info penting materi dan soal-soal fisika

  • Supermassive Black Hole

    This artist’s impression depicts a rapidly spinning supermassive black hole surrounded by an accretion disc. This thin disc of rotating material consists of the leftovers of a Sun-like star which was ripped apart by the tidal forces of the black hole. Shocks in the colliding debris as well as heat generated in accretion led to a burst of light, resembling a supernova explosion. Credit: ESO, ESA/Hubble, M. Kornmesser

  • Cold Intergalactic Rain

    The cosmic weather report, as illustrated in this artist’s concept, calls for condensing clouds of cold molecular gas around the Abell 2597 Brightest Cluster Galaxy. The clouds condense out of the hot, ionised gas that suffuses the space between the galaxies in this cluster. Credit: NRAO/AUI/NSF; Dana Berry/SkyWorks; ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)

  • The Quasar 3C 279

    This is an artist’s impression of the quasar 3C 279. Astronomers connected the Atacama Pathfinder Experiment (APEX), in Chile, to the Submillimeter Array (SMA) in Hawaii, USA, and the Submillimeter Telescope (SMT) in Arizona, USA for the first time, to make the sharpest observations ever, of the centre of a distant galaxy, the bright quasar 3C 279. Credit: ESO/M. Kornmesser

  • An Active Galactic Nucleus

    Artist's impression of an active galaxy that has jets. The central engine is thought to be a supermassive black hole surrounded by an accretion disc and enshrouded in a dusty doughnut-shaped torus. The torus of dust and gas can be seen orbiting a flatter disc of swirling gas. Courtesy Aurore Simonnet, Sonoma State University. Credit: ESO

  • The Horsehead Nebula

    A reproduction of a composite colour image of the Horsehead Nebula and its immediate surroundings. It is based on three exposures in the visual part of the spectrum with the FORS2 multi-mode instrument at the 8.2-m KUEYEN telescope at Paranal. This image is available as a mounted image in the ESOshop. Credit: ESO

Arsip KI, KD, IPK, SKL Dan RPP Sejarah K13 SMA

Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

Berikut Keseluruhan Perangkat Pembelajaran Sejarah :
Analisis KI, KD dan IPK Sejarah : [Kls X] ; [Kls XI] ; [Kls XII]
Analisis SKL Sejarah : [Kls X] ; [Kls XI] ; [Kls XII]
Penetapan IPK Sejarah : [Kls X] ; [Kls XI] ; [Kls XII]
Silabus Sejarah : [Kls X] ; [Kls XI] ; [Kls XII]
RPP Kelas X
  • Berpikir Sejarah
  • Historiografi
  • Kehidupan Manusia Praaksara Indonesia
  • Manusia dan Sejarah
  • Manusia Purba Indonesia dan Dunia
  • Penelitian Sejarah
  • Peradaban Awal Indonesia dan Dunia
  • Sejarah Sebagai Ilmu
  • Sumber Sejarah
  • RPP Kelas XII
  • Akar-Akar Demokasi Di Indonesia Dan Perkembangannya Pada Masa Kini
  • Akar-Akar Nasionalisme Di Indonesia Dan Pengaruhnya Pada Masa Kini
  • Faham-Faham Besar Dengan Gerakan Nasionalisme Di Asia-Afrika
  • Kehidupan Bangsa Indonesia pada zaman Pendudukan Jepang
  • Kerajaan Maritim Hindu Dan Buddha
  • Kerajaan Maritim Islam
  • Pendekatan Dan Strategi Pergerakan Nasional
  • Pengaruh Perang Dunia I Dan Perang Dunia II Terhadap Kehidupan Politik Global
  • Peristiwa-Peristiwa Penting Di Eropa Yang Berpengaruh Pada Bangasa Indonesia
  • Piagam PBB, Proklamasi 17 Agustus 1945, & perangkat kenegaraan
  • Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme Dan Kolonialisme
  • Revolusi-Revolusi Besar Dunia
  • RPP Kelas XII
  • Konflik-konflik di Timur-Tengah, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Timur, Eropa,
  • Peran Aktif Bangsa Indonesia Pada Masa Perang Dingin
  • Peristiwa kontemporer dunia
  • Perkembangan Iptek Dalam Era Globalisasi
  • Respon Internasional Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
  • Sejarah Organisasi Regional Dan Global
  • Selamat Membaca dan semoga bermanfaat
    Baca Juga link terkait di bawah ini yaitu : Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran

    Share:

    Arsip KI, KD, IPK, SKL Dan RPP Ekonomi K13 SMA

    Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

    Berikut Keseluruhan Perangkat Pembelajaran Ekonomi :
    Analisis KI, KD dan IPK Ekonomi : [Kls X] ; [Kls XI] ; [Kls XII]
    Analisis SKL Ekonomi : [Kls X] ; [Kls XI] ; [Kls XII]
    Penetapan IPK Ekonomi : [Kls X] ; [Kls XI] ; [Kls XII]
    Silabus Ekonomi : [Kls X] ; [Kls XI] ; [Kls XII]
    RPP Kelas X
  • Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia
  • Bank Sentral, Sistem Pembayaran, dan Alat Pembayaran
  • Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar
  • Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
  • Lembaga Jasa Keuangan
  • Manajemen
  • Masalah Ekonomi Dalam Sistem Ekonomi
  • Pelaku Ekonomi Dalam Kegiatan Ekonomi
  • Perkoperasian
  • RPP Kelas XI
  • APBN dan APBD
  • Indeks harga dan inflasi
  • Kebijakan Moneter & Kebijakan Fiskal
  • Kerjasama Ekonomi Internasional
  • Ketenagakerjaan
  • Pendapatan Nasional
  • Perdagangan Internasional
  • Perpajakan
  • Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi
  • RPP Kelas XII
  • Akuntansi sebagai Sistem Informasi
  • Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Jasa
  • Penutupan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang
  • Penyusunan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang
  • Penyusunan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Jasa
  • Persamaan Dasar Akuntansi
  • Selamat Membaca dan semoga bermanfaat
    Baca Juga link terkait di bawah ini yaitu : Perangkat KBM, Bahan Ajar dan Video Pembelajaran

    Share:

    Pembahasan Soal IPHO 2008

    Fisika tanpa mengerti konsep secara mendalam itu sama saja bohong. Konsep bisa dipelajari dan dilatih (drilling) setiap harinya dengan soal-soal yang menantang. Saya rasa di internet sudah banyak sekali bank soal yang bisa kawan-kawan peroleh seperti I.E. Irodov (buku klasik yang wajib) dan soal-soal dari kompetisi fisika universitas internasional manapun. Ada pernyataan yang menurut saya bisa salah kaprah kalau dihayati dengan serius. Sering kita dengar “mengerjakan fisika tanpa kalkulus”. Memang betul bahwa soal-soal yang awal-awal tentang fisika bisa dicari cara kreatifnya tanpa melibatkan kalkulus. Namun, suka atau tidak, kedepannya matematika menjadi alat utama dalam mengerti rumus fisika. Betul sekali bahwa setiap rumus lebih baik diturunkan dari konsep dasar ketimbang dihapal. Namun, kita tetap harus jangan merasa tabu untuk menghapal. Problem fisika itu cuma segitu-segitu aja variasinya. Dengan menghapal beberapa hal umum, kita bisa mempersingkat proses kerja kita. Namun, sekali lagi, jangan kita malas menurunkan sendiri hal yang kita sudah hapal. Hapalan ini tidak akan berguna jika kita menemukan soal yang baru dan disinilah pengetahuan dasar kita diuji. Begitu kita menjawab persoalan yang hampir sama ternyata konsepnya menjadi dua kasus yang menjadi kemungkinan penyelesaiannya, berikut preview dan disertai dengan pembahasannya :
    2008 Theory_1_Problem

    2008 Theory_1_Solution

    2008 Theory_2_Problem

    2008 Theory_2_Solution

    2008 Theory_3_Problem

    2008 Theory_3_Solution

    link terkait :

    Berikut keseluruhan link terkait :


    Share:

    VIDEO UPDATE

    Kerinci, Jambi Indonesia

    Waktu di Kerinci:

    Popular Posts

    Blog Archive

    PERANGKAT-BAHAN AJAR+VIDEO KBM