info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Arsip Soal dan Pembahasan USBN dan UN SMA (MIA)

Sejarah pelaksanaan UNBK sendiri dimulai pada tahun 2014, dimana pada tahun itu sekolah yang melaksanakan UNBK hanya dua yaitu SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan SMP Indonesia Singapura. Dengan suksesnya pelaksanaan ujian di kedua sekolah tersebut, mendorong KEMDIKBUD untuk menerapkan UNBK diseluruh sekolah di Indonesia. Dan pada tahun 2015, sistem ujian nasional berbasis komputer ini telah sukses diselenggarakan oleh 556 sekolah di Indonesia sedangkan untuk tahun 2016 meningkat menjadi 4382 sekolah, serta tahun 2017 berjumlah 30577 sekolah. Pemerintah mengadakan program UNBK bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan utamanya untuk program ujian nasional, adanya sistem yang terintegrasi langsung dengan aplikasi - aplikasi pendidikan lainnya seperti DAPODIK, E-Raport dan lain sebagainya akan mempermudah sekolah untuk melakukan pelaksanaan kegiatan ujian nasional. Akan tetapi butuh sumber daya lebih agar bisa melaksanakan kegiatan UNBK dengan lancar utamanya dari sisi sumber daya manusia dan juga perangkat pendukung ( Komputer ). Fungsi UNBK yang lain yaitu dapat meredam banyak kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional, sehingga akan mempu untuk menumbuhkan minat belajar dikalangan siswa. Hal ini dikarenakan siswa tidak lagi mengandalkan bocoran kunci jawaban pada saat mengikuti ujian nasional, sehingga mau tidak mau mereka akan berusaha untuk dapat lulus dalam ujian nasional yang dihadapi.
Berikut model-model soal dan pembahasan UNBK dan USBN :
Bahas Prediksi UN SMA IPA paket 1 2017 [klik]
Bahas Prediksi UN SMA IPA 2017 [klik]
Bedah SKL UN SMA IPA [klik]
Fisika Smat Solution : [2012] ; [2014]
Pembahasan UN Fisika [klik]
Rahasia Belajar Fisika-Bahas Tuntas [klik]
Ringkasan Fisika [klik]
Paket SMA IPA : [sim 1] ; [sim 2]
Paket SMA IPS : [sim 1] ; [sim 2]
Tofel [klik]
Bahasa Indonesia 1995-2016
UN B Indonesia : [1995] ; [1996] ; [1997] ; [1998] ; [1999] ; [2000] ; [2001]
UN B Indonesia : [2002] ; [2003] ; [2004] ; [2005] ; [2006] ; [2007] ; [2014]
Bahas UN B Indonesia : [2008] ; [2009] ; [2010] ; [2011] ; [2012] ; [2013] ; [2015]
UN B Indonesia Paket 12 : [2010] ; [2011]
UN B Indonesia IPS A13 2012 [klik]
UN B Indonesia IPS 2013 [klik]
UN B Indonesia 2013 Paket : [1] ; [2] ; [3] ; [4] ; [5]
UN B Indonesia 2013 Paket : [6] ; [7] ; [8] ; [9] ; [10]
UN Bahasa Indonesia IPA 2015 Paket 1 [klik]
UN B Indonesia IPS 2015 [klik]
UN B Indonesia 2015 [klik]
UN B Indonesia IPA 2016 : [link 1] ; [link 2] ; [link 3]
UN B Indonesia IPS 2016 : [link 1] ; [link 2]
UN B Indonesia 2016 [klik]
Bahasa Inggris 1995-2016
UN B Inggris : [1995] ; [1996] ; [1997] ; [1998]
UN B Inggris : [1999] ; [2000] ; [2001] ; [2002]
UN B Inggris : [2003] ; [2004] ; [2005] ; [2006]
UN B Inggris : [2007] ; [2010] ; [2015] ; [2016]
Bahas UN B Inggris : [2008] ; [2009] ; [2010] ; [2011]
Bahas UN B Inggris : [2012] ; [2013] ; [2014] ; [2016]
UN B Inggris 2010 Paket 12 [klik]
UN B Inggris 2011 paket 54 [klik]
UN B Inggris 2012 E45 [klik]
UN B Inggris 2013 Paket : [1] ; [2] ; [3] ; [4] ; [5]
UN B Inggris 2013 Paket : [6] ; [7] ; [8] ; [9] ; [10]
UN B Inggris IPA Paket 1 2015 [klik]
UN B Inggris IPS : [2013] ; [2015] ; [2016]
UN B Inggris IPA : [2014] ; [2016A] ; [2016B]
Matematika 1995-2016
UN Matematika : [1995] ; [1996] ; [1997] ; [1998] ; [1999] ; [2000]
UN Matematika : [2001] ; [2002] ; [2003] ; [2004] ; [2005]
UN Matematika : [2006] ; [2007] ; [2008] ; [2009] ; [2010]
UN Matematika : [2011] ; [2012] ; [2013] ; [2015] ; [2016]
Matematika IPA 1995-2017
UN Matematika IPA : [1995] ; [1996] ; [1997] ; [1998] ; [1999]
UN Matematika IPA : [2000] ; [2001] ; [2002] ; [2003] ; [2004]
UN Matematika IPA : [2005] ; [2006] ; [2007] ; [2008] ; [2009]
UN Matematika IPA : [2010] ; [2011] ; [2012] ; [2013] ; [2014]
UN Matematika IPA : [2015] ; [2016] ; [2017]
Bahas UN Matematika IPA : [2001] ; [2008] ; [2009] ; [2010] ; [2012]
UN Matematika IPA 2012 : [A18] ; [B21] ; [C34] ; [D46] ; [D49] ; [E59]
Bahas UN Matematika IPA 2012 : [A18] ; [B21] ; [C34] ; [D46] ; [E59]
Bahas UN Matematika IPA 2013 Paket : [1] ; [2] ; [3] ; [4] ; [5]
UN Matematika IPA 2013 Paket 1 [klik]
UN Matematika Bahasa 2013 Paket 1 [klik]
Bahas UN Matematika Bahasa 2013 Paket 1 [klik]
UN Matematika IPA 2011 Paket 12 [klik]
UN Matematika IPA 2011 Paket 39 [klik]
UN Matematika IPA 2013 Paket : [1] ; [2] ; [3] ; [4] ; [5]
UN Matematika IPA 2013 Paket : [6] ; [7] ; [8] ; [9] ; [10]
UN Matematika IPA 2013 Paket : [11] ; [12] ; [13] ; [14] ; [15]
UN Matematika IPA 2013 Paket : [16] ; [17] ; [18] ; [19]
UN Matematika IPA 2014 Paket : [1] ; [2] ; [3]
Bahas UN Matematika IPA 2014 Paket : [1] ; [2] ; [3]
Bahas UN Matematika IPA 2015 [klik]
UN Matematika IPA SMA 2015 Paket 1 [klik]
Fisika 1995-2018
UN Fisika : [1995] ; [1996] ; [1997] ; [1998] ; [1999]
UN Fisika : [2000] ; [2001] ; [2002] ; [2003] ; [2004]
UN Fisika : [2005] ; [2006] ; [2007] ; [2013] ; [2014]
UN Fisika : [2015] ; [2016] ; [2016] ; [2017] ; [2018]
UN Fisika A : [2008] ; [2009] ; [2014] ; [2015] ; [2016]
UN Fisika B : [2010] ; [2014] ; [2015]
UN Fisika C : [2014] ; [2015]
Bahas UN Fisika : [2008] ; [2009] ; [2010] ; [2011] ; [2015]
Bahas UN Fisika 2018 Paket 1 [klik]
UN Fisika 2008 : [AP12] ; [BP45]
UN Fisika 2009 : [AP12] ; [BP45]
UN Fisika 2012 [B17]
UN Fisika 2010 Paket : [12] ; [45]
UN Fisika 2011 Paket : [39] ; [54]
Bahas UN Fisika 2012 Zona D : [A81] ; [B74] ; [C61] ; [D47] ; [E35]
UN Fisika 2012 Paket 46 [klik]
UN Fisika 2012 Paket : [A86] ; [B17] ; [C71] ; [D32] ; [E45]
UN Fisika 2013 Paket : [1] ; [2] ; [3] ; [4] ; [5]
UN Fisika 2013 Paket : [6] ; [7] ; [8] ; [9] ; [10]
UN Fisika 2013 Paket : [11] ; [12] ; [13] ; [14] ; [15]
UN Fisika 2013 Paket : [16] ; [17] ; [18] ; [19] ; [20]
UN Fisika 2014 Paket : [1] ; [2] ; [3] ; [4] ; [5]
UN Fisika 2014 Paket : [6] ; [7] ; [8] ; [9] ; [10]
UN Fisika 2015 Paket 1 [klik]
UN Fisika 2016 Paket : [1] ; [2] ; [3] ; [4]
UN Fisika 2016 Paket : [5] ; [6] ; [7] ; [8]
Biologi 1995-2016
UN Biologi : [1995] ; [1996] ; [1997] ; [1998] ; [1999]
UN Biologi : [2000] ; [2001] ; [2002] ; [2003] ; [2004]
UN Biologi : [2005] ; [2006] ; [2007] ; [2014] ; [2016]
Bahas UN Biologi : [2008] ; [2009] ; [2010] ; [2011] ; [2013] ; [2015] ; [2016]
UN Biologi 2010 Paket 12 [klik]
UN Biologi 2011 Paket 46 [klik]
UN Biologi 2015 Paket 1 [klik]
UN Biologi 2012 : [B17] ; [E45]
UN Biologi 2013 Paket : [1] ; [2] ; [3] ; [4] ; [5]
UN Biologi 2013 Paket : [6] ; [7] ; [8] ; [9] ; [10]
Kumpulan Arsip Soal UN Biologi 2008-2012 [klik]
Kimia 1995-2017
UN Kimia : [1995] ; [1996] ; [1997] ; [1998] ; [1999] ; [2000]
UN Kimia : [2001] ; [2002] ; [2003] ; [2004] ; [2005] ; [2006]
UN Kimia : [2007] ; [2012] ; [2014] ; [2016] ; [2017]
Bahas UN Kimia : [2008] ; [2009] ; [2010] ; [2011] ; [2013] ; [2015]
UN Kimia 2012 D32 [klik]
Bahas UN Kimia 2012 A52 [klik]
Ebook UN Kimia 2013 [klik]
UN Kimia 2010 Paket 12 [klik]
UN Kimia 2011 Paket 39 [klik]
UN Kimia 2015 Paket 1 [klik]
UN Kimia 2013 Paket : [2] ; [3] ; [4] ; [5] ; [6]
UN Kimia 2013 Paket : [7] ; [8] ; [9] ; [10] ; [11]
UN Kimia 2013 Paket : [12] ; [13] ; [14] ; [15] ; [16]
UN Kimia 2013 Paket 17 : [17] ; [18] ; [19] ; [20]
Selamat belajar, semoga berhasil dalam UNBK tahun ini
Share:

Pembahasan Soal IPHO 2001

Fisika tanpa mengerti konsep secara mendalam itu sama saja bohong. Konsep bisa dipelajari dan dilatih (drilling) setiap harinya dengan soal-soal yang menantang. Saya rasa di internet sudah banyak sekali bank soal yang bisa kawan-kawan peroleh seperti I.E. Irodov (buku klasik yang wajib) dan soal-soal dari kompetisi fisika universitas internasional manapun. Ada pernyataan yang menurut saya bisa salah kaprah kalau dihayati dengan serius. Sering kita dengar “mengerjakan fisika tanpa kalkulus”. Memang betul bahwa soal-soal yang awal-awal tentang fisika bisa dicari cara kreatifnya tanpa melibatkan kalkulus. Namun, suka atau tidak, kedepannya matematika menjadi alat utama dalam mengerti rumus fisika. Betul sekali bahwa setiap rumus lebih baik diturunkan dari konsep dasar ketimbang dihapal. Namun, kita tetap harus jangan merasa tabu untuk menghapal. Problem fisika itu cuma segitu-segitu aja variasinya. Dengan menghapal beberapa hal umum, kita bisa mempersingkat proses kerja kita. Namun, sekali lagi, jangan kita malas menurunkan sendiri hal yang kita sudah hapal. Hapalan ini tidak akan berguna jika kita menemukan soal yang baru dan disinilah pengetahuan dasar kita diuji. Begitu kita menjawab persoalan yang hampir sama ternyata konsepnya menjadi dua kasus yang menjadi kemungkinan penyelesaiannya, berikut preview dan disertai dengan pembahasannya :
2001 Problem IPhO 32

2001 Solution IPhO 32


Berikut keseluruhan link terkait :


Share:

Pembahasan Soal IPHO 2002

Fisika tanpa mengerti konsep secara mendalam itu sama saja bohong. Konsep bisa dipelajari dan dilatih (drilling) setiap harinya dengan soal-soal yang menantang. Saya rasa di internet sudah banyak sekali bank soal yang bisa kawan-kawan peroleh seperti I.E. Irodov (buku klasik yang wajib) dan soal-soal dari kompetisi fisika universitas internasional manapun. Ada pernyataan yang menurut saya bisa salah kaprah kalau dihayati dengan serius. Sering kita dengar “mengerjakan fisika tanpa kalkulus”. Memang betul bahwa soal-soal yang awal-awal tentang fisika bisa dicari cara kreatifnya tanpa melibatkan kalkulus. Namun, suka atau tidak, kedepannya matematika menjadi alat utama dalam mengerti rumus fisika. Betul sekali bahwa setiap rumus lebih baik diturunkan dari konsep dasar ketimbang dihapal. Namun, kita tetap harus jangan merasa tabu untuk menghapal. Problem fisika itu cuma segitu-segitu aja variasinya. Dengan menghapal beberapa hal umum, kita bisa mempersingkat proses kerja kita. Namun, sekali lagi, jangan kita malas menurunkan sendiri hal yang kita sudah hapal. Hapalan ini tidak akan berguna jika kita menemukan soal yang baru dan disinilah pengetahuan dasar kita diuji. Begitu kita menjawab persoalan yang hampir sama ternyata konsepnya menjadi dua kasus yang menjadi kemungkinan penyelesaiannya, berikut preview dan disertai dengan pembahasannya :
2002 Problem 1 IPhO 33

2002 Solution 1 IPhO 33

2002 Problem 2 IPhO 33

2002 Solution 2 IPhO 33

2002 Problem 3 IPhO 33

2002 Solution 3 IPhO 33


Berikut keseluruhan link terkait :



Share:

Pembahasan Soal IPHO 2003

Fisika tanpa mengerti konsep secara mendalam itu sama saja bohong. Konsep bisa dipelajari dan dilatih (drilling) setiap harinya dengan soal-soal yang menantang. Saya rasa di internet sudah banyak sekali bank soal yang bisa kawan-kawan peroleh seperti I.E. Irodov (buku klasik yang wajib) dan soal-soal dari kompetisi fisika universitas internasional manapun. Ada pernyataan yang menurut saya bisa salah kaprah kalau dihayati dengan serius. Sering kita dengar “mengerjakan fisika tanpa kalkulus”. Memang betul bahwa soal-soal yang awal-awal tentang fisika bisa dicari cara kreatifnya tanpa melibatkan kalkulus. Namun, suka atau tidak, kedepannya matematika menjadi alat utama dalam mengerti rumus fisika. Betul sekali bahwa setiap rumus lebih baik diturunkan dari konsep dasar ketimbang dihapal. Namun, kita tetap harus jangan merasa tabu untuk menghapal. Problem fisika itu cuma segitu-segitu aja variasinya. Dengan menghapal beberapa hal umum, kita bisa mempersingkat proses kerja kita. Namun, sekali lagi, jangan kita malas menurunkan sendiri hal yang kita sudah hapal. Hapalan ini tidak akan berguna jika kita menemukan soal yang baru dan disinilah pengetahuan dasar kita diuji. Begitu kita menjawab persoalan yang hampir sama ternyata konsepnya menjadi dua kasus yang menjadi kemungkinan penyelesaiannya, berikut preview dan disertai dengan pembahasannya :
2003 Problem 1 IPhO 34

2003 Solution 1 IPhO 34

2003 Problem 2 IPhO 34

2003 Solution 2 IPhO 34

2003 Problem 3 IPhO 34

2003 Solution 3 IPhO 34


Berikut keseluruhan link terkait :



Share:

VIDEO UPDATE

Kerinci, Jambi Indonesia

Waktu di Kerinci:

Popular Posts

Blog Archive

PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM