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Inggris [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Jepang [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Jerman [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Korea [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Mandarin [klik]
Modul Pelatihan Bahasa dan Sastra Perancis [klik]
Modul Pelatihan Bahasa Indonesia [klik]
Modul Pelatihan Bahasa Inggris [klik]
Modul Pelatihan Biologi [klik]
Modul Pelatihan Ekonomi [klik]
Modul Pelatihan Fisika [klik]
Modul Pelatihan Geografi [klik]
Modul Pelatihan Kimia [klik]
Modul Pelatihan Matematika (Peminatan) [klik]
Modul Pelatihan Matematika (Umum) [klik]
Modul Pelatihan PA Budha dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Hindu dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Islam dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Katolik dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Khonghuch dan BP [klik]
Modul Pelatihan PA Kristen dan BP [klik]
Modul Pelatihan Pendidikan Jasmana, Olahraga dan Kesehatan [klik]
Modul Pelatihan Pendidikan Kewirausahaan [klik]
Modul Pelatihan PPKn [klik]
Modul Pelatihan Sejarah Indonesia [klik]
Modul Pelatihan Sejarah [klik]
Modul Pelatihan Seni Budaya [klik]
Modul Pelatihan Sosiologi [klik]
Dinamika Perkembangan Kurikulum [klik]
Literasi dalam Pembelajaran [klik]
Modul USBN 24 Jan 2018 [klik]
Pelatihan dan Pendampingan K-13 SMA 2018 [klik]
PPK untuk Pelatihan Kurikulum 2013 [klik]
Strategi Literasi dalam Pembelajaran [klik]
Lampiran I Permen Nomor 63 th 2014 [klik]
Lampiran II Permen Nomor 63 th 2014 [klik]
Model Pengembangan RPP [klik]
Model-Model Pembelajaran [klik]
Modul Penyusunan Soal HOTS Tahun 2017 [klik]
Panduan Penilaian Tahun 2017 [klik]
Pembelajaran Aktif [klik]
Prinsip-Prinsip Pembelajaran [klik]
SKU Pramuka Penegak [klik]
Lampiran. Analisis Keterkaitan SKL_KI_KD_IPK [klik]
Naskah Analisis Keterkaiatn SKL_KI_KD_IPK [klik]
Taxonomi Anderson (2001) [klik]
Konsep dan Pedoman PPK  [klik]
Modul PPK Cetak  [klik]
Panduan Penilaian PPK [klik]
PPK bagi Kepala Sekolah[klik]
PPK bagi Komite Sekolah[klik]
PPK bagi Pengawas[klik]
Semoga bermanfaat….sukses selalu…

Baca juga :


Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM